Daftar Browser dengan Bawaan VPN di Android

Reportasee.com – VPN atau Virtual Private Network merupkan layanan dengan sentuhan magis yang akan mengenkripsi aktivitas di Internet dan menyembunyikan lokasi penggunanya. Selain itu, VPN juga dapat membuka blokir beberapa situs yang diblokir berdasarkan geolokasi atau oleh provider jaringan terkait.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti dapat menyesuaikan fitur keamanan, solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengan jaringan yang khusus dan meningkatkan mobilitas organisasi dengan menghubungkan lansung jaringan rumah atau para pekerja.

Namun, terdapat beberapa kekurangan seperti faktor keamanan yang bisa saja bocor. Sehingga informasi sensitif perusahaan dapat di akses secara global. Sehingga, membutuhkan perhatian ekstra pada keamananya.

Kini beberapa browser sudah menyediakan VPN bawaan agar penggunaanya tidak secara terpisah. Berikut merupakan pembahasanya.

Opera Browser

Opera mempunyai bawaan VPN yang penggunaanya tanpa harus membuat atau memiliki akun terlebih dahulu. Untuk menggunakan VPN, kamu hanya tinggal menuju Settings lalu aktifkan VPN. Tidak ada batasan untuk bandwith maupun iklan yang akan menggangu.

Kamu juga dapat mengkustomisasi dalam menggunakan VPN dalam mode private dan normal, atau hanya ingin private saja. Faktanya dengan fitur VPN yang tertanam pada browser membuatnya semakin mudah dalam penggunaanya. Selain itu, VPN pada Opera juga hadir dengan beberapa opsi seperti pilihan lokasi virtual di Amerika, Asia dan Eropa.

Tenta Private VPN Browser

Tenta merupakan salah satu browser yang mengutamakan keamanan dan privasi. Browser ini mempunyai virtual private network bawaan yang tersedia secara gratis namun memiliki beberapa keterbatasan.

Tenta juga menawarkan versi berbayar pada VPN mereka yang dapat membuka semua server dan dapat digunakan di luar browser tersebut.

Beberapa server yang tersedia antara lain Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Korea, India dan masih banyak lagi. Pada versi gratisnya dapat membuka salah satu dari server itu. Namun, ada kabar baiknya yang tidak ada batasan dalam penggunaan bandwith. Selain itu, Tenta juga dapat di unduh secara cuma-cuma.  

Aloha Browser

Aloha merupakan salah satu browser yang terdapat virtual private network bawaan juga. Fitur utama pada Aloha adalah traffic yang tidak terbatas, log activity yang tidak disimpan, penyembunyian alamat IP untuk menghindari tracker dan pencegahan kebocoran DNS.

Browser satu ini menawarkan lebih dari 10 server virtual private network yang terletak di Amerika, Afrika dan Eropa. Namun, sama seperti pada Tenta pada versi gratisnya tidak dapat menentukan lokasi secara spesifik.

Untuk versi berbayarnya dapat digunakan di luar browser untuk mengakses beberapa aplikasi yang di blokir seperti Reddit.

Epic Privacy Browser

Hal yang berbeda pada browser satu ini adalah untuk menggunakan VPN harus mengunduhnya sebagai ekstensi tambahan. Tidak ada batasan bandwith dan kamu dapat memilih lokasi server yang tersedia seperti Inggris, Amerika, Prancis, Kanada, Singapura, Jerman, Belanda dan India.

Mempunyai sistem proxy yang hadir dengan kebijakan non-log atau tidak menyimpan data pengguna. Hal tersebut merupakan hal yang utama dalam fitur VPN. Untuk mengunduh virtual private network pada Epic Privacy Browser kamu bisa menuju Mobile Ekstension pada halaman utama browser.

Cake Web Browser

Browser Cake melakukan pendekatan privasi dan keamanan sama halnya dengan sebagian besar browser pada daftar ini. Beberapa di antaranya menyediakan fitur seperti do not track, proteksi password, layanan VPN unlimited dan tab private dengan batasan waktu.

Jika kamu ingin memanfaatkan semua fiturnya kamu harus berlangganan, meskipun tidak memberi batasan pada bandwith. Pada versi berbayarnya menawarkan beberapa kemampuan untuk memilih server dan menggunakanya di luar aplikasi Cake.

AVG Browser

AVG merupakan salah satu browser gratis dengan bawaan virtual private network yang mudah dalam penggunaanya. Sesuai dengan namanya, browser ini merupakan besutan dari perusahaan software keamanan yaitu AVG Technologies.

Layanan VPN pada browser ini lebih dari 30 server dan dapat digunakan di luar browser dengan menawarkan berbagai mode privasi ketika browsing. Namun, semua fitur tersebut tidak gratis dan untuk aksesnya hanya pada versi berbayar. Untuk menggunakanya, kamu dapat tap menu VPN Browsing dan semua aktifitasmu ketika berselancar dijamin aman.

Tor Browser

Sebenarnya Tor tidak memiliki virtual private network bawaan. Namun, Tor menawarkan fitur kunci yang umunya ada pada layanan VPN. Tor browser menggunakan pendekatan yang berbeda untuk meproteksi aktivitas penggunanya.

Tor akan merutekan lalu lintas browsing melalui jaringanya dengan menggunakan sistem enkripsi yang berlapis-lapis. Selain itu sama halnya ketika menggunakan virtual private network, browsing melalui Tor akan mencegah dari tracker dan akan memungkinkan kamu untuk dapat mengakses situs-situs yang diblokir baik oleh Internet Service Provider (ISP) atau lokasi kamu.

Itulah tadi bahasan-bahasan sekaligus rekomendasi aplikasi browser dengan bawaan VPN di Android. Semua browser tersebut bisa kamu unduh secara gratis namun di dalamnya tersedia versi berbayar yang opsional jika kamu ingin menikmati keseluruhan fiturnya.