Bahaya Penyakit Vertigo yang Kadang Disepelekan

Advertisement

Vertigo adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kepala pusing ketika melihat sekeliling. Rasanya Anda seperti sedang berputar-putar di suatu ruangan dan inilah disebut dengan vertigo. Jika pernah mengalaminya, Anda harus mengetahui bahaya penyakit vertigo yang kadang jarang diketahui karena penyakit ini tidak cukup familiar.

Menyebabkan Penyakit Meniere

Bahaya pertama yang bisa disebabkan oleh vertigo adalah si penderita bisa terkena penyakit lain bernama Meniere. Mungkin sebagian dari Anda masih awam dengan nama penyakit yang satu ini. Meriene adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan kelainan pada bagian indra pendengaran Anda.

Dalam hal ini, di telinga Anda terjadi penumpukan cairan karena vertigo tadi. Tekanan di indra pendengaran Anda juga akan mengalami perubahan dan biasanya bersamaan dengan dengingan pada telinga sehingga mengganggu penderita. Dengingan pada telinga ini juga istilahnya adalah tinnitus.

Bahaya yang satu ini jangan pernah Anda sepelekan. Oleh sebab itu jika Anda merasa mengalami gejala vertigo cepatlah untuk melakukan pengobatan agar tidak merusak organ lainnya seperti indra pendengaran.

Infeksi Indra Pendengaran

Selain terkena penyakit Meniere indra pendengaran Anda juga akan terkena infeksi. Infeksi ini penyebabnya karena adanya virus di dalam telinga sehingga menganggu sistem kerja indra pendengaran. Telinga Anda akan mengalami peradangan dan mengenai bagian saraf penting pada organ tersebut.

Advertisement

Karena adanya infeksi pada bagian indra pendengaran, hal tersebut juga akan menganggu keseimbangan tubuh Anda. Jadi, jika Anda sering merasa oleng atau pusing ketika sedang beraktivitas, ini bisa karena gangguan pada bagian telinga ini.

Terjadinya Gangguan Pada Batang Otak

Bahaya penyakit vertigo yang berikutnya adalah terjadinya gangguan pada batang otak. Batang otak ini berkaitan juga dengan menjaga keseimbangan tubuh, sehingga jika Anda mengalami vertigo sentral maka akan terasa sangat menganggu dalam menjalani aktivitas.

Oleh sebab itu, jika Anda datang untuk menjalani pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksaan pada bagian otak. Bagian otak yang biasanya akan menjalani pemeriksaan adalah batang dan serebrum karena langsung berkaitan dengan menjaga keseimbangan tubuh Anda.

Menyebabkan Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang menyebabkan si penderita tidak bisa lagi melakukan aktivitas karena seluruh organ tubuhnya sudah tidak bisa berfungsi. Oleh sebab itu, biasanya orang yang mengalami stroke hanya akan duduk di kursi roda atau berdiam diri di kamar saja.

Ternyata vertigo yang parah dan tidak menjalani pengobatan secara rutin bisa menyebabkan penyakit stroke ini. Jika Anda tidak segera melakukan pengobatan yang benar khawatir akan terkena stroke dengan tanda kesulitan bicara, penurunan kesadaran bahkan bisa menyebabkan kematian.

Advertisement

Cedera di Bagian Kepala

Bahaya penyakit vertigo yang lain adalah mengalami cedera pada bagian kepala. Cedera kepala bisa menjadi penyebab vertigo yang terjadi secara terus menerus dan tidak segera mendapatkan penanganan. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika sudah mulai mengalami gejala vertigo.

Tumor Pada Bagian Otak

Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan penyakit yang satu ini? Salah satu penyakit yang menyebabkan kematian ini ternyata bisa muncul karena vertigo. Jika vertigo tidak segera mendapat penanganan dengan benar maka bisa merambat ke penyakit lain salah satunya tumor otak.

Biasanya tumor ini tumbuh pada bagian otak yang dekat dengan sentral saraf akibatnya keseimbangan tubuh akan mengalami gangguan. Biasanya vertigo jenis sentral yang akan mengakibatkan tumor pada otak.

Terjadinya Herpes Zoster Oticus

Herpes Zoster Oticus adalah suatu penyakit infeksi pada bagian saraf di wajah. Ini tidak hanya menyerang telinga tetapi juga pada saraf wajah Anda. Jika di dunia medis penyakit ini istilahnya adalah Ramsay Hunt.

Otosclerosis

Bahaya penyakit vertigo yang berikutnya adalah terjadinya gangguan pada bagian tulang telinga tengah atau otosclerosis. Jika vertigo tidak mendapat penanganan dengan benar maka yang akan terjadi adalah ketulian pada si penderita.

Sering Mengalami Dehidrasi

Bahaya yang berikutnya adalah Anda akan menjadi lebih sering terkena dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu penyakit yang penyebabnya adalah kekurangan cairan di dalam tubuh. Akibatnya Anda menjadi sering merasa mual dan muntah-muntah.

Gangguan Pengelihatan

Ternyata vertigo yang tidak diatasi dengan benar akan menyebabkan gangguan pengelihatan. Hal ini karena gangguan pada otak sehingga Anda menjadi tidak fokus pada sekitarnya.

Sering Jatuh

Selain itu jika Anda merasa sering tiba-tiba jatuh dan merasa tidak seimbang, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh penyakit vertigo dalam tubuh. Vertigo yang menyerang otak sehingga keseimbangan Anda juga mengalami gangguan dan mengakibatkan sering jatuh tiba-tiba.

Penurunan Kualitas Hidup

Karena Anda menjadi sulit berkonsentrasi saat menjalani kehidupan sehari-hari otomatis akan mengalami penurunan kualitas hidup. Pekerjaan Anda akan terganggu karena penyakit vertigo yang menyerang secara tiba-tiba. Anda juga akan mengalami stress dan sulit mengontrol emosi.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker