Makanan Khas Lebaran Kerap Tersaji di Rumah

Advertisement

Reportasee.com – Makanan khas lebaran terdiri dari banyak menu yang sering kita jumpai kala hari raya Idul Fitri tiba. Lebaran atau hari raya idul Fitri merupakan salah satu momen penting untuk umat islam.

Apalagi di negara Indonesia dengan mayoritas muslim. Mereka pasti merayakan momen lebaran ini lewat cara berbeda-beda.

Setelah melaksanakan ibadah sholat Ied, masyarakat melanjutkannya dengan beberapa tradisi tertentu. Sebut saja saling mengunjungi rumah saudara maupun kerabat dengan tujuan saling bermaafan. Kemudian kegiatan tersebut berlanjut ke aktivitas untuk mempererat silaturahmi di dalamnya.

Lewat santap menu makanan bersama di rumah tertentu. Pasalnya ada menu-menu tertentu yang seolah menjadi makanan khas lebaran. Sehingga kerap kali kita dapati makanan-makanan tersebut dalam rumah umat islam yang merayakan lebaran.

Indonesia memang terkenal akan negara yang penuh dengan kuliner di tiap daerahnya. Sehingga masing-masing wilayah maupun kota di tanah air mempunyai makanan khasnya tersendiri. Rupanya hal ini juga berlaku kala idul fitri tiba. Terbukti dari banyaknya makanan khas lebaran yang seakan wajib keluarga santap dan memeriahkan momen tersebut.

Advertisement

Menu Andalan Sebagai Makanan Khas Lebaran

Ketupat Sebagai Pengganti Nasi

Pasti kerap kali kita mendapati menu ketupat dalam setiap rumah umat muslim. Tak heran, pasalnya ketupat menjadi makanan khas lebaran di Indonesia. Berbahan dasar dari beras, tak lengkap rasanya di dalam keluarga tidak menyajikan makanan satu ini.

Biasanya ketupat menjadi makanan pengganti nasi untuk momen lebaran. Proses pembuatannya pun seperti memasak nasi biasa. Yang membedakannya adalah beras dalam takaran tertentu dan kemudian masuk ke dalam daun maupun plastik.

Sebenarnya ketupat ini hanyalah bentuk lain dari nasi biasa saja. Hanya teksturnya lebih padat dan berada di dalam sebuah bungkusan. Tak hanya sebagai sajian khas lebaran, ketupat kerap kita jumpai dalam makanan khas daerah lain. Sebut saja kupat glabet, kupat tahu dan masih banyak lainnya.

Jika tak bisa membuat anyaman daun sendiri, anda bisa membeli bentuk daun ataupun ketupat sudah jadi. Sebab menjelang lebaran akan banyak pedagang menjajakan ketupat di pinggir jalan. Harganya pun bervariasi mulai dari 3 ribu rupiah.

Advertisement

Opor Ayam Sajian Khas Lebaran

Siap saja pasti mengetahui bahwa opor ayam merupakan salah satu makanan khas lebaran. Tak jarang kehadirannya sangat cocok menjadi teman dalam menyantak ketupat. Menu satu ini merupakan salah satu masakan terkenal di Indonesia.

Tak hanya saat lebaran saja, kita juga bisa menjumpainya di hari biasa. Pasalnya banyak orang mengonsumsi opor ayam sebagai makanan sehari-hari. Opor ayam sendiri adalah salah satu jenis makanan berkuah.

Bahan utamanya tentu saja daging ayam. Daging tersebut sudah direbus dalam sebuah kuah jenis santan. Kuah santan ini terbuat dari beberapa bumbu tradisional sepertu kelapa, garam, serai, kunyit dan juga kencur. Sehingga kehadirannya sangat cocok untuk bersama ketupat maupun nasi. Pasalnya kuahnya yang banyak semakin menambah nikmat hdangan.

Anda juga bisa menjumpai menu tersebut dalam rumah-rumah makan. Akan tetapi rasanya tentu berbeda dengan membuat sendiri. Untuk satu potong ayam, biasanya harganya mulai dari 8 ribu rupiah.

