Mengungkap Misteri Palung Mariana, Palung terdalam di Bumi

Berita Viral

Mengungkap Misteri Palung Mariana, Palung terdalam di Bumi. Air atau paluh yang berada di daerah tanah berlekuk dalam terkenal dengan nama palung. Palung biasanya memiliki dua daerah yang  tekanan tinggi.

Palung Mariana,  palung terdalam di bumi yang hingga sekarang keberadaanya masih misteri. Bahkan kehidupan dalam palung tersebut belum bisa terungkap.

Mengungkap Misteri Palung Mariana

Palung Mariana Berbentuk Bulan Sabit

Penemuan Palung Mariana pertama kali tahun 1875 dengan menggunakan peralatan suara berupa HMS.

Penamaan Palung Mariana, karena letaknya berdekatan dengan Kepulauan Mariana.

Palung Mariana tepatnya berada di dasar laut yang lokasi terdalam ada di kerak bumi.  Pasifik barat timur Filipina dan sekitar 200 kilometer sebelah timur Kepulauan Mariana merupakan letak palung Mariana.

Pada perkembangan penelitian selanjutnya para peneliti berhasil mengungkap misteri bentuk Palung Mariana menyerupai bulan   sabit, yang  menjadi ciri khasnya Palung Mariana.

Palung Mariana Memiliki luas sepanjang 2.550 kilometer dan lebar 69 kilometer. Sedangkan kedalamannya mencapai kurang lebih 11 kilometer.

Hasil penelitian dari Live Science tahun 1960 yang menyebutkan bahwa Jacques Piccard dan Don Walsh pernah melakukan penyelaman pernah menyentuh 10.916, dengan kapal selam angkatan  kehidupan di Palung Mariana, titik terdalam di Bumi.

Bentuk Palung Mariana seperti bulan sabit itu dengan titik terdalam dengan julukan Challenger Deep. Bentuknya mirip lembah berdinding yang curam dan berada di sebelah barat daya

Kehidupan di Palung Mariana, Titik Terdalam Bumi.

Palung Mariana yang memiliki kedalaman  mencapai kurang lebih 11 kilometer kehidupannya penuh misteri.

Namun, akhirnya misteri ini mulai terungkap setelah  Vescovo dan para peneliti lainnya berhasil melakukan penelitian dengan menyelam ke daerah Palung Mariana selama beberapa kali

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa daerah Palung Mariana yang terdalam yang mendapat julukan Challenger Deep bersuhu sangat dingin yang tekanannya mencapai 16.000 pon per inci.

Bahkan kawasan ini mempunyai tekanan 1000 kali  dari tekanan permukaan laut. Dari penelitian Vescovo dan peneliti lainnya terungkap Kedalamannya begitu  ekstrem.

Sifatnya yang ekstrim membuat kawasan Palung  Mariana itu penuh kegelapan yang suhunya beberapa derajat titik beku.

Dihuni Ratusan Mikroorganisme

Kedalaman yang mencapai 11.000 kilometer banyak menemukan ratusan Mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut mulai dari  udang berukuran besar, jenis flatfish, krustasea raksasa hingga snailfish.

Setidaknya ada 200 Mikroorganisme laut dan makhluk hidup yang berukuran kecil hidup di daerah tersebut.

Ilmuwan temukan Mikroorganisme yang jumlahnya 200 di daerah lumpur Challenger Deep. Beberapa mikroba menggantungkan pada zat kimia, seperti metana atau belerang.

Rumah Bagi Ribuan Jenis Ikan

Ribuan jenis ikan bersemayam di kawasan Palung Mariana mulai dari ikan yang memiliki sirip, sayap bahkan dijumpai ikan mempunyai buntut

Ribuan jenis ikan tersebut sampai akhirnya mendapatkan julukan “Ghost Fish” atau Ikan hantu. Penamaan Ghost Fish, karena ikan-ikan itu tembus pandangan.

Alasan lain  ikan yang berbentuk mirip lele tersebut mendapat julukan ikan hantu. Sebab tubuh Ikan yang transparan.

Zat yang ada pada tubuh ikan-ikan bernama Trimethylamine oxide menjadi alasan ikan-ikan jenis ini bisa bertahan dari tekanan air di dasar laut. Zat Trimethylamine oxide itu yang dapat menjaga dinding sel ikan-ikan tidak hancur.

Selain bermacam jenis ikan dan hewan yang hidup di dalam Palung Mariana, tetapi juga terdapat aneka zat yang, meliputi : belerang, cair, Karbon dioksida hingga gunung lumpur.

Dihuni 7 Hewan yang Mengerikan

Dumbo Octopus

Dumbo Octopus atau  gurita dumbo merupakan jenis gurita yang memiliki persamaan dengan Walr Disney dari mulai telinga, mata hingga mulut.

