8 Fakta Menarik Piala Dunia 2022, Jadi Piala Dunia Termahal!

Advertisement

Pesta bola piala dunia 2022 sudah mendekati akhir. Partai final dipastikan jadi milik Argentina dan Prancis, setelah Messi cs mengalahkan Kroasia dengan skor 3-0 dan Prancis menghentikan langkah gemilang Maroko dengan skor 2-0.

Piala dunia yang dihelat di Qatar ini mencetak beberapa fakta menarik. Mulai dari kuda hitam Maroko yang berhasil mengalahkan Spanyol dan Belanda, hingga penyelamatan kiper Argentina yaitu Emi Martinez sebanyak dua kali, yaitu tendangan dari van Dijk dan Steven Berghuis.

Selain beberapa informasi di atas, ada banyak lagi informasi dan fakta-fakta menarik dari Piala Dunia 2022 bisa Anda temukan melalui Indotimes. Jangan lupa cek ke laman resmi Indotimes, ya! 

Daftar Grup Tim Piala Dunia 2022

Terdapat delapan grup yang berisikan masing-masing empat tim. Berikut ini daftar peserta Piala Dunia Qatar 2022:

  • Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, dan Belanda.
  • Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales.
  • Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko dan Polandia.
  • Grup D: Prancis, Australia, Denmark, dan Tunisia.
  • Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, dan Jepang.
  • Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia.
  • Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun.
  • Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

Selain berhasil menyajikan pertandingan yang menarik, Piala Dunia 2022 juga memiliki sederet fakta menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. 

Advertisement

Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar

Turnamen Sepak Bola Termahal

Pesta bola yang diadakan di Qatar ini menjadi turnamen sepak bola dengan biaya termahal. Piala Dunia 2022 ini menelan biaya lebih dari US$ 200 miliar, jumlah yang sangat fantastis jika dibandingkan dengan dua seri piala dunia sebelumnya.

Piala Dunia Rusia 2018, misalnya. Ajang tersebut membutuhkan dana sekitar US$ 200 11,6 miliar. Lalu Piala Dunia Brazil 2014 menelan biaya mencapai US$ 15 miliar.

Stadion Dilengkapi dengan Penyejuk Udara

Negara Qatar memiliki suhu yang cukup tinggi, sehingga bagi beberapa pemain dari negara lain atau pendukung dari negara lain akan merasa kepanasan dan tidak nyaman selama berada di Qatar. Untuk mengatasi masalah ini, negara Qatar memenuhi stadion mereka dengan penyejuk udara atau AC.

Langkah tersebut tentu berhasil membuat suasana di stadion setidaknya jadi lebih nyaman, baik untuk pemain ataupun untuk penonton.

Hanya Ada 8 Stadion

Sebagai tuan rumah, Qatar pun tidak tanggung-tanggung membangun fasilitas yang memadai untuk berjalannya Piala Dunia 2022. Selain fasilitas pendukung, Qatar juga membangun 7 stadion sepak bola baru.

Alasannya, hanya satu stadion di Qatar yang dianggap layak untuk pagelaran Piala Dunia 2022, itu pun perlu dibangun ulang agar dapat digunakan. Karena itu, pemerintah Qatar pun membangun 7 stadion baru di sekitar Doha agar dapat menggelar 64 pertandingan.

Digelar Saat Musim Dingin

Untuk mengantisipasi suhu Qatar yang tinggi, maka FIFA pun menggeser jadwal Piala Dunia 2022 ke musim dingin, agar cuaca di Qatar dapat lebih bersahabat untuk pemain ataupun para pendukung tim.

Otomatis Piala Dunia 2022 menjadi edisi piala dunia pertama yang digelar saat musim dingin.

Qatar Jadi Negara Asia Kedua Penyelenggara Piala Dunia

Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar merupakan seri piala dunia kedua yang digelar di negara yang terletak di benua Asia. Sebelumnya, ajang piala dunia pernah digelar di dua negara Asia sekaligus, yaitu Jepang dan Korea pada tahun 2002.

Piala Dunia Tanpa Alkohol

Keputusan ini sempat membuat heboh. Pasalnya, otoritas Qatar sempat mengizinkan supporter atau penonton piala mengonsumsi alkohol. Lalu tidak lama setelahnya, otoritas Qatar dan FIFA sepakat untuk melarang konsumsi alkohol secara umum.

Sebagai gantinya, suporter diperbolehkan mengonsumsi minuman alkohol di tempat khusus, yaitu FIFA Fan Festival yang berlokasi di Taman Al Bidda.

Jarak Stadion Berdekatan

Stadion di Qatar memiliki jarak yang berdekatan, imbas dari luas negara Qatar yang tidak begitu luas, hanya sekitar 11.500 km persegi.

Karena itu, delapan stadion yang menggelar pertandingan Piala Dunia 2022 berdekatan dan dapat ditempuh dengan mudah via jalur darat. Stadion-stadion tersebut berlokasi di Doha, Al Wakryah, Lusail, serta Al Rayyan.

Stadion Lusail Iconic

Partai final antara Argentina dan Prancis akan digelar di Lusail Iconic Stadium pada hari Minggu, 18 Desember 2022. Stadion ini merupakan stadion baru yang pembangunannya selesai pada bulan April 2021 lalu.

Stadion ini memiliki desain yang futuristik namun sarat akan budaya dari Qatar, serta dapat menampung hingga 80.000 penonton.

Itulah beberapa fakta-fakta unik mengenai ajang Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar. Baca berita Piala Dunia 2022 yang menarik dan terupdate lainnya di indotimes.

Show More
Advertisement