Rendang Sebagai Sajian Andalan

Berasal dari padang, rendang menjadi salah satu makanan yang sudah terkenal di dunia. Bahkan menu tersebut masuk ke dalam makanan paling enak di dunia. Bahan pembuat rendang adalah daging sapi maupun kerbau. Kemudian berlanjut dengan memasak menggunakan bahan-bahan tertentu.

Proses memasaknya pun berulang kali dengan menambahkan santan kelapa. Bumbu yang orang gunakan untuk membuat salah satu makanan khas lebaran ini pun sangat banyak. Antara lain kunyit, cabai, lengkuas, serai, jahe juga bawang. Tak mengherankan jika rendang mempunyai cita rasa khas yang enak.

Sebab terbuat dari campuran macam rempah kaya rasa. Akan tetapi dominan cita rasa yang muncul di lidah antara lain manis, gurih dan juga asin. Anda bisa menjumpai rendang matang di seluruh toko makanan Indonesia. Bahkan kini terdapat rendang instan dalam bentuk kaleng.

Kisaran harganya pun beragam. Namun karena bahan pembuatannya daging sapi, tak heran jika tarifnya lumayan mahal.

Sambal Goreng Isi Kentang Hati

Masyarakat Indonesia menjadikan sambal sebagai salah satu menu yang wajib ada untuk pendamping lauk. Bercita rasa pedas ternyata bisa bercampur dengan bahan lain. Contonhnya adalah sambal goreng kentang hati yang menjadi salah satu makanan khas lebaran.

Sajian tersebut terbuat dari campuran kentang dan juga hati ampela. Makanan tersebut sangat coock anda santap bersama masakan lain sebagai ciri khas Indonesia.

Kalau anda merasa repot membuatnya tidak perlu khawatir. Pasalnya sudah banyak warung makan menjualnya sebagai menu sehari-hari. Harga hidangan ini pun biasanya tergantung satu porsinya. Mulai dari 10ribu rupiah dan tergantung pada banyaknya porsi.

Semur Untuk Lebaran

Masih seputar makanan khas lebaran, menu kali ini adalah semur. Makanan ini berasal dari daging dengan perebusan dalam waktu lama. Kemudian pengolahannya berlanjut dengan kuah warna coklat sangat pekat.

Kuah ini berbahan dari kecap, bawang putih, pala, bawang merah dan rempah lainnya. Semur umumnya berisi daging hewan sapi maupun ayam. Kemudian terdapat tambahan kentang untuk plengkap. Tak jarang orang-orang menambahkan bahan lain seperti tahu, tempe, telur, ikan dan masih banyak lainnya.

Penambahan tersebut bebas saja sesuai selera dari pembuat. Tak hanya sajian untuk lebaran, semur bisa anda konsumsi di hari biasa. Pasalnya banyak warung menjual dalam harga porsian mulai dari 10 ribu rupiah.

Kue Nastar Khas Lebaran

Kali ini makanan khas lebaran lainnya adalah berbentuk kudapan. Siapa saja pasti mengenal kue nastar yang kerap anda temukan di meja tiap rumah.

Nastar merupakan salah satu kue kering dengan bahan utama tepung terigu. Kemudian bahan lainnya adalah telur, mentega juga vanili. Bentuk dari kue ini adalah bulat dengan ukuran kurang lebih berdiameter 2 cm.

Di atas adonan kemudian biasa terisi akan selai dari buah. Misalnya saja nanas, stroberi maupun coklat. Anda bisa juga berkreasi akan selai lainnya untuk kue khas lebaran ini.

Kudapan satu ini pada umumnya hadir dalam bentuk toples. Tak jarang anda bisa menjumpainya di toko yang menjual oleh-oleh. Harganya pun beragam tergantung dengan banyaknya isi dalam satu toples makanan khas lebaran ini.

Umumnya pedagang nastar mematok tarif mulai dari 30 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Namun untuk merayakan momen lebaran tak ada salahnya anda mencoba untuk membuat kue sendiri. Dengan begitt tambahkan kreasi lainnya sebagai inovasi terbaru.

Pilihan makanan khas lebaran tersebut bisa dengan mudah anda jumpai dalam rumah sanak saudara yang turut merayakan idul fitri. Memang rasanya lebaran tak lengkap rasanya tanpa hidangan tersebut untuk melengkapi perayaan.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker