32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaCara Mengobati Gusi Bengkak Berikut Sangat Efektif

Cara Mengobati Gusi Bengkak Berikut Sangat Efektif

Gusi bengkak adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan pada jaringan di bawah gigi. Pembengkakan bisa terjadi karena adanya nanah di bawah gusi. Cara mengobati gusi bengkak sebaiknya Anda ketahui agar bisa  segera mengatasinya saat hal ini terjadi.

Penyebab utama dari gusi bengkak adalah adanya infeksi  pada jaringan yang berada di bawah gigi. Gusi bengkak ini bisa menyebabkan timbulnya bau mulut, karena adanya nanah yang berada di dalam gusi. Oleh karena itu, gusi bengkak harus segera diobati dengan cara seperti di bawah ini.

Berkumur Dengan Menggunakan Air Garam Hangat

Garam adalah senyawa yang memiliki sifat anti bakteri. Garam juga memiliki sifat mengikat air. Ketika kita berkumur dengan menggunakan air garam hangat, maka partikel dan zat yang terkandung pada garam bisa mengikat bakteri dan virus yang menyebabkan gusi bengkak.

Seperti yang sudah dijelaskan, gusi bengkak terjadi akibat adanya infeksi pada jaringan di bawah gigi. Air garam bisa membunuh bakteri penyebab gusi bengkak, serta bisa untuk mengurangi  rasa nyeri yang timbul akibat infeksi pada gigi tersebut.

Berkumur dengan menggunakan air garam hangat, akan membuat bakteri atau virus yang menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Kompres Menggunakan Air Es

Cara mengobati gusi bengkak juga bisa Anda lakukan dengan mengompres bagian gusi yang bengkak dengan menggunakan air es. Rasa dingin dari air es bisa untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat pembengkakan pada gusi tersebut.

Mengapa air dingin bisa menjadi pilihan untuk mengobati gusi bengkak, karena air dingin akan mematikan jaringan, sehingga berkumur dengan menggunakan air es bisa menyebabkan matinya jaringan yang ada di area tersebut. Ini juga akan menghilangkan rasa nyeri pada gusi.

Apabila gusi bengkak ini juga ada rasa nyerinya, maka bisa Anda redakan dengan cara mengompresnya menggunakan air hangat. Rasa nyeri biasanya karena adanya infeksi pada gusi, dan rasa nyeri tersebut bisa berkurang dengan dikompres menggunakan air hangat.

Berkumur Menggunakan Air Lemon Hangat

Salah satu penyebab gusi bengkak karena gigi berlubang. Pada gigi berlubang biasanya akan sering terjadi infeksi yang menyebabkan munculnya nanah dan gusi bengkak. Membersihkan gigi yang kurang sempurna pada area gigi berlubang tersebut yang menjadi penyebabnya.

Gusi bengkak yang penyebabnya karena gigi berlubang ini bisa Anda redakan dengan cara berkumur dengan menggunakan campuran perasan lemon yang bercampur dengan air hangat. Air lemon bisa berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.

Selain itu, kandungan asam yang ada pada air lemon bisa mengatur keseimbangan pH dalam mulut, sehingga bisa mencegah bakteri tumbuh di dalam mulut. Kadar pH yang seimbang, juga bisa mencegah dari bau mulut tidak enak dan nafas tidak segar.

Baca:  Desain Kamar Tema Unicorn yang Cantik dan Lucu

Menggunakan Bawang Putih

Bukan hanya sebagai zat anti oksidan, bawang putih juga bisa Anda gunakan untuk mengobati gusi yang bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan menggunakan bawang putih adalah dengan menumbuk bawang putih dan garam dan menempelkan pada gusi yang bengkak tersebut.

Baca:  Gejala Penyakit Darah Rendah Ini Penting Diwaspadai

Bawang putih sendiri sudah diketahui memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti virus, dan juga antioksidan.  Sifat-sifat tersebut membuat bawang putih bisa Anda gunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit karena virus dan bakteri, termasuk gusi bengkak.

Bawang putih bisa menyembuhkan gusi bengkak karena kandungan zat antiseptik yang dimilikinya. Dengan menempelkan tumbukan bawang putih yang dicampur dengan garam pada gusi yang bengkak, akan membantu membunuh bakteri dan meredakan nyeri yang menyertainya.

Berkumur Dengan Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa menjadi obat untuk gusi bengkak. Kandungan senyawa eugenol pada minyak cengkeh dipercaya bisa mengobati rasa nyeri pada sakit gigi dan juga gusi bengkak. Minyak cengkeh juga memiliki zat anti bakteri, anti inflamasi, dan antioksidan.

Kandungan zat-zat tersebut akan mampu membunuh bakteri yang ada pada gusi yang bengkak. Selain itu, kandungan zat-zat tersebut juga bisa menghilangkan rasa nyeri yang terasa karena gusi bengkak, dan mencegah bakteri untuk tumbuh di tempat tersebut.

Cara menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada gusi yang bengkak. Selain itu, pengobatan juga bisa Anda lakukan dengan berkumur dengan menggunakan air hangat yang Anda tetesi dengan minyak cengkeh.

Menggunakan Obat Antibiotik

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan minum obat antibiotik. Obat antibiotik ini akan melemahkan dan membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Minum obat antibiotik bisa membantu meredakan gusi bengkak dengan segera.

Tetapi obat antibiotik memiliki efek samping bakteri akan menjadi kebal terhadap obat antibiotik tersebut. Hal ini akan membuat untuk selanjutnya, bakteri akan sulit Anda matikan, sehingga apabila mengalami sakit yang karena bakteri, akan sulit untuk disembuhkan.

Cara mengobati gusi bengkak bisa Anda lakukan dengan menggunakan berbagai cara yang cukup mudah. Tetapi yang lebih penting adalah menjaga kebersihan daerah mulut dengan benar, sehingga tidak sampai mengalami gusi bengkak.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer