32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaTips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Menjebak

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Menjebak

Reportasee.com – Tips menjawab pertanyaan interview kerap kali orang cari. Terutama untuk mereka yang tengah mencari pekerjaan. Biasanya saat melamar kerja mereka akan berhadapan dengan HRD yang memberikan banyak pertanyaan.

Pertanyaan yang HRD ajukan terkadang bersifat menjebak. Sehingga pencari kerja kerap kali mengalami kesulitan dalam menjawabnya. Padahal pertanyaan yang anda jawab bisa memberikan pengaruh terhadap penilaian di mata HRD.

Karena itulah jika jawaban anda tergolong salah bisa saja memberikan pengaruh besar. Pengaruh ini tentu saja berhubungan dengan keputusan HRD untuk mempercayakan posisi tersebut atau tidak kepada anda.

Sebab inilah anda perlu berhati-hati dalam menjawab pertanyaan yang HRD ajukan. Alangkah baiknya semua pertanyaan anda jawab dengan sungguh-sungguh, yakin dan sejujurnya. Dengan begitu pekerjaan pun akan anda terima sesuai kemampuan.

Jika anda tengah mempersiapkan diri untuk melamar kerja, berikut adalah tips menjawab pertanyan interview. Dengan begitu jawaban pun menjadi yakin dan tepat sehingga HRD meloloskan calon karyawan tersebut.

Inilah Tips Menjawab Pertanyaan Interview

Biasanya pertanyaan yang HRD ajukan berbeda-beda dan mencakup berbagai hal. Karena itulah tips menjawab pertanyaan interview juga terdapat perbedaan. Akan tetapi pastikan jawaban tersebut sesuai dengan diri anda tanpa berlebihan.

Menggambarkan Diri Sendiri

Pertanyaan pertama yang HRD ajukan biasanya mengenai tentang diri anda sendiri. Apakah yang ada di benak anda kala mendapatkan pertanyaan tersebut? Berbentuk gambaran positif atau bahkan negative?

Hati-hatilah karena pertanyaan tersebut memiliki tujuan. Yaitu pengetahuan mengenaik karakter diri anda yang paling dasar. Kareakter seorang calon karyawan menjadi aspek penting untuk perusahaan terkait. Calon karyawan dengan karakter kuat tentunya menarik perhatian para pemberi kerja.

Terlebih jika karakter pelamar tersebut sesuai dengan nilai yang ada di perusahaan. Karena itulah sebagai tips menjawab pertanyaan interview tentang hal ini adalah denan menggunakan 3 kata.

Tiga kata ini merupakan kata tepat yang masuk dalam deskripsi diri anda sendiri. Kemudian sesuaikan dengan posisi yang akan anda lamar. Berikan penggambaran karakter sesuai dengan diri lalu gunakan kata positif.

Sebagai contoh pekerja keras, jujur, antusias tinggi, mudah bekerja sama, komunikator baik dan sebagainya. Pastikan karakter yang anda sebutkan sesuai dengan kenyatannya.

Pengetahuan Tentang Perusahaan

Biasanya anda akan mendapatkan pertanyaan mengenai pengetahuan tentang perusahaan tersebut. Bahkan pertanyaan satu ini termasuk ke dalam golongan penting. Pasalnya seorang pelamar wajin mengtahui perusahaan yang menjadi tujuan.

Sehingga pertanyaan ini muncul sebagai tingkat pengenalan calon karyawan terhadap indentitas perusahaan. Tips menjawab pertanyaan interview kerja satu ini adalah fokuskan jawaban terhadap sisi positif perusahaan tersebut. Jangan sampai anda membandingkan pada perusahaan tempat bekerja dahulu.

Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang anda lamar mempunyai keunggulan. Sehingga keunggulan tersebut membuat anda tertarik untuk bergabung. Dengan demikian perusahaan juga tertarik memilih anda menjadi karyawan.

Sebab inilah sebelum pergi ke interview, anda harus mencari tahu mengenai seluk beluk perusahaan. Apalagi jika anda tidak bisa menjawabnya sama sekali maka berakibat fatal.

Alasan Pelamar Tertarik Bergabung ke Suatu Perusahaan

HRD pastinya akan memberikan pertanyaan mengapa anda tertarik bergabung ke perusahaan tersebut? Sebagian besar pelamar akan menjawab utamanya mengenai gaji. Barulah suasana kerja nyaman dan rekan menyenangkan.

Anda jangan sampai terkecoh. Pasalnya pertanyaan tersebut merupakan upaya untuk mencari motivasi dari seorang pekerja yang sesungguhnya. Sebab setiap perusahaan pasti lebih menginginkan mempunyai pekerja dengan loyalitas tinggi.

