Obat Untuk Radang Sendi yang Aman dan Efektif

Radang sendi adalah salah satu penyakit yang sering dialami manusia. Penyakit ini berkaitan dengan adanya kelainan pada bagian tulang sehingga menyebabkan peradangan. Jika Anda mengalaminya cobalah menggunakan obat untuk radang sendi yang ada pada ulasan di bawah ini.

Nonsteroidal Anti Inflammatory Drug atau NSAID

Obat pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian adalah nonsteroidal anti inflammatory drug atau NSAID. Anda bisa mendapatkan obat yang satu ini di apotek terdekat tetapi harus berdasarkan resep dokter terlebih dahulu, jadi jangan asal menggunakannya.

Obat yang satu ini tersedia dalam beberapa bentuk seperti gel, krim, oles dan tablet langsung minum. Obat yang satu ini cukup ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri pada bagian persendian. Tentunya tidak hanya menghilangkan rasa nyeri saja tetapi juga peradangan persendian Anda.

NSAID ada beberapa jenis seperti adbil, naproxen atau aleve dan motrin ib dan lain sebagainya. Mengapa Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu? Alasannya karena obat yang satu ini tentu dapat memberikan beberapa efek samping pada tubuh ketika langsung Anda konsumsi.

Beberapa efek samping yang akan Anda rasakan adalah bisa mengiritasi lambung, meningkatkan resiko terkena penyakit stroke dan jantung. Akan tetapi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter maka Anda bisa tahu cara meminimalisir terjadinya efek samping obat tersebut.

Disease Modifyng Antirheumatic Drug (DMG)

Obat untuk radang sendi yang lainnya adalah disease modyfing antirheumatic drug atau biasa dalam singkatan dengan istilah DMG. Obat yang satu ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan peradangan pada bagian persendian.

Biasanya gangguan persendian yang bisa Anda atasi dengan obat ini adalah jenis rheumatoid arthritis. Penyakit yang satu ini menganggu persendian akibat serangan dari sistem kekebalan dalam tubuh. Oleh sebab itu, obat yang satu ini bekerja dengan mengentikan sistem imun agar tidak menyerang sendi Anda.

Jadi, ketika Anda mengonsumi obat ini maka sistem imun akan langsung berhenti menyerang bagian sendi yang mengalami peradangan. Ada beberapa jenis DMG di antaranya adalah Trexall, Rasuvo, Plaquenil dan lain sebagainya.

Counterirritant

Obat yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan peradangan pada bagian persendian. Obat ini hanya tersedia dalam dua jenis, pertama berupa salep dan kedua krim. Anda bisa langsung mengoleskannya pada bagian sendi yang terasa sakit.

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam obat ini adalah mentol. Itulah mengapa penderita akan merasakan sensasi hangat ketika menggunakannya. Cara kerja obat ini juga cukup cepat karena tranmisi sinyal nyeri dari persendian bisa langsung tergantikan dengan sensasi hangat di bagian kulit.

Kortikosteroid

Obat untuk radang sendi yang berikutnya bernama kortikosteorid. Obat yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada bagian persendian. Selain itu obat ini juga bekerja untuk menghalangi sistem imun tubuh menyerang sendi yang mengalami peradangan.

Obat ini memang juga memerlukan konsultasi dari dokter terlebih dahulu agar Anda tidak salah dalam menggunakannya. Adapun beberapa jenis obat yang satu ini di antaranya prednisone, iritensol, rayos dan kortison atau cortef.

Jahe

Obat berikutnya yang juga cukup ampuh dalam mengatasi peradangan sendi adalah jahe. Anda bisa menggunakan bahan herbal yang satu ini untuk obat nyeri sendi karena selain mudah Anda dapatkan juga harganya sangatlah terjangkau. Obat yang satu ini bisa menjadi alternatif dari NSAID.

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam jahet adalah inflammatory. Kandungan yang satu inilah sehingga menyebabkan peradangan pada bagian sendi menjadi menghilang. Cara mengonsumsinya adalah cukup campurkan dengan makanan seperti kue.

Jadi, Anda tinggal menaburkan bubuk jahe tersebut ke atas makanan sebelum Anda makan. Walaupun rasanya sedikit pahit tetapi ini dinilai ampuh untuk menghilangkan peradangan pada bagian persendian. Selain itu Anda juga bisa menaburkannya ke dalam salad buah atau sayur jadi lebih sehat.

Kayu Putih

Obat untuk radang sendi yang berikutnya adalah kayu putih. Anda mungkin masih bingung bagaimana cara menggunakan bahan herbal yang satu ini sebagai obat peradangan pada bagian sendi. Di dalamnya terdapat kandungan berupa tennis yang dapat menghilangkan rasa nyeri pada persendian Anda.

Cara mengonsumsinya adalah dengan menetestkan 15 kali pada minyak netral lainnya lalu oleskan pada bagian yang mengalami sakit. Anda bisa menjadikannya juga sebagai aromaterapi agar lebih tenang dan menyembuhkan. Obat yang satu ini selain murah juga mudah untuk Anda dapatkan di mana saja.

Lidah Buaya

Obat herbal terakhir adalah lidah buaya. Selain lidah buaya bisa digunakan untuk rambut juga bisa menghilangkan rasa sakit pada persendian. Kandungannya sama dengan obat jenis NSAID khusus untuk mengobati peradangan sendi. Lidah buaya juga tidak ada efek sampingnya jadi aman Anda gunakan.