32 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021
BerandaBeritaPerda KTR di Ciamis Lindungi Warga Non Perokok

Perda KTR di Ciamis Lindungi Warga Non Perokok

Reportasee.com – Guna melindungi warganya yang tidak merokok, kini Pemerintah Kabupaten Ciamis memiliki Perda (Peraturan Daerah) tentang kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Ketua NOTC, Bambang Priyono, saat memberikan materinya di Aula Sat Pol PP, Jumat, (09/04), Mengatakan, dalam Perda Kawasan Tanpa Rokok ini berlaku bagi rokok konvensional dan rokok elektrik atau Vape. Hak ini tercantum dalam pasal 1 ayat 9 mengenai rokok.

Dengan Perda ini menunjukan bahwa Pemkab Ciamis serius dalam menjaga warga dari paparan asap rokok yang dapat mempengaruhi kesehatan.

“Dalam Perda ini bukan mengatur tentang larangan orang untuk merokok, akan tetapi bisa di saat akan merokok bisa menempatkan diri,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang menuturkan, KTR ini dapat melindungi hak dari perokok maupun bukan perokok. Jadi tidak melarang merokok tapi hanya melarang merokok di tempat tertentu yang telah diatur.

Dalam hal ini menurutnya, ada delapan kawasan yang tidak boleh merokok yang tercantum dalam Perbup, yakni Fasilitas Tempat Layanan Kesehatan, Tempat Pendidikan, Tempat bermain anak, angkutan umum, Tempat ibadah, tempat kerja serta tempat umum dan tempat lain nya yang sudah ditetapkan.

Sekarang sudah jelas di atur dalam Perda tentang KTR, bagi bukan perokok pun di lindungi haknya. Karena memang masyatakatbakan terhanggu mulai dari bau asap dan bahaya zat adakytif yang berbahaya untuk kesehatan.

“Kami berharap besar Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok ini dapat diterapkan dengan baik, dan semua pihak bisa melaksanakan perannya, karena tidak hanya menhandalkan pemerintah saja. Semua lapisan masyarakat juga untuk bisa mengimplementasikan untuk bisa mematuhi ayuran ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Ciamis Bayu Yudiawan,  menudturkan, dengan adanya  Perda ini bisa melindungi masyarakat dari asap rokok. Terutama bagi warga yang memiliki penyakit penyerta.

“Disini juga kami kami berharap adanya peran serta masyarakat sangat diperlukan sebagai kontrol, salah satunya bisa dengan cara menegur orang yang merokok apabila melanggar Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok ini,” katanya.

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Video Mahasiswa KKN UNJA Menghina Desa, Ini Fakta Sebenarnya!

Reportasee.com - Mahasiswa KKN asal Universitas Jambi (UNJA) beberapa waktu lalu sempat...

Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Terpapar Covid-19

Reportasee.com - Bens Leo yang terkenal sebagai pengamat musik sekaligus wartawan meninggal...

Mengetahui Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Reportasee.com - Lambang Pancasila menjadi salah satu informasi penting yang wajib generasi...

Film Rentang Kisah Menjadi Film Terfavorit Penghargaan IMA Awards 2021

Reportasee.com - Film Rentang Kisah merupakan salah satu tayangan populer yang rilis...

Virgil Abloh Direktur Artistik Louis Vuitton Meninggal Dunia Karena Kanker

Reportasee.com - Virgil Abloh meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 28 November...