Baca:  Honda Brio RS Urbanite, Inilah Spesifikasinya

Oleh sebab itulah sebagai tips menjawab pertanyaan interview jangan menganggapnya sepele. Misalnya saja kenaikan gaji semata. Apalagi jika anda mengungkapkan ketidaknyamanan di tempat kerja sebelumnya. Perusahaan akan menilai pelamar tersebut adalah orang yang tidak bekerja keras dan mudah mengeluh.

Baca:  Unduh Secara Gratis Aplikasi Unit Converter (Pega Pro)

Ada baiknya jawab pertanyaan tersebut dengan alasan positif. Misalnya saja ingin memberikan kontribusi dalam hal menyalurkan bakat dan potensi. Atau bisa saja karena posisi yang hendak anda lamar sesuai dengan pendidikan terakhir.

Jawaban apa pun boleh saja selama berisi motivasi yang membangun kepribadian anda.

Prestasi yang Pernah Tercapai Dalam Karir

Tak jarang pertanyaan seperti ini akan anda terima. Wajar saja, sebab tiap perusahaan menginginkan calon pekerja terbaik di antara pilihan. karena itulah perusahaan ingin tahu pencapaian yang sudah pernah pelamar raih di karir sebelumnya.

Sehingga perusahaan akan mengukur presentase keberhasilan jika meloloskan anda. Sebagai tips menjawab pertanyaan interview satu ini, anda bisa menjelaskan dengan baik.

Penjelasan tersebut berisi tiap pekerjaan yang pernah anda selesaikan di perusahaan sebelum ini. Berikan contoh keberhasilan yang sudah anda raih sebelumnya. Buktikan diri anda layak menjadi karyawan di perusahaan idaman tujuan.

Agar bisa meyakinkan perusahaan, ada baiknya sertakan bukti pencapaian tersebut. Sehingga HRD akan puas dengan prestasi sebelumnya. Karena itulah semua prestasi harus sesuai dengan kenyataan yang ada. Jangan melebih-lebihkannya hanya untuk menarik HRD akan tetapi anda tidak memiliki kemampuan tersebut.

Jelaskan Mengenai Rencana di Masa Depan

Tak jarang pelamar tidak paham mengapa ia mendapatkan pertanyaan tentang masa depan mereka. Padahal maksud dari pertanyaan tersebut adalah mengukur seberapa lama pelamar bergabung di perusahaan.

Perusahaan pastinya tidak ingin mereka menjadi batu loncatan seseorang. Apalagi jika karyawan tersebut senang pindah-pindah tempat kerja. Sebagai tips menjawab pertanyaan interview tersebut anda bisa menguraikannya dalam tujuan panjang. Serta pastikan perusahaan yang sedang anda incar masuk ke dalam rencana masa depan.

Berikan jawaban bijak dengan pemikiran matang. Jangan sampai anda menjawab pertanyaan seadanya. Hindari indikasi jawaban anda hendak meninggalkan perusahaan setelah merasa cukup memperoleh pengalaman ataupun ilmu di sana. Pasalnya perusahaan ingin mendapatkan karyawan terbaik dan loyal dalam jangka waktu lama.

Memberikan Gambaran Mengenai Posisi Tujuan

Penting sekali untuk anda mengetahui posisi yang menjadi tujuan. Karena hal ini berkaitan dengan tugas yang ada di perusahaan nantinya. Perusahaan pasti tidak mau mempekerjakan karyawan yang bahkan tidak mengerti tentang tugasnya sendiri.

Pasalnya mereka memerlukan waktu lebih lama untuk mengajarkan pekerja tersebut. Belum lagi pekerja harus beradaptasi dengan lingkungan perusahaan yang baru.

Oleh sebab itu, tips menjawab pertanyaan interview seperti ini pertama dengan mencari informasi terlebih dahulu. Carilah informasi mengenai tugas dan tanggung jawab sebuah posisi yang akan anda lamar. Lewat jawaban tepat, perusahaan akan menilai anda sebagai orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Pihak perusahaan akan cenderung menghindari orang yang belum mengetahui posisi tersebut. Apalagi jika anda mempunyai pengalaman serupa maka bisa saja peluang lolos lebih besar. Pasalnya perusahaan tak perlu lagi memperkenalkan ataupun melatih orang baru. Mereka cukup menambahkan nilai dalam perusahaan dan peraturan yang harus anda ikuti.

Beberapa tips menjawab pertanyaan interview ini tak jarang membuat banyak pelamar terjebak. Karena itulah sebelum mendatangi interview persiapkan diri anda sebaik mungkin.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer