adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi GERD yang Kambuh Tiba-Tiba

Cara Mengatasi GERD yang Kambuh Tiba-Tiba

ReportaseeDKI.com Cara mengatasi GERD kambuh penting kamu ketahui saat asam lambung naik secara tiba-tiba. Gejala GERD umumnya bisa kambuh karena ada faktor pemicu yang menyebabkan munculnya berbagai sensasi.

Sensasi dari asam lambung yang naik bisa berupa sesak napas, sering sendawa, dada panas, tenggorokan tidak nyaman, nyeri ulu hati dan lain-lain.

Adapun faktor pemicu asam lambung dari lambung akibat dari stres, pola makan yang salah dan pola hidup yang buruk.

Stres termasuk penyebab tertinggi yang membuat asam lambung kamu bisa naik. Penyebab timbulnya stres pun bermacam-macam, mulai dari stres karena pekerjaan, percintaan, kehidupan atau stres dari mental.

Seseorang yang tidak bisa mengontrol pola pikirnya dengan baik, maka saat stres datang ia tidak bisa menghadapinya.

Stres akibat mental seperti anxiety disorder juga menjadi penyebab dari munculnya GERD bisa kambuh. Jika kamu memang mengidap anxiety disorder dan GERD, kamu harus menyembuhkan anxiety kamu terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana caranya jika GERD kamu kambuh tiba-tiba?

Cara Mengatasi GERD Kambuh

Tetap Tenang dan Tidak Panik

Penderita GERD dan anxiety harus bisa rileks, tenang dan bahagia agar anxiety tidak muncul secara berlebihan.

Saat GERD kambuh, kamu tidak boleh panik dan takut menghadapinya. Jika kamu panik dan takut justru akan menambah asam lambung produksi lagi dan naik sehingga memunculkan gejala atau sensasi yang lebih meningkat.

Maka dari itu, upayakan kamu tetap tenang dan tidak panik ketika asam lambung naik. Tanamkan di dalam pikiran bahwa kamu akan baik-baik saja selama kamu bersikap tenang dan rileks.

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan mengonsumsi air putih yang banyak akan membantu menetralisir asam lambung kamu yang sudah kebanyakan. Kamu cukup minum air putih hangat, jangan yang dingin ataupun panas.

Konsumsi Obat Antasida

Obat ini mampu mengurangi gejala saat asam lambung yang mulai kambuh. Kamu bisa mendapatkan obat antasida di apotek. Obat antasida ini hanya boleh kamu konsumsi saat GERD kambuh atau salah makan yang menyebabkan gas asam lambung tinggi.

Atur Pernapasan

 Kamu harus atur pernapasan dengan baik saat GERD kamu sedang kambuh. Napaslah secara perlahan dengan cara ambil napas 2 detik lalu keluarkan 4-6 detik. Cara ini akan membuat kamu merasa lebih rileks dan tenang.

Selain itu, kamu juga bisa atur pernapasan menggunakan perut. Pernapasan ini membuat kondisi perut kamu kembang-kempis tetapi bidang dada tidak bergerak. Napas melalui perut akan menghindari kamu dari gejala sesak napas.

Posisi Tubuh Tegap

Dengan posisi tubuh yang tegap akan menurunkan asam lambung yang sudah terlanjur naik. Jika posisi kamu sering membungkuk, maka akan terdapat tekukan di bagian perut yang mengganggu otot lambung.

Jangan Rebahan Setelah Makan

Hal yang sering orang lakukan saat asam lambung naik karena kebiasaannya yang langsung rebahan setelah makan. Kebiasaan buruk tersebut justru yang membuat asam lambung menjadi naik.

Kamu bisa berbaring dengan waktu jeda 2-3 jam setelah makan untuk menghindari asam lambung kambuh.

Itulah beberapa cara mengatasi GERD kambuh yang bisa kamu coba saat mengalaminya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER