22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaCara Mencegah Osteoarthritis Dalam Keseharian

Cara Mencegah Osteoarthritis Dalam Keseharian

Osteoarthritis merupakan suatu jenis peradangan sendi yang sering terjadi. Peradangan ini akibat karena adanya kerusakan pada tulang rawan sehingga sendi terasa kaku, sakit, dan bengkak. Kondisi ini dapat Anda kendalikan melalui berbagai cara mencegah osteoarthritis.

Kerusakan tulang rawan pada umumnya terjadi karena adanya penipisan yang salah satunya karena usia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menvegah terjadinya osteoarthritis demi kehidupan masa tua yang berkualitas. Berikut cara pencegahan osteoarthritis yang dapat Anda lakukan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Resiko osteoarthritis akan semakin meningkat terutama pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini terkait dengan tekanan pada sendi, di mana sendi harus menahan tekanan melebihi kemampuannya sehingga menimbulkan rasa sakit.

Untuk mencegah terjadinya osteoarthritis karena berat badan berlebih, Anda harus selalu menjaga berat badan Anda pada ukuran ideal. Jika berat badan Anda berlebih, maka Anda sebaiknya menurunkan berat badan agar tekanan pada sendi semakin berkurang sehingga dapat mengurangi sakit.

Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya membuat tubuh dan pikiran kembali segar, olahraga rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, salah satunya penyakit sendi.

Olahraga secara teratur mampu membuat otot-otot di sekitar persendian menjadi lebih kuat. Hal ini berefek pada kestabilan persendian sehingga Anda dapat lebih leluasa beraktivitas tanpa rasa sakit. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan, yoga, bersepeda, maupun berenang.

Menjaga Postur Tubuh

Osteoarthritis dapat terjadi karena kebiasaan buruk pada postur tubuh Anda, sehingga cara mencegah osteoarthritis dapat Anda lakukan dengan menjaga postur tubuh. Hal ini agar persendian Anda tidak mengalami tekanan berlebih.

Jagalah postur tubuh Anda baik pada saat duduk maupun berdiri. Usahakan agar tubuh Anda tetap berada di tengah sehingga tidak ada salah satu sendi yang mendapat tekanan lebih berat dari sendi yang lain. Postur ini akan mencegah kekakuan pada sendi sehingga terasa sakit.

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan tertentu dapat membantu mencegah terjadinya gejala osterarthritis. Terdapat berbagai jenis makanan yang dapat menjadi anti-inflamasi bagi tubuh Anda sehingga dengan mengonsumsinya mampu mengurangi gejala osteoarthritis.

Sebaliknya, ada juga makanan yang dapat memperkuat serta mempercepat terjadinya gejala osteoarthritis. Untuk menentukan pola makan yang baik dan seimbang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli agar memperoleh hasil yang Anda inginkan.

Meregangkan Otot

Apabila terlalu berat bagi Anda berolahraga secara rutin, maka dapat menggantinya dengan peregangan otot. Cara mencegah osteoarthritis yang satu ini untuk melemaskan otot-otot tubuh Anda sehingga terbebas dari kekakuan.

Seiring bertambahnya usia, otot tubuh menjadi mudah kaku terutama pada bagian persendian. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukanlah peregangan secara rutin. Anda dapat melakukan gerakan pemanasan yang berfokus pada gerakan sendi utuk melemaskan otot di sekitarnya.

Istirahat Cukup

Beraktivitas dan berolahraga memang sangat penting bagi kondisi persendian. Akan tetapi apabila secara berlebihan, tentu hasilnya juga tidak akan baik. Anda harus mengerti kondisi tubuh Anda sendiri, utamanya masalah kapan Anda harus beristirahat.

Ketahuilah batas ketahanan tubuh Anda sendiri. Jangan terlalu memforsir tubuh Anda untuk terus melakukan aktivitas. Berhentilah ketika bahkan sebelum persendian Anda mulai terasa sakit atau pegal. Beristirahatlah hingga persendian Anda telah pulih agar resiko osteoarthritis tidak berkembang.

Kontrol Gula Darah

Berdasarkan penelitian, resiko osteoarthritis dapat meningkat pada penderita diabetes. Hal ini karena kadar glukosa yang tinggi dapat membuat pembentukan molekul semakin cepat. Akibatnya, terjadi gejala osteoarthritis yaitu tulang rawan menjadi kaku dan sensitive.

Untuk mencegahnya, Anda harus senantiasa menjaga kadar gula darah agar selalu berada pada kondisi normal. Selain itu, Anda juga harus mengatur kadar glukosa. Keduanya dapat Anda capai dengan terus menjaga pola makan, aktivitas, dan istirahat Anda.

Oles Penghilang Rasa Sakit

Apabila Anda terlanjur merasakan sakit pada persendian, Anda dapat mengoleskan salep atau krim penghilang rasa sakit. Krim jenis ini dapat Anda temukan dengan mudah di apotek. Krim penghilang rasa sakit ini berfungsi untuk mengurangi gejala osteoarthritis yang Anda rasakan.

Namun demikian, krim ini akan memberi efek rasa panas atau dingin pada kulit. Efek tersebut akan timbul apabila memang terjadi masalah pada sendi. Oleh karena itu, oleskan krim ini hanya pada area sendi yang sakit atau pegal saja.

Terapi Panas Dingin

Terapi panas dingin memang tidak benar-benar dapat dikatakan sebagai cara mencegah osteoarthritis karena terapi ini hanya dilakukan ketika timbul gejala nyeri pada sendi. Akan tetapi, terapi ini dapat meringankan rasa sakitnya dan mencegahnya muncul kembali untuk beberapa waktu.

Pada terapi ini, rasa panas diharapkan mampu meringankan rasa kaku yang menyiksa pada sendi sehingga sendi dapat lebih lemas dan mudah digunakan untuk beraktivitas. Sedangkan rasa dinginnya dapat melemaskan otot-otot yang tegang di sekitar sendi,

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular