32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaDoa Minta Hujan Berhenti Seketika

Doa Minta Hujan Berhenti Seketika

Reportasee.com – Doa minta hujan tentunya penting jika kondisi hujan tidak kunjung berhenti. Hujan deras yang turun terus menerus selama beberapa bulan ini, berdampak banjir pada sebagian besar wilayah di Indonesia misalnya Jabodetabek khususnya Jakarta.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan deras akan turun terus menerus selama beberapa bulan ke depan.

Hujan yang turun dengan sangat derasnya juga pernah terjadi di zaman Nabi Muhammad SAW. Untuk menolong para umatnya Nabi pun mengucapkan doa minta hujan berhenti.

Hujan memang menjadi berkah bagi umat manusia. Apalagi ketika musim kemarau melanda dan terjadi selama berbulan-bulan lamanya. Kedatangan hujan ini tentu akan sangat banyak orang nantikan.

Namun bagaimana jika hujan yang turun tersebut jumlahnya berlebihan, hingga membuat banjir di mana-mana. Atau bagaimana jika hujan menghambat aktivitas dan kegiatan Anda sehari-hari.

Tentu Anda juga akan mengucapkan doa minta hujan seperti yang sering diucapkan oleh Rasulullah ketika hujan turun dengan derasnya.

Doa Minta Hujan Berhenti

Menurut riwayat Hadist dari Riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW memang selalu mengajarkan kita untuk membaca doa supaya hujan berhenti ketika sedang hujan deras. Berikut ini doa minta hujan berhenti menurut Riwayat Bukhari dan Muslim:

“Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal aakaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajarati.”

Arti dari doa tersebut adalah:

“Ya Allah berikan hujan di sekitar kami saat ini tetapi jangan hanya kepada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan di dataran yang tinggi, pada beberapa anak bukit, perut lembah dan juga beberapa tanah yang di mana pepohonan bertumbuh di sana.”

Walaupun begitu, Nabi Muhammad tetap menegaskan bahwa waktu hujan turun adalah waktu yang mustajab.

Menurut riwayat dari Imam Safii, di dalam kitab aL-Umm Sanad terdapat sabda dari Nabi Muhammad yaitu, “Carilah doa-doa yang mudah dikabulkan, yaitu saat-saat ketika dua pasukan bertemu, waktu ikamah dan yang terakhir pada saat hujan turun.”

Jadi, walaupun hujan deras sering kali mengganggu aktivitas manusia apalagi saat datangnya banjir, hujan tetap menjadi waktu terbaik untuk berdoa dan membawa keberkahan.

Doa Minta Hujan Turun

Air tak hanya menjadi berkah untuk manusia, tapi juga untuk hewan dan tumbuhan. Maka ketika kekeringan melanda, kita sebagai manusia wajib untuk berdoa.

Bukan hanya hujan yang turun dengan derasnya, tapi di zaman Rasulullah juga pernah terjadi kekeringan atau kemarau yang panjang.

Untuk, itu Nabi Muhammad SAW pun berdoa kepada Allah SWT untuk meminta hujan. Berikut ini doa yang bisa Anda panjatkan supaya hujan turun:

“Allahummasqina ghaitsan mughitsan mariam mari’a, nafi’an ghaira dlarrin, ‘ajilan ghaira ajilin.”

Artinya:

Ya Allah turunkanlah hujan yang lebat, merata, mengairi serta menyuburkan, memberi manfaat tanpa mencelakakan dan segera tanpa harus ditunda, kepada kami.

Baca:  Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Ternyata Banyak

Doa berikutnya yang bisa Anda ucapkan saat meminta hujan, adalah doa saat sedang berada dalam kesusahan.

Rasulullah sedang menghadapi masa-masa kemarau dan kekeringan, lalu meminta pertolongan dari Allah SWT untuk segera menurunkan hujan. Sebelum mulai membaca dia istiqa, Anda wajib mengucap doa kurab terlebih dahulu.

Baca:  Ini Kelebihan Headset Bluetooth Dan Kekurangannya

Hal tersebut juga terdapat di Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, yaitu:

“Lā ilāha illallāhul ‘azhīmul halīmu, lā ilāha illallāhu rabbul ‘arsyil ‘azhīmi, lā ilāha illallāhu rabus samāwāti wa rabbul ardhi wa rabbul ‘arsyil karīmi.”

Artinya yaitu:

Tak ada Tuhan selain Allah yang Santun lagi Agung. Tidak ada Tuhan selain Allah yaitu Tuhan Arasy yang Megah. Tak ada Tuhan juga selain Allah yaitu Tuhan langit, bumi serta Arasy yang begitu mulia.

Doa lainnya yang bisa dipanjatkan saat Anda ingin meminta turun hujan yang merata, di tengah musim kemarau dan sulitnya ekonomi. Adapun doanya yaitu:

“Allāhumma inna bil ‘ibādi wal bilādi wal bahā’imi wal khalqi minal balā’i wal juhdi wad dhanki mā lā nasykū illā ilaika.”

Artinya yaitu:

Ya Allah, banyak sekali hamba, hewan, negeri, hingga makhlukMu yang lainnya, yang mengalami bencana, kesempitan dan paceklik yang di mana kami tak akan bisa mengadu kepada siapapun selain kepada Engkau.

Doa Ketika Hujan dan Angin Kencang

Musim hujan adalah musim yang ditunggu-tunggu banyak orang. Karena melimpahnya air di kala hujan menjadi anugerah dan berkah bagi seluruh makhluk di bumi. Namun terkadang, hujan turun dengan derasnya dan suara petir yang dan angin kencang.

Hal lainnya yang menakutkan dari hujan besar dan petir adalah hujan beserta dengan angin kencang.

Banyak musibah yang terjadi jika hujan besar dengan angin kencang, misalnya pohon yang tumbang atau bahkan atap rumah-rumah. Saat itulah Anda harus membaca doa saat hujan dan angin kencang tersebut.

Doa pada saat terjadi hujan dengan angin yang kencang, telah diriwayatkan juga oleh Hadist Imam Muslim. Berikut ini doanya:

“Allaahumma inni as-aluka koirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih”.

Doa ini hampir sama dengan bacaan doa yang sebelumnya. Anda bisa melihat pada arti doa tersebut, yang menyebutkan bahwa Anda memohon kepada Allah SWT atas kebaikan pada angin kencang saat hujan tersebut.

Baik angin yang datang bersamaan dengan hujan kencang, ataupun angin yang biasa berhembus atau bertiap di sekitar kita.

Untuk itu, doa minta hujan atau doa saat hujan deras dan angin kencang, selalu mengandung makna yang baik di dalamnya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer