Jenis Gatal Pada Kulit Ada Apa Saja? Simak Disini

Berita Viral

Sama halnya dengan jenis kulit, gatal yang bisa orang rasakan berbeda-beda tergantung dengan penyebabnya. Mulai dari sekadar gatal karena gigitan nyamuk, sampai jenis gatal pada kulit lain yang namanya mungkin jarang Anda dengar.

Gatal kebanyakan mungkin bisa hilang dengan sendirinya tanpa Anda obati. Tapi tidak menutup kemungkinan gatal berubah jadi parah jika ternyata yang Anda derita bukan sebarang. Berikut daftar gatal pada kulit yang perlu Anda tahu.

Eksim

Penyakit gatal yang satu ini biasanya terjadi balita dan anak-anak. Meski begitu, penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa.

Ciri dari eksim atau dermatitis atopik ini biasanya timbul ruam, gatal, hingga radang. Penyebab antara satu orang dengan orang lain berbeda, ada yang karena alergi makanan atau serbuk bunga, sampai depresi.

Orang yang menderita penyakit ini perlu berkunjung segera ke dokter supaya bisa mereka berikan pengobatan. Obat untuk penderita eksim biasanya akan terdiri dari krim steroid untuk mengurangi peradangan dan juga antibiotik.

Psoriasis

Setidaknya, ada 2% warga Amerika Serikat yang menderita penyakit kulit tersebut. Dokter kulit biasanya menyebutnya sebagai penyakit autoimun yang mengganggu siklus normal sel kulit. Sistem kekebalan yang rusak menghasilkan plak merah, menonjol, dan bersisik pada kulit.

Psoriasis biasanya terletak pada area lipatan seperti siku, lutut, atau dekat garis-garis rambut. Luka yang sudah telanjur parah bisa menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh lain seperti kuku tangan dan kaki. Selain gatal, psoriasis bisa menyebabkan rasa tidak nyaman lainnya.

Alergi kulit

Jenis gatal pada kulit akibat alergi setiap orang tidak sama. Ada yang timbul alergi karena pemakaian perhiasan, pemakaian sarung tangan karet, dan lain sebagainya. Alergi kulit ini jelas mengganggu karena gatal yang terasa dan terkadang timbul rasa panas.

Karena alergi ini bisa timbul kapan saja, Anda yang memiliki alergi dengan benda tertentu sebaiknya bisa lebih hati-hati. Alergi setidaknya membutuhkan waktu lama untuk pulih. Jika alerginya sudah parah, bisa menyebabkan ruam hingga sekujur tubuh.

Biduran

Biduran biasanya juga disebut dengan urtikaria. Penyakit ini adalah kondisi ruam dan gatal yang timbul karena pelepasan histamin oleh tubuh sebagai respons atas masuknya makanan tertentu seperti seafood, obat, gigitan serangga atau karena terkena sinar matahari yang bersamaan aktivitas fisik yang intens.

Dalam beberapa kasus biduran bisa langsung sembuh dan menghilang tanpa bekas, tapi tidak sedikit juga yang penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama karena terlanjur kronis. Perlu tindakan pencegahan untuk tidak mengonsumsi makanan atau obat jenis tertentu agar biduran tidak kambuh.

Cacar air

Jika kulit Anda timbul ruam, terasa gatal, dan melepuh berisi cairan, ini adalah tanda bahwa Anda menderita penyakit gatal cacar air. Penyakit cacar air mudah menular, jadi apabila Anda atau kerabat terkena cacar, sebaiknya hindari atau batasi pertemuan dengan orang lain lebih dulu.

Cacar air memang bisa Anda sembuhkan, tapi sayangnya juga menimbulkan bekas pada penderitanya. Terlebih jika saat sakit penderita kerap menggaruk, bekasnya bisa menjadi koreng. Setidaknya, setiap orang akan menderita cacar air sekali seumur hidup.

Kurap

Kurap adalah kondisi di mana terjadinya infeksi pada kulit atau kulit kepala yang bisa menyebabkan penularan. Penderita kurap akan merasakan gatal, dan timbul ruam berbentuk merah atau cokelat yang bagian pinggirnya lebih tebal. Atlet yang kerap memakai sepatu sangat umum terkena kurap.

Walau awalnya hanya terkena kurap di bagian kaki, tidak menutup kemungkinan untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jenis gatal pada kulit ini membutuhkan pengobatan rutin yang terdiri dari krim anti jamur sampai dengan obat oral. Juga, hindari memakai pakaian yang kasar dan membuat iritasi.

Campak

Campak atau yang juga terkenal dengan rubeola adalah penyakit yang cukup serius apabila diderita oleh anak-anak, tapi bisa Anda hindari dengan pemberian vaksin. Penyakit ini umumnya menyebar melalui udara yang terkena tetesan hasil pernapasan dari batuk atau bersin.

Seseorang yang menderita campak akan timbul ruam di hampir seluruh tubuhnya dan akan bersamaan dengan gejala lain seperti pilek, demam, dan batuk. Ada juga yang timbul bercak putih di sekitar mulut. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, campak bisa diredakan dengan rutin konsumsi vitamin A.

Kutu Air

Kutu air adalah sejenis krustasea yang hidup di dalam air. Bukan serangga atau parasit yang banyak orang sebutkan, kutu air yang menyebabkan gatal adalah jamur kulit dan biasanya terjadi pada orang-orang yang kondisi kakinya lembap atau hangat.

Penderita kutu air akan meningkat apabila memasuki musim hujan karena banyak orang yang terpaksa memakai sepatu dalam keadaan lembap atau basah. Jenis gatal pada kulit akibat kutu air bisa Anda sembuhkan dengan salep atau merendam kaki dengan air yang Anda campur dengan garam laut.

Berita Terbaru