Penamaan gurita dumbo, karena mempunyai telinga yang menyerupai gajah dumbo buatan Walt Disney

Gurita yang bernama Dumbo Octopus ini mempunyai ukuran telinga  30 centimeter yang biasanya hidup di kedalaman sekitar 3.962 meter dalam Palung Mariana.

Dumbo Octopus memiliki kemampuan yang luar biasa saat memangsa mangsanya. Walaupun ukurannya imut, tetapi  hanya dalam hitungan detik mampu melahapnya dengan singkat.

Benthocodon

Benthocodon merupakan jenis ubur-ubur yang juga salah satu hewan mengerikan hidup di dasar laut daerah Palung Mariana.

Biasanya jenis ubur-ubur tersebut hidup sekitar 762 meter dari permukaan laut atau terletak di dasar laut.

Ukurannya Benthocodon mini, kecil dan imut atau sekitar 2 diameter sampai 3 centimeter. Ada yang menarik dari jenis ubur-ubur Benthocodon itu, yaitu tubuhnya yang transparan sehingga organ-organ tubuhnya terlihat jelas.

Hiu Goblin

Salah satu jenis hewan  yang hidup kedalaman  di daerah Palung Mariana, yang memiliki karakteristik yang unik dengan gigi yang tajam mencuat keluar.

Kemudian, ciri khas lainnya mampu berenang dengan kecepatan tinggi. Dahi yang menonjol seperti tanduk juga menjadi ciri khas Hiu Goblin. Bahkan yang lebih mengerikan lagi tubuh Hiu Goblin bisa tumbuh memanjang sampai 5,5 meter.

Ikan Berkepala Transparan

Barreleye Fish yang  sering mendapat julukan ikan berkepala transparan. Selain itu, Barreleye Fish juga memancarkan cahaya. Cahaya yang ada di tubuhnya tersebut sebagai cahaya penerangan di dalam Palung Mariana yang gelap gulita.

Kelebihan lain dari Barreleye Fish mempunyai membran yang berlendir cukup tebal  menyelimuti kepalanya. Membran inilah sebagai pelindung dari serbuan  sengatan binatang ubur-ubur.

Telescope Octopus

Telescope Octopus salah satu binatang yang hidup di daerah Palung Mariana pada kedalaman 1.981 meter. Jenis gurita memiliki ciri khas berenang secara vertikal dari atas ke bawah.

Gurita teleskop ini memang unik dan mempunyai cara sendiri menyelamatkan diri dari serbuan dan serangan predator. Kulitnya yang transparan juga menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan diri dengan bersembunyi.

Friled Shark

Friled Shark atau hiu berjumbai yang memiliki insang jumlahnya 6 -7 pasang. Ciri khas Friled Shark menarik lainnya terletak pada gigi jumlahnya 20 yang tajam bergerigi. Hidup di kedalaman 1.219 yang tubuhnya bisa tumbuh memanjang hingga 1,8 meter.

Seadevip Anglerfish

Beberapa ikan yang hidup di daerah Palung Mariana salah satunya Seadevip Anglerfish. Gigi yang tajam dan panjang, kemudian menariknya memiliki lampu yang menggantung di kepala menjadi ciri khas Seadevip Anglerfish.

Lampu yang di kepala Seadevip Anglerfish salah satu cara menarik perhatian mangsa yang ada di sekitar. Ketika mangsa mendekat dengan  sigapnya melahap  cepat yang mulutnya yang besar.

Deep Sea Hetchfish

Deep Sea Hetchfish merupakan  jenis ikan yang memiliki 40 species dan terlihat kontras dengan bentuk tubuh yang kurus. Jenis ikan seperti itu hidup kedalaman 1.524 meter dari permukaan laut.

Keunggulan lain dari Deep Sea Hetchfish memiliki cahaya ditubuhnya. Cahaya tersebut sebagai alat penerangan sekaligus alat untuk menghindari serangan dari predator.

Bahkan jenis Deep Sea Hetchfish ini mempunyai kemampuan mengatur tingkat pencahayaan dalam tubuhnya agar tidak diserang predator.

Fanfin Sea Devil

Fanfin Sea Devil merupakan salah satu binatang yang hidup di dasar laut. Kelebihan menarik dari jenis hewan ini adalah ujung kepala yang bisa memancarkan cahaya akibat pengaruh dari bioluminiscent.

Tidak hanya mempunyai ujung kepala bercahaya, tetapi ukuran tubuh tubuh yang dapat bertambah panjang. Fanfin Sea Devil betina bisa tumbuh memanjang hingga 20 centimeter. Fanfin Sea Devil jantan ukuran tubuh panjang sampai 2,5 centimeter.

Ubur-ubur Genus Benthocodon

Ubur-ubur Genus Benthocodon merupakan jenis ubur-ubur dengan bentuk tubuh yang khas dan unik menyerupai lonceng. Populasinya sedikit hanya tersisa puluhan yang hidup di kedalaman 762 dari permukaan laut

Berita Terbaru