32 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021
BerandaBeritaTips Menjaga Kesehatan Mata dari Pengaruh Gadget

Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Pengaruh Gadget

Reportasee.com – Aktivitas di depan gadget tidak bisa dihindarkan dari bagian kehidupan sehari-hari. Baik melalui smartphone hingga pekerja yang menggunakan gadget keduanya beresiko mengalami penurunan kesehatan mata. Menanggapi hal tersebut tips menjaga kesehatan mata ini perlu Anda lakukan.

Seseorang yang melakukan aktivitas di depan gadget dengan frekuensi waktu yang relatif lama, perlu lebih banyak melakukan upaya mencegah penurunan kesehatan mata. Cara yang tepat untuk kegiatan pencegahan ini adalah dengan menjaga kesehatan mata dengan baik. Begini tipsnya.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Jarak Pandang Untuk Membaca Agar Otot Mata Tidak Tegang

Sering kali terlalu asik bermain gadget, seseorang hingga lupa mengatur jarak pandangnya sendiri. Ini merupakan hal yang perlu Anda hindari agar cahaya gadget tidak terlalu membuat lensa mata semakin tegