32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaJenis Investasi yang Menguntungkan Jangka Panjang

Jenis Investasi yang Menguntungkan Jangka Panjang

Salah satu jenis investasi yang menguntungkan yaitu investasi jangka panjang. Seperti namanya, jenis investasi ini yaitu untuk tujuan jangka panjang, setidaknya lebih dari satu tahun hingga puluhan tahun.

Jenis investasi ini biasanya bertujuan untuk membuat nilai uang terus meningkat dan sebagai keuntungan di masa yang akan datang. Keuntungan dalam investasi jangka panjang pun lebih stabil dengan resiko yang lebih kecil. Nah, ini penjelasan tentang jenis-jenis investasi jangka panjang.

Rekomendasi Investasi Untuk Jangka Panjang

Properti

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang pertama yaitu investasi properti. Pilihan properti yang bisa Anda jadikan investasi yaitu seperti tanah maupun bangunan. Nilai jual properti selalu naik tiap tahunnya.

Hal ini karena semakin berkurang dan terbatasnya ketersediaan properti seperti tanah dan bangunan tiap tahunnya.  Sedangkan, kebutuhan akan hal tersebut semakin meningkat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, investasi ini sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang. Namun, kekurangan dari investasi ini yaitu Anda perlu membutuhkan modal yang lumayan besar untuk memulai investasi properti.

Selain itu, investasi ini juga tidak mudah untuk mencairkan dana apabila Anda sebagai investor membutuhkan dana dalam waktu cepat.

Emas

Jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan lainnya yaitu investasi emas. Investasi emas memang sudah lama terkenal sebagai alat investasi jangka lama karena telah terbukti menguntungkan.

Hal ini karena emas memiliki harga atau nilai jual yang selalu meningkat tiap tahunnya. Meski mengalami penurunan, penurunan yang terjadi tidak telalu banyak atau signifikan. Namun, secara umum investasi emas sangat stabil dan aman dan juga anti inflasi.

Investasi emas juga memiliki kelebihan lainnya yaitu likuiditas yang tinggi. Anda dapat dengan mudah menukarkan emas dengan uang tunai jika Anda membutuhkan dana dalam waktu yang cepat. Selain itu, resiko investasi emas juga sangat kecil dan aman terhadap inflasi.

Beberapa jenis investasi emas yang bisa Anda pilih yaitu seperti emas batangan, perhiasan, maupun emas koin. Setelah memulai berinvestasi emas, Anda perlu mengikuti perkembangan dari harga investasi emas agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Saham

Investasi saham juga merupakan jenis investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Membeli sebuah saham perusahaan berarti Anda berhak mendapatkan seprsekian persen kepemilikian perusahaan.

Lalu, apa keuntungan dari investasi saham? Keuntungannya yaitu Anda akan mendapatkan kenaikan harga saham jika kinerja perusahaan tersebut baik dan mendapatkan dividen jika perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan.

Kekurangan dari investasi saham yaitu memiliki resiko yang tinggi karena harga saham bisa naik turun secara signifikan dalam jangka waktu yang cepat. Meski demikian, investasi saham memiliki tingkat keuntungan yang besar dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Reksadana

Investasi reksadana juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang. Apa itu reksadana? Reksadana adalah surat berharga yang menyatakan bukti klaim atau aset.

Reksadana dapat Anda jadikan investasi jangka panjang yang menguntungkan karena beberapa kelebihannya. Keunggulan pertama yaitu Anda sebagai investor dapat memilih jenis reksadana yang ingin dipilih, seperti saham, pasar uang, atau obligasi.

Anda hanya perlu memilih pilihan instrumen investasi yang paling sesuai dengan Anda dan resiko yang dapat Anda tanggung.

Asuransi

Jika Anda ingin memilih jenis investasi yang menguntungkan dan ingin meminimalisir resiko, investasi asuransi adalah solusinya. Asuransi berfungsi dalam memperkecil resiko jika terjadi kerusakan atau kehilangan suatu benda,

Oleh karena itu, asuransi juga berfungsi sebagai perlindungan atau proteksi terhadap hal tertentu yang ingin Anda lindungi. Selain itu, asuransi sebagai investasi dalam jangka panjang tentu mendatangkan keuntungan.

Asuransi yang banyak diminati orang untuk dijadikan investasi yaitu asuransi unit link dan asuransi dwiguna. Dua asuransi ini banyak dipilih karena dinilai paling banyak memberikan keuntungan kepada investor.

Obligasi

Instrumen investasi obligasi adalah yang paling diminati oleh para investor dan pengusaha. Bagi Anda yang belum tahu betul tentang obligasi, obligasi adalah surat hutang yang diberikan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman.

Jadi, di surat ini tertera nama dari peminjam sekaligus tanggal dari jatuh tempo pinjaman tersebut. Selain itu, terdapat pula keterangan bunga yang wajib dibayar oleh peminjam. Rata-rata jangka waktu untuk investasi obligasi ini biasanya antara 1-10 tahun.

Keuntunngan Investasi Jangka Panjang

Melakukan investasi jangka panjang memang membawa banyak keuntungan. Keuntungan yang paling pasti yaitu mendapatkan penghasilan pasif, seperti bunga sewa, dividen, dan lain sebagainya dalam setiap periode.

Memiliki penghasilan pasif tentu sangat menyenangkan karena Anda tidak perlu bekerja susah payah dan bisa mendapatkan penghasilan.

Keuntungan lainnya yaitu Anda dapat mengarahkan sebuah dana khusus untuk keperluan mendatang, seperti pensiun atau pendidikan. Selain itu, investasi jangka panjang juga berfungsi untuk meminimalisir resiko.

Jadi, itulah beberapa jenis investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang dan beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa Anda dapatkan. Sekian penjelasannya dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Berita Terkait

TERPOPULER