32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaOrganic Traffic, Bagian Terpenting Dalam Website

Organic Traffic, Bagian Terpenting Dalam Website

Reportasee.com – Organic Traffic merupakan salah satu bagian terpenting dalam website. Di dunia SEO, kamu akan mengenal organic, paid, dan direct traffic. Hal tersebut merupakan istilah-istilah yang bisa kamu dengar dalam proses pengerjaan SEO. Pada artikel ini akan membahas tuntas mengenai organic traffic dan kenapa website yang kamu miliki membutuhkanya.

Pengertian Organic Traffic

Istilah tersebut biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu kunjungan pada website melalui hasil pencarian yang organik, alias bukan melalui iklan-iklan yang berbayar. Salah satu cara untuk mendapatkanya adalah melalui artikel yang memiliki SEO.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu strategi yang dapat membantu website yang kamu miliki untuk bisa muncul pada halaman teratas dari hasil pencarian. Hal tersebut akan membuat kesempatan website yang kamu miliki ramai pengunjungnya.

Pada praktiknya, seseorang akan menggunakan berbagai macam teknik, contohnya seperti membuat konten yang berkualitas dan melakukan riset pada keyword.

Jika kamu dapat menemukan keyword yang tepat dengan konten berkualitas, bisa dipastikan website kamu akan muncul pada halaman pertama pencarian Google.

Perbedaan Organic Traffic dan Paid Traffic

Untuk membedakan antara organic dan paid traffic adalah dari segi penggunaan biaya. Kamu akan mendapatkan pengunjung gratis itulah sebutan untuk organic, sedangkan pada paid akan menggunakan biaya karena pengunjung melakukan klik pada iklan yang kamu tayangkan.

Ketika kamu mengkahiri proses paid ads, maka biasanya traffic dari paid ads akan menurun secara drastis. Hal tersebut juga akan berdampak pada website yang sudah tidak akan muncul lagi pada halaman teratas setelah pencarian. Sedangkan, untuk organic traffic dapat mempertahankan ranking dari website yang kamu miliki.

Kenapa Organic Traffic Penting?

Ketika pengguna mengetikan keyword di mesin pencari dan mempunyai maksud yang spesifik. Jika kamu memberikan mereka solusi atau jawaban dari keyword yang pengguna masukan, maka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru, follower atau email list akan semakin tinggi.

Sebagai contoh, ketika pengguna ingin mencari “tips mempercantik wajah” di halaman pencarian Google. Lalu, posisi paling atas adalah web yang kamu miliki dan pengguna akan mengunjunginya.

Apabila isi kontenmu memberikan solusi dari permasalahan pengguna, maka bisa membuka peluang pengunjung akan berlangganan newsletter atau bahkan menjadi pengikut setia. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi situs e-commerce untuk bisa meningkatkan penjualan.

Organic Traffic juga dapat meningkatkan Authority dari domain website dan juga dapat meningkatkan kepercayaan user terhadap website.

Baca:  Membersihkan Setrika yang Lengket, Mudah dan Cepat!

Banyak yang percaya bahwa, dengan berada pada posisi tertinggi atau teratas pada pencarian Google secara organik akan lebih meningkatkan authority dan kepercayaan pada website. Hal ini akan memungkinkan untuk mengkonversi pengunjung organik daripada pengunjung yang datang melalui media sosial atau yang lainya.

Baca:  Antibiotik, Inilah Kebiasaan Keliru Saat Meminumnya

Tips Untuk Meningkatkan Organic Traffic

Seperti pada pembahasan diatas, salah satu cara terbaik untuk meningkatkanya adalah dengan menggunakan SEO. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dengan organic traffic, seperti:

Riset Keyword

Selalu lakukan riset keyword sebelum kamu membuat konten. Kamu dapat menggunakan tools seperti SEMRush, Ahrefs, ataupun Ubbersuggest.

Untuk bisa menemukan keyword yang tepat, pastikanlah untuk search volume yang tertinggi dengan keyword yang difficulty atau dengan tingkat persaingan yang rendah. Setelah kamu menemukanya buatlah konten yang berkualitas. Dengan begitu, kamu mempunyai kesempatan besar untuk dapat muncul pada halaman pencarian Google.

Optimalkan SEO title dan meta description

Ketika pengguna mengetikan keyword pada pencarian, hal pertama yang akan dilihat oleh pengguna adalah SEO title dan meta description pada sebuah website.

SEO title merupakan judul konten yang terpampang pada mesin pencarian. Sedangkan meta description merupakan tulisan deskripsi keseluruhan isi konten dan berada di bawah SEO title.

Untuk bisa meningkatkan trafik pengunjung, pastikan kembali SEO title dan meta description sudah benar-benar spesifik dan menjelaskan isi konten secara keseluruhan.

Jika kamu mengoptimalkan keduanya dengan baik, maka pengunjung akan langsung tertarik dan mengklik link website milikmu.

Membuat Konten yang Ingin dibaca oleh Pengguna

Buatlah konten yang menarik, relevan dan bermanfaat. Sehingga para pengguna akan dengan mudah mendapatkan sesuatu dari konten-konten yang kamu punya. Hal ini juga akan meningkatkan dan membantu tingkat authority dari website kamu untuk bisa mendapatkan organic traffic.

Backlink dari website lain yang relevan (tidak memiliki atribut nofollow) bertindak sebagai suara kepercayaan. Hal ini juga akan meningkatkan pengunjung pada suatu website.

Website yang User Friendly

Pengalaman pengguna yang baik akan memudahkan dalam penggunaan website. Hal tersebut juga merupakan salah satu faktor untuk membantu SEO.

Kamu perlu mengembangkan website agar mempunyai loading time yang cepat, mobile friendly, dan terbebas dari kesalahan technical SEO lainya. Hal ini juga akan meningkatkan User Experience dan tentu saja akan membuat kesempatan mendapatkan pengunjung lebih tinggi.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer