BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Garniwa Ardiwisastra, Sosok yang Merubah Status SR Menjadi SD Sadananya

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
Aqsa Guest House
H. Dindin Hardi S.Pd.,M.Pd
PMB Unigal
pmb Unigal
PMB Unigal
Aqsa Guest House
H. Dindin Hardi S.Pd.,M.Pd

Garniwa Ardiwisastra adalah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sekitar tahun 1960, Garniwa Ardiwisastra merubah status Sekolah Rakyat (SR) di Sadananya menjadi Sekolah Dasar Sadananya.

Sekolah Rakyat (SR) Sadananya beralamat di Dusun Tonggoh, Desa Sadananya, Kecamatan Sadananya, kini menjadi lokasi SDN 1 dan 2 Sadananya.

Beliau juga memang waktu itu berstatus sebagai guru di sekolah rakyat tersebut,” ungkap sang Cucu, Mochamad Hidayat (67), Senin (09/10/2023). 

Mochamad Hidayat menceritakan bahwa pada waktu itu tahun 1960an, Kecamatan Sadananya masih berstatus Kemantren yakni wilayah administratif di atas desa di bawah kecamatan.

Menurut Mochamad Hidayat, sang kakek mempunyai delapan orang anak, salah satu putranya, Een Sutarman Ardiwisastra, merupakan seorang Penilik Sekolah Dasar.

Baca Juga :  Yayasan Amal Ikhlas Mandiri Tasikmalaya Launching Olahraga Pickleball

“Sepulang dari Tanah Suci Mekah, kakek diberi nama Haji Abdul Fatah, maka tak heran sebagian masyarakat memanggilnya dengan panggilan Haji Abdul Fattah,” ungkap Mochamad Hidayat.

Mochamad Hidayat menambahkan, H. Opang, mantan Sekda Bogor, juga merupakan salah satu putra dari sang kakek.

“Garniwa Ardiwisastra, Een Sutarman Ardiwisastra, dan Haji Opang sudah meninggalkan kita semua, hanya doa saja yang bisa kita panjatkan,” tutur Hidayat.

Lanjutkan Membaca
Back to top button