22.6 C
New York
Kamis, Juni 17, 2021
BerandaBeritaIni Kelebihan Mobil Matic dari Jenis Mobil Manual

Ini Kelebihan Mobil Matic dari Jenis Mobil Manual

Mobil matic adalah mobil yang memiliki transisi otomatis sehingga sistem transmisinya bisa berubah sendiri tanpa harus menginjak pedal kopling. Saat ini, banyak yang memilih mobil jenis matic karena lebih mudah mereka gunakan. Selain itu, kelebihan mobil matic lebih menarik bagi pengguna wanita.

Jika Anda berminat membeli mobil baru jenis matic, sebelumnya silahkan melihat ulasan berikut sebelum membuat keputusan. Sebab, kunci dalam membeli mobil baru adalah ketenangan dalam berpikir dan mempertimbangkan.

Daftar Kelebihan Mobil Matic

Mudah Dikendarai

Manfaat yang paling jelas dari mengendarai mobil matic adalah lebih mudah Anda kendarai daripada mobil manual. Tidak harus memindahkan gigi atau menggunakan pedal kopling membuat berkendara di dalam kota lebih praktis.

Jadi, jauh lebih dapat menghilangkan stres dan risiko nyeri pada kaki kiri / pergelangan kaki Anda. Apalagi jika kerap terlibat macet, menggunakan mobil matic lebih bagus. Mobil matic juga dapat memberikan pengalaman berkendara di jalan raya yang lebih santai daripada manual.

Selain itu, mobil ini tidak membutuhkan service sebanyak mobil manual karena mobil manual lebih cepat aus. Tidak ketinggalan, jumlah roda gigi mobil matic memiliki lebih banyak daripada mobil manual. Dengan begitu, mobil Anda lebih mulus dan tenang, juga lebih hemat bahan bakar.

Cocok untuk Pengemudi Pemula

Apakah ini menjadi mobil pertama Anda? Jika iya, mobil matic akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda gunakan daripada mobil manual. Ini karena mobil matic hanya memerlukan menekan pedal gas dan rem untuk bisa menjalankan mobil.

Berbeda dengan mobil manual yang sedikit lebih rumit sehingga untuk pengguna baru, bisa terasa menyulitkan. Meskipun tergolong mudah, pengemudi pemula tetap perlu mengetahui tiap-tiap fungsi dari mobil. Jangan sampai kaget dan panik saat berkendara dan menimbulkan kekacauan.

Bisa Digunakan untuk Semua Kalangan

Nah, karena mudah Anda gunakan, mobil matic bisa menjadi sebagai mobil keluarga. Mulai dari ayah, ibu, dan anak-anak yang sudah cukup umur bisa menggunakan mobil jenis matic. Apalagi yang sebelumnya sudah terbiasa dengan mobil manual, menggunakan matic sangat lah mudah.

Selain itu, apabila Anda atau teman memiliki cacat atau cedera pada pinggul, lutut, pergelangan kaki atau kaki, mobil matic lebih mudah berkendara karena bisa Anda lakukan modifikasi. Juga Anda yang tidak bisa menggunakan kaki kanan, masih memiliki kemungkinan untuk berkendara sendiri.

Aman untuk Jalanan Menanjak

Kelebihan mobil matic yang patut Anda pertimbangkan adalah keamanannya jika dipakai pada jalanan menanjak. Tidak seperti mobil manual yang mudah mundur saat menanjak, mobil matic asalkan memiliki ancang-ancang yang tepat bisa mulus melakukan perjalanan.

Jika harus berhenti mendadak, mobil matic tidak akan meluncur mundur. Namun Anda bisa lebih waspada dengan tetap menekan pedal rem karena adanya gaya gravitasi yang bisa mengalahkan torsi mobil.

Karena hanya memiliki dua pedal, Anda tidak perlu khawatir pegal. Untuk menggunakan pedas rem dan gas, cukup dengan satu kaki saja. Kelelahan saat di jalan raya jadi bisa dikurangi dan bisa lebih santai.

Meminimalkan Terjadi Selip Kopling

Saat menggunakan mobil manual, Anda harus menekan sendiri kopling, rem, dan tuas transmisinya. Berbeda dengan mobil matic yang melakukan perpindahan transmisi secara otomatis, ini kenapa mobil matic juga biasa kita sebut mobil automatic.

Nah karena mesin melakukan sendiri perpindahan transmisinya, akan mengurangi potensi adanya perpindahan gigi yang tidak presisi. Ini berarti, terjadi selip kopling hampir tidak mungkin. Apalagi saat ini banyak mobil yang memiliki perpindahan transmisi yang lebih halus.

Lebih Hemat Bahan Bakar

Selain mempertimbangkan harga dan kualifikasi, memilih mobil juga sebaiknya yang hemat bahan bakar. Apalagi jika mobilitas Anda tinggi alias sering bepergian. Mobil matic sekarang ini memiliki torsi dan tenaga yang bisa berpindah menuju roda mencapai 100 persen untuk mobil matic terbaru.

Sementara matic lama, tenaga yang bisa ditransferkan maksimal 98 persen, jadi, masih menyisakan pemborosan sebesar dua persen. Tidak sampai di situ saja, dalam mobil matic juga terdapat pilihan Eco Mode yang membuat perpindahan gigi 1, 2, dan 3 terjadi lebih cepat.

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik

Setelah melihat kelebihan mobil matic, berikut adalah beberapa rekomendasinya untuk Anda. Jangan khawatir, harga dan performa mobilnya yang terbaik.

All New Honda Brio E CVT

Mobil keluaran Honda satu ini memiliki tenaga mencapai 90 PS / 6.000 rpm dengan torsi mencapai 110 Nm / 4.800 rpm. Fitur keselamatannya juga sudah hadir lengkap dengan airbag dan sistem pengereman berteknologi ABS + EBD.

New Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe AT

Mobil yang bisa diisi sampai 7 penumpang ini berkapasitas mesin 1.197 cc berteknologi 3NR-VE, DOHC, Dual VVT-i. Untuk masalah tenaga, tidak akan kalah karena sudah mencapai 88 PS dan torsi hingga 108 Nm.

New Toyota Calya 1.2 G A/T

Sudah hadir dengan sensor parkir yang optimal, Anda jadi tidak perlu lagi khawatir mobil lecet atau tidak sengaja menabrak. Juga, mesin yang digunakan berkapasitas 1.197 cc berteknologi 3NR In-Line 4 Cylinders, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular