Herbal Sakit Kepala dan Mual yang Aman dan Efektif

herbal sakit kepala dan mual
ilustrasi herbal sakit kepala dan mual (foto: info)

Reportasee.com – Herbal sakit kepala dan mual bisa Anda rasakan khasiatnya jika Anda mengetahui car penyajiannya. Ada beberapa herbal untuk sakit kepala dan mual yang cukup efektif untuk meredakan gangguan sakit ini. Mungkin sebagian orang pun juga sering mengonsumsinya. Namun, gangguan dari sakit kepala dan mual sebaiknya tidak boleh Anda biarkan karena bisa saja gejala penyakit serius.

Sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa rasa sakit kepala sangat mudah dalam proses penyembuhannya. Padahal kenyataannya, penyakit ini seharusnya tidak boleh kita anggap remeh. Penyakit yang sering datang secara tiba-tiba ini akan menghalang aktivitas kita sehari-hari.

Dalam istilah medis sakit kepala memiliki nama cephalalgia atau cephalgia. Gangguan ini dapat berupa rasa sakit yang terjadi pada beberapa titik bagian kepala. Sakit kepala termasuk jenis penyakit yang cukup banyak orang keluhkan.

Rasa sakit ini terjadi karena berbagai kondisi penyebabnya. Baik akibat peradangan ataupun penarikan spasme dari pembuluh darah. Keluhan ini juga bisa terjadi karena distensi dari struktur di dalam kepala atau bagian leher yang peka terhadap nyeri.

Meski umum terjadi dan tampak sepele, sakit kepala bisa menjadi suatu pertanda penyakit yang serius. Apalagi jika gangguan ini sangat mengganggu dalam aktivitas penderita. Bahkan, rasa sakit kepala yang hebat bisa memicu timbulnya rasa mual hingga muntah.

Obat Herbal Sakit Kepala dan Mual

Rasa sakit pada kepala tentunya akan sangat mengganggu jika terjadi dalam waktu yang lama. Sakit kepala yang tiba-tiba juga termasuk gangguan yang perlu Anda atasi.

Jika sakit kepala tersebut tidak segera Anda tangani, maka nyeri atau rasa berdenyutnya akan semakin berlarut-larut.

Gangguan sakit kepala ini umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, terutama pada gejala sakit kepala yang ringan. Biasanya, cara menyembuhkannya yakni dengan tidur yang cukup saat sakit kepala mulai menyerang. Dengan tidur, rasa sakit tersebut perlahan akan mereda. Saat bangun tidur pun Anda menjadi lebih fresh dan sakit kepala menghilang.

Pada umumnya, untuk mengatasi sakit kepala biasanya dengan obat sakit kepala yang ada di apotek. Namun, obat tradisional yang berbahan herbal alami bisa menjadi pilihan meredakan rasa sakit yang menyerang.

Sakit kepala tergolong dalam jenis penyakit yang sering dan banyak orang mengalaminya. Kebanyakan orang pun lebih memilih menggunakan obat kimia untuk meredakan sakitnya. Padahal, mengonsumsi obat kimia terlalu sering tidaklah baik. Terutama jika Anda melakukannya sering dalam jangka waktu lama.

Untuk alternatifnya, ada beberapa jenis obat herbal untuk mengobati rasa sakit kepala yang bisa Anda manfaatkan. Nah, berikut ini ragam obat herbal sakit kepala dan mual yang terbukti cukup ampuh.

Buah Apel atau Cuka Sari Apel

Kandungan kalium tinggi yang terdapat buah apel maupun sari cuka sari apel mampu meredakan sakit kepala. Hal ini karena manfaat kandungannya yang dapat memulihkan keseimbangan asam basa yang ada dalam tubuh.

Melalui jurnal Pharmaceutical Sciences, manfaat cuka apel mampu mengurangi kadar gula darah penderita diabetes. Hal ini juga secara tak langsung juga dapat meringankan sakit kepalanya yang terkadang muncul.

Cara menggunakannya, Anda hanya hanya perlu konsumsi secara langsung ataupun dengan menghirup uapnya. Anda juga bisa melakukan kedua cara itu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Pada cara penyajiannya, Anda harus campurkan sedikit cuka sari apel dengan secangkir air ke dalam panci. Selanjutnya, rebus air campuran tersebut hingga mendidih lalu hirup uapnya.

