32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaIni Daftar Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

Ini Daftar Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

Makanan yang mengandung kalori tinggi sering menjadi musuh sebagian banyak orang yang ingin hidup lebih sehat. Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, makanan seperti ini patut untuk dihindari, karena malah akan membuat berat badan bertambah.

Kalori tinggi ternyata tidak hanya disebabkan oleh makanan berat saja. Jenis minuman bahkan buah-buahan dan sayuran juga bisa mengandung kalori yang tinggi. Kira-kira apa saja makanan-makanan tersebut? Simak ulasan di bawah agar mengenali daftar makanan yang harus sering Anda hindari.

Makanan Cepat Saji

Makanan yang paling berkalori yaitu makanan cepat saji. Jenis makanan tersebut mengandung banyak lemak. Contoh makanan cepat saji ini adalah kentang goreng, fried chicken, burger, minuman soda, dan onion ring.

Makanan-makanan tersebut mengandung banyak kalori, tapi tidak bisa membuat kenyang di perut. Yang ada malah berat badan naik karena memakan banyak kandungan kalori dan lemak. Makanan berkuah santan seperti pada masakan padang juga tidak seharusnya Anda konsumsi terlalu sering.

Nasi Goreng

Nasi putih saja sudah mengandung kalori cukup tinggi, apalagi nasi goreng yang ditambahkan daging, sayur, dan digoreng dengan minyak. Makanan satu ini memang mengenyangkan dan lezat, namun sebaiknya tetap mengkonsumsinya sewajarnya saja.

Mie Instan

Ini dia makanan yang menjadi banyak favorit banyak orang. Mie instan di buat dalam bentuk kemasan sehingga praktis saat ingin memakannya. Namun, ternyata kalori pada mie instan per kemasannya sekitar 380 kalori. Apalagi jika mie instan isi duo, makin berdampak negatif jika keseringan dimakan.

Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan juga mengandung kalori yang tinggi. Misalnya saja kacang macadamia yang kalorinya mencapai 201 per 28 gramnya. Jenis-jenis kacang lain juga mengandung kalori tinggi, seperti kacang mete sebanyak 161 kalori, kacang almond 162 kalori, hazelnut 181 kalori, walnut 183 kalori.

Selain itu, kacang pilus kalorinya mencapai 188, kacang pecan 199 kalori, bahkan kacang tanah kalorinya sebanyak 164 kalori. Jadi bagi yang ingin diet, kurang-kurangi makan kacang-kacangan, apalagi kacang juga bisa menimbulkan jerawat jika dikonsumsi oleh orang yang berkulit sensitif.

Daging

Semua pasti setuju jika daging merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi. Misalnya daging sapi kalorinya mencapai 304 kal, daging kambing 303 kal, daging ayam 179-219 kal, daging bebek 286 kal. Jadi konsumsi sewajarnya agar tubuh tetap sehat.

Ikan

Ikan merupakan sumber protein hewani yang bermanfaat bagi tubuh, karena mengandung asam lemak, DHA, omega 3, dan kalsium. Namun, ternyata ikan mengandung kalori sekitar 350 kal untuk setiap 100 gramnya. Konsumsi ikan secukupnya dan perhatikan cara pengolahan ikan untuk makanan tersebut.

Keripik Kentang

Di balik rasanya yang gurih, kentang goreng ternyata berkalori tinggi. Kentangnya saja sudah berkalori, apalagi digoreng dengan minyak dan ditambahkan bumbu. Per kemasan kentang goreng bisa mencapai 158 kalori. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi buah sebagai camilan yang lebih sehat.

Coklat

Sudah pasti cokelat mengandung kalori tinggi, yaitu sekitar 580 kal per 100 gram cokelat. Berbagai macam produk coklat banyak tersebar di pasaran, mulai coklat utuh atau olahan minuman dan desert. Namun, makanan yang berkalori ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Kurma

Kurma merupakan buah yang mengandung gula tertinggi. Setiap 100 gram kurma, kalorinya mencapai 282 kal. Mengkonsumsi 3 biji kurma saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda. Hal ini karena dagingnya yang banyak dan mengandung gula.

Pisang

Selain kurma, pisang juga termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi. Hal ini karena kandungan glukosanya tinggi dan sangat mengenyangkan. Kalori setiap 100 gram pisang yaitu 89 kkal. Selain itu, buah ini mengandung zat lain yang menyehatkan bagi tubuh.

Alpukat

Alpukat juga termasuk buah berkalori tinggi. Hal itu dibuktikan dengan 332 kkal yang terkandung per buahnya. Buah ini mengandung lemak yang tinggi sehingga bisa Anda manfaatkan sebagai sumber energi dan kalori selain buah pisang.

Jus dan Buah Kemasan

Pasti Anda berpikir jika sering meminum jus akan menyehatkan. Ternyata, jus buah dalam kemasan yang sering ada di pasaran mengandung gula yang tinggi. Hal tersebut karena ada tambahan di dalamnya, mulai dari es batu, susu, gula, atau sirup.

Susu

Selain sumber protein dan kalsium, susu juga mengandung banyak kalori. Untuk susu bubuk saja sekitar 600 kalori, buttermilk 152 kkal, whole milk 149 kkal. Jumlah kalori tersebut berlaku untuk susu dalam 1 gelas. Namun, minuman ini sangat bermanfaat jika Anda konsumsi minimal satu kali sehari.

Es Krim

Karena bahan baku es krim berasal dari susu, maka produk makanan ini juga mengandung kalori tinggi. Kandungan gula juga terdapat di dalamnya. Kandungan kalori sebuah es krim bisa mencapai 350 kkal. Jadi konsumsi es krim secukupnya saja ya.

Setelah melihat daftar makanan yang mengandung kalori tinggi tersebut, cukup khawatir bukan jika berlebihan mengkonsumsinya? Karena sudah mengenali jenis-jenis makanan kalori tinggi di atas, perhatikan asupan kalori Anda sehari-harinya sesuai kebutuhan ya.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER