32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaReview Game Genshin Impact yang Lagi Populer

Review Game Genshin Impact yang Lagi Populer

Reportasee.com – Game Genshin Impact adalah game role-playing (RPG) ciptaan dari developer dan publisher game yang berasal Tiongkok miHoYo pada Juni 2019.

Perusahaan miHoYo akhirnya merilis game Genshin Impact secara resmi pada tanggal 28 September 2020. Game ini dapat Anda mainkan secara gratis pada platform PS4, PC, serta mobile (Android & iOS)

Kemunculan game ini mendapat respons positif dari para gamer Mereka beranggapan game ini sangat mirip dengan game Legend of Zelda: Breath of the Wild berdasarkan gaya visual dan gameplay.

Kemiripan ini pun menyulut kontroversi bagi penggemar setia dari game orisinal Nintendo Switch tersebut.

Dari isu tersebut, muncul pertanyaan menggelitik terkait game ini. Apakah game Ghensin Impact ini ke arah negatif karena menjadi imitasi dari Breath of the Wild? Ataukah mungkin game ini mampu menciptakan standar tinggi untuk RPG di platform mobile?

Menemukan Jati Diri

Kemiripan game ini dengan Breath of the Wild (BOTW) memang cukup terasa di bagian gaya visualnya, terutama bagian karakter monster, lanskap, serta environment-nya. Pada elemen yang ada di gameplay pun sama seperti sistem elemen, terbang dengan glider, memanjat tebing, bahkan pemanfaatan environment di sekitar dalam mengalahkan musuh.

Meski demikian, ada beberapa elemen yang membuat game ini memiliki ciri khas serta jati dirinya sendiri.

Perbedaan paling mencolok terletak pada pemilihan karakter. Jika di BOTW Anda hanya bisa menggunakan Zelda, di game Genshin Impact terdapat 23 karakter dengan gaya bermain yang berbeda-beda untuk Anda gunakan bertualang di dunia Treyvat.

Namun, 23 karakter tersebut tidak bisa Anda pilih langsung saat Anda pertama kali bermain. Perbedaan yang jelas antara game ini dengan  BOTW yaitu pada sistem tarungnya. 

Genshin Impact mendukung sistem party maksimal empat karakter. Saat sedang bertarung, Anda bisa mengganti karakternya secara bebas. Sistemnya pun hampir mirip seperti Final Fantasy VII Remake.

Penggunaan sistem party ini menjadikan Genshin Impact lebih variatif dari segi combat. Di sinilah beberapa aspek dari game BOTW akan terasa lebih maksimal.

RPG (Mobile) yang Sesungguhnya!

Genshin Impact menjadi gameplay yang begitu epik, imersif, serta sangat detail. Pada game ini, Anda akan merasakan permainan role-playing yang mungkin jarang Anda temukan.

Di dalamnya ada banyak unsur menarik yang bisa Anda nikmati, mulai dari mencari kartun, dungeon, puzzle, mengumpulkan sumber daya alam, memasak, sampai rahasia yang tersembunyi di map.

Dengan visualnya yang bergaya kha anime, tampilan grafis terasa sangat imut, cantik, dan sangat detail. Untuk semua karakter di dalam game ini memiliki pengisi suara sendiri. Saat Anda berbicara dengan karakter, mereka tidak akan cuma bergumam namun seolah berdialog nyata.

Hal menariknya lagi, game ini juga menyediakan 4 pilihan bahasa suara karakter, yaitu Inggris, Jepang, Korea, serta Mandarin.

Dengan sistem party, Anda bisa menukar karakter demi melancarkan combo untuk mengalahkan musuh secara cepat dengan menggunakan sistem elemen tersebut.

Baca:  Serum Untuk Remaja yang Bagus Apa Saja?

Kesederhanaan gameplay cukup terasa pada sistem leveling. Terdapat pilihan dalam menaikkan level keseluruhan pada Adventure Level. Selain itu, ada juga level khusus meningkatkan kemampuan setiap karakter.

Pada awalnya, sistem leveling  mungkin akan terasa kurang bersahabat. Namun, miHoYo menuntun gamers secara bertahap memahami semua yang terdapat di dalam game termasuk sistem leveling-nya.

Baca:  Ide Bisnis di Bidang Jasa dengan Prospek Tinggi

Karena bukan MMO, maka Anda tidak akan menemukan pemain lainnya saat ingin menjelajahi dunia Treyvat.

MiHoYo akan memberikan pilihan fitur co-op setelah level Adventure mencapai level 16. Tentunya fitur ini akan terasa menyenangkan jika Anda punya teman bermain untuk mabar.

Beberapa Kekurangan yang Tersembunyi dengan Rapi

Gameplay dari Genshin Impact pastinya tak sempurna lantaran game ini memiliki cerita yang sebenarnya menarik, tetapi cenderung tidak dihiraukan oleh pemain.

Ceritanya berkisah tentang seorang makhluk setengah dewa kehilangan kembarannya setelah melakukan pertarungan melawan dewa. Untuk karakter utama yakni “Traveler” ini pun bertualang mencari kembarannya yang hilang. Traveler juga memiliki misi untuk mencari kebenaran mengenai dewa primordial di dunia Trevyat.

miHoYo tetap berupaya agar kisahnya bisa dinikmati oleh pemain dengan menawarkan premis yang cukup menarik. Dialognya pun terdapat humor ringan, meskipun secara keseluruhan ceritanya memang minim movitasi.

Namun, dari kekurangan tersebut sebenarnya tersembunyi berkat dari gameplay sangat epik. Kalau Anda berfokus pada gameplay, maka kekurangan dari segi cerita dan kontrol tidak akan memengaruhi pengalaman dalam bermain.

Sistem Gacha Cukup Bersahabat

Sistem gacha sebenarnya lumrah untuk jenis game free-to-play seperti Genshin Impact. Konten yang ditawarkan dari gacha pun cukup menarik. Beberapa karakter serta senjata overpowered hanya bisa Anda dapatkan secara acak dari Wish.

Beruntungnya, miHoYo memberikan mekanisme satu tarikan guaranteedatau 4-star dan di atasnya pada tarikan x10. Hal itu berarti masih terdapat peluang untuk mendapat item yang bagus. Selain itu, Anda juga bisa kumpulkan Primogem melalui quest serta misi yang ada di map.

Genshin Impact ibaratnya seperti oasis di tengah gersangnya game RPG mobile yang berkualitas. Kehadirannya seakan ultimatum bagi pada developer lainnya bahwa sehingga menjadi standar game RPG berkualitas sesungguhnya. Apalagi, game ini bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa ribet.

Pengalaman bermain khas RPG bisa Anda dapatkan dari epiknya game ini, mulai dari petualangan yang penuh tantangan, keindahan dunianya yang fantastis , pertarungan seru, dan estetikanya yang memukai. Menariknya, Anda tidak perlu menjadi otaku untuk menikmati game yang satu ini!

Meski demikian, game ini memang kurang bersahabat untuk smartphone “kentang”.

Bagi Anda yang memiliki smartphone mumpuni untuk memainkannya, jangan tunda untuk temukan keseruan bertualang di dunia penuh keajaiban dari game Genshin Impact!

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer