BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Dongkrak Produktivitas Pertanian, Pemkab Ciamis Distribusikan Alsintan

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
pmb Unigal

Pemkab Ciamis melakukan langkah signifikan dalam meningkatkan sektor pertanian. Upaya ini terwujud melalui distribusi alat dan mesin pertanian (Alsintan), seperti traktor dan hand sprayer, kepada kelompok tani.

Dalam upaya untuk memperluas dan meningkatkan hasil pertanian di Ciamis, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, secara resmi menyerahkan bantuan ini pada hari Rabu (03/01/2024) di Aula DPKP Ciamis.

Bantuan Langsung dari Pemerintah

Kepala DPKP Ciamis, Slamet Budi Wibowo, menyatakan, pemerintah mendistribusikan alat dan mesin pertanian sebanyak 10 unit traktor roda dua dan 30 unit hand sprayer.

Baca Juga :  Yayasan Amal Ikhlas Mandiri Tasikmalaya Launching Olahraga Pickleball

Menurut Slamet, bantuan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal PSP.

Slamet menegaskan, penerima bantuan merupakan kelompok tani yang telah terdaftar secara resmi di simluhtan dan telah teregistrasi.

Dukungan untuk Musim Tanam

Menurut Slamet, pendistribusian ini sangat penting mengingat telah memasuki musim tanam.

Oleh karena itu, pembagian mesin traktor dan hand sprayer merupakan langkah tepat untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pertanian.

Slamet berharap, bantuan ini akan mempercepat proses olah tanam dan memungkinkan penanaman secara serempak, termasuk dalam proses panen.

Terima Kasih dari Pemerintah kepada Para Petani

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para petani di Tatar Galuh Ciamis.

Baca Juga :  1458 Mahasiswa Baru Ikuti BAMBA Mandiri Unigal

Menurut Herdiat, peran vital para petani dalam menjaga laju pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan, terutama selama masa pandemi.

Herdiat menekankan, Kabupaten Ciamis sangat bergantung pada kontribusi para petani, karena petani tidak terdampak secara signifikan oleh pandemi Covid-19.

Harapan untuk Meningkatkan Produksi Pertanian

Lebih lanjut, Herdiat berharap bahwa bantuan mesin traktor dan hand sprayer ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian secara keseluruhan.

Selain itu, bantuan ini bisa dimanfaatkan secara efektif oleh para petani, termasuk mengajak generasi muda untuk terlibat aktif dalam sektor pertanian.

Dengan dukungan sarana, prasarana, dan teknologi yang memadai, Herdiat berharap hasil pertanian dapat meningkat secara signifikan.

Lanjutkan Membaca
Back to top button