BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Transformasi Jalur Jahim Sukamantri, Kini Aksesnya Nyaman dan Lancar

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
Aqsa Guest House
H. Dindin Hardi S.Pd.,M.Pd
PMB Unigal
pmb Unigal
PMB Unigal
Aqsa Guest House
H. Dindin Hardi S.Pd.,M.Pd

Jalur Jahim Sukamantri yang sebelumnya mengalami kerusakan sepanjang 4 kilometer kini telah berubah, jalannya menjadi halus dan mulus.

Warga Desa Cibereum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini merasakan kebahagiaan yang tiada tara.

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, telah menyelesaikan proyek penting ini dengan menggunakan aspal hotmix berkualitas tinggi.

Jalur Jahim memiliki peran vital sebagai akses perbatasan antara Sukamantri, Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Majalengka.

Setiap hari, berbagai macam kendaraan melalui jalur yang menghubungkan kedua kabupaten tersebut.

Sebelum perbaikan, jarang sekali kendaraan yang melalui jalur ini, terutama di malam hari. Terlebih karena permukaan jalannya rusak parah dan lebarnya sangat terbatas.

Baca Juga :  PMI Ciamis Gandeng Perusahan Gapuraning Rahayu untuk Donor Darah

Kaur Perencanaan Desa Cibereum, Gilang Bayu Pradana, mengungkapkan, dulu, pada pukul 7 malam, hampir tak ada kendaraan yang melintasi Jalan Jahim ini.

Namun sekarang, setelah diaspal hotmix, pagi, siang, atau malam, kendaraan banyak melintas menuju Majalengka, Ciamis, atau Tasikmalaya.

Mewakili warga Desa Cibeureum, Gilang menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Bupati dan Wakil Bupati Ciamis beserta seluruh tim dari DPUPRP Ciamis.

Camat Sukamantri, Ma’mun, menyampaikan bahwa kondisi Jalur Jahim Sukamantri telah memprihatinkan selama beberapa tahun.

Ma`mun menuturkan, jalur jalan jahim ini merupakan jalur utama dan alternatif yang sangat ramai dilalui oleh kendaraan kecil maupun besar seperti truk dan bus pariwisata.

Baca Juga :  LLI Kabupaten Ciamis Minta Perbankan Berikan Layanan Ramah Lansia 

Dengan perbaikan ini, kata Ma`mun, tidak hanya jalur ini menjadi lebih mulus, tetapi juga menjadi lebih lebar, sekitar 5 meter. Para pengendara kini tidak lagi merasa cemas saat berpapasan dengan kendaraan lain.

Selain itu, jalur Jahim juga merupakan akses penting menuju beberapa destinasi wisata terkenal, termasuk Mini Rancah Sapi Pasundan, Situs Batu Panjang, dan kawasan Agropolitan.

Ma`mun berharap, semoga dengan jalur yang mulus ini, perekonomian warga Sukamantri semakin meningkat.

selain itu, daerah Sukamantri juga dapat unggul dengan hasil pertanian seperti cabai, bawang daun, dan produk lainnya.

Dia juga berharap bahwa ke depannya, selain akses jalan yang mulus, akan dilakukan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan penempatan rambu lalu lintas demi keselamatan seluruh pengguna jalan.

Lanjutkan Membaca
Back to top button