Manfaat Makan Pisang Berikut Wajib Anda Ketahui

Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Buah yang satu ini memang paling banyak banyak disukai karena selain mudah didapatkan, harganya pun cukup terjangkau. Di bawah ini ada beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat makan pisang.

Sumber Pembangkit Energi dan Stamina

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan jika rutin memakan pisang adalah dapat menjadi sumber energi dan pembangkit stamina. Bagi Anda yang ingin memulai aktivitas di pagi hari, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi buah kuning ini. Pisang memiliki kandungan karbohidrat lebih banyak dari apel.

Oleh sebab itu, Anda yang makan pisang setiap pagi akan mendapatkan tambahan energi dan stamina sehingga kualitas hari-harinya juga membaik. Otot-otot Anda akan dapat bergerak dengan baik sehingga lebih mudah dalam menjalani hari.

Cocok Untuk Orang yang Ingin Diet Sehat

Rutin mengonsumsi pisang setiap pagi ternyata cocok sekali bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Anda tidak perlu lagi menjalankan program diet ketat yang hanya akan membahayakan kesehatan tubuh. Diet ketat hanya akan membuat Anda terkena banyak penyakit.

Nah, jika sedang menjalankan program diet, alangkah baik untuk mengonsumsi makanan sehat saja seperti pisang. Kandungan di dalam pisang seperti karbohidrat kompleks dan indeks glikemiknya masih terbilang rendah, jadi bisa membantu Anda untuk diet.

Pisang juga merupakan salah satu makanan yang tinggi akan serat dan dapat membantu Anda untuk kenyang lebih lama. Dengan begino, Anda tidak akan makan berlebih. Berat badan Anda pun akan mengalami penurunan jika rutin mengonsumsi pisang.

Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat makan pisang yang berikutnya adalah menjaga kekebalan tubuh Anda. Selain karbohidrat yang tinggi, di dalam pisang juga terdapat beberapa kandungan lain seperti B6, Vitamin C dan A. Kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh Anda, jadi tidak gampang terkena penyakit.

Pisang juga dapat membuat tubuh Anda lebih segar dan tidak cepat mengalami kelelahan sehingga lebih semangat dalam menjalankan rutinitas harian. Karenanya, menyediakan pisang di rumah adalah pilihan yang tepat.

Dapat Melengkapi Kandungan Magnesium Tubuh

Tubuh juga sangat butuh kandungan magnesium untuk membantu kinerja organ dalam agar bisa maksimal. Jika Anda ingin kebutuhan magnesium di dalam tubuh, ini bisa dengan rutin mengonsumsi pisang setiap harinya. Pisang akan meningkatkan kandungan magnesium di dalam tubuh.

Lalu, apa akibatnya jika tubuh Anda kekurangan zat magnesium? Anda akan mengalami kelelahan, tidak nafsu makan, mudah merasa mual, kesemutan di beberapa bagian tubuh, migraine, gangguan jantung dan sebagainya. Adanya kandungan magnesium akan mencegah hal-hal tersebut terjadi.

Mencukupi Zat Mangan Dalam Tubuh

Selain membutuhkan zat magnesium, tubuh juga memerlukan kandungan mangan yang cukup dan pisang bisa membantu hal tersebut. Adanya zat mangan dalam tubuh dapat membantu memperlancar proses metabolism di dalam tubuh.

Mangan juga berperan dalam pembentukan tulang agar lebih kuat serta lebih cepat menyembuhkan luka. Ada penelitian yang mengatakan bahwa pisang dapat membantu peningkatkan zat mangan di dalam tubuh. Osteoporosis yang sering diderita masyarakat, khususnya wanita, juga bisa diatasi dengan ini.

Membantu Melancarkan Aliran Darah Menuju Otak

Manfaat makan pisang yang berikutnya adalah membantu memperlancar aliran darah ke otak. Dalam hal ini, kandungan dalam pisang seperti mineral dan kalium ternyata dinilai mampu untuk membantu melancarkan aliran darah menuju otak.

Karena adanya kandungan tersebut di dalam pisang, ini akan membuat darah dan oksigen mudah masuk ke otak. Kandungan kalium juga dapat mengurangi resiko penyakit hipertensi dan stroke.

Menaikkan Mood

Manfaat yang lain dari rutin mengonsumsi pisang adalah menaikkan mood. Di dalam pisang terdapat beberapa kandungan yang bisa menaikkan mood agar lebih bagus. Anda bisa mencampur terlebih dahulu pisang dengan madu berkhasiat untuk dikonsumsi.

Selain itu, rutin mengonsumsi pisang juga dapat meningkatkan hormon serotonin dari dalam tubuh. Hormone ini adalah pengatur rasa bahagia dan senang yang mampu menghilangkan depresi dan stress. Anda juga akan merasakan bagian otot lebih relaks dari biasanya dengan kecukupan hormone ini.

Meremajakan Kulit di Bagian Wajah

Manfaat makan pisang yang berikutnya adalah mampu meremajakan kulit di bagian wajah. Anda bisa mencampurnya terlebih dahulu dengan pisang dan oleskan pada kulit kering. Campuran tersebut juga dinilai mampu menghilangkan jerawat di wajah Anda.

Jika Anda rutin mengolesi campuran pisang dengan madu ini maka kulit akan tampak lebih bersih dan halus. Setelah campuran tersebut dioleskan ke kulit, tunggu selama kurang lebih 15 hingga 30 menit lalu basuh dengan air bersih, jangan lupa untuk dikeringkan juga. Anda harus rutin melakukan perawatan ini.

Mengurangi Resiko Terkena Batu Ginjal

Manfaat yang terakhir adalah mampu mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal. Anda harus mengonsumsinya secara rutin agar tidak terkena batu ginjal.