Baca:  Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Atasi Sebelum Rusak

Selain itu, Anda juga bisa meracik herbal sakit kepala dan mual dengan cara lainnya. Caranya yaitu dengan menambahkan satu sendok teh cuka, madu, air dan jus lemon untuk Anda konsumsi. Cara lainnya, Anda bisa mengonsumsi buah apel dengan tambahan taburan garam secukupnya.

Jahe

Alternatif herbal lain untuk mengatasi sakit kepala dan mual lainnya yaitu jahe. Rimpang ini memang populer bagi masyarakat kita sebagai tanaman herbal berkhasiat. Ada banyak manfaat dari kandungan yang terdapat dalam jahe. Rimpang ini umumnya sering orang gunakan untuk meredakan sakit pada tenggorokan.

Selain untuk tenggorokan, manfaat jahe ternyata mampu mengurangi peradangan pembuluh darah yang terjadi di kepala.

Penelitian dari jurnal Pythoter Resource membuktikan bahwa efek dari jahe sama khasiatnya dengan obat sumatriptan. Obat sumatriptan ini memang mampu mengatasi sakit kepala migrain.

Tak hanya sakit tenggorokan dan kepala, jahe juga dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Mual dan muntah ini kerap kali muncul saat seseorang mengalami sakit kepala yang parah.

Cara membuat ramuan ini, Anda cukup merebus jahe dan meminum air rebusan tersebut. Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau bubuk jahe untuk Anda seduh airnya. Dengan mengonsumsi ramuan minuman jahe, kepala Anda terasa lebih ringan dan juga meredakan rasa mual.

Cengkeh

Obat herbal selanjutnya yang mampu meredakan sakit kepala dan mual adalah cengkeh. Cengkeh dapat kita manfaatkan untuk redakan sakit kepala yang berdenyut. Herbal ini memiliki sifat dingin dan berfungsi sebagai pereda nyeri yang efektif.

Adapun cara penggunaannya, Anda hanya perlu menjadikan cengkeh ini sebagai aromaterapi. Caranya yakni dengan menghancurkan beberapa siung cengkeh sampai lembut. Setelah itu, masukkan cengkeh tersebut pada kain atau sapu tangan. Anda bisa hirup aromanya saat sakit kepala mulai kambuh.

Kayu Manis

Obat herbal untuk sakit kepala dan mual juga bisa Anda peroleh dari kayu manis. Tanaman berkhasiat ini bisa menjadi obat dan sangat efektif jika Anda oleskan pada bagian dahi serta pelipis.

 Penggunaan herbal ini dapat Anda lakukan dengan cara menggiling batang kayu manis hingga seperti bubuk. Tambahkan hasil gilingan tersebut dengan sedikit air. Aduklah secara merata hingga berubah menjadi pasta kental. Setelah itu, Anda bisa oleskan pasta tersebut ke pelipis selama 30 menit.

Minyak Peppermint

Peppermint termasuk jenis tanaman dapat menjadi obat herbal yang berasal dari aromanya. Herbal ini merupakan salah satu minyak esensial yang orang gunakan untuk atasi sakit kepala yang tegang.

Minyak dari peppermint ini ternyata menghasilkan aroma yang dapat menenangkan. Penggunaan aroma minyak peppermint ini membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat penyebab sakit kepala.

Kandungan dari minyak peppermint ini terdapat mentol yang bersifat dingin. Efek mentol ini mampu membantu otot lebih rileks dan tidak tegang. Manfaat minyak ini juga dapat mengurangi rasa sakit pada kepala.

Dalam penggunaan minyak peppermint ini, Anda cukup menghirup aromanya dalam ruangan yang sejuk dan gelap. Pemakaian pada minyak ini juga bisa Anda oleskan pada leher dengan cara memijatnya secara perlahan.

Itulah beberapa jenis obat herbal untuk sakit kepala dan mual yang sangat berkhasiat dan ampuh. Untuk proses pengobatannya, ada berbagai cara yang dapat terapkan. Baik dengan mengonsumsi secara langsung, menjadi minyak oles, hingga aromaterapi. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin agar hasilnya efektif dan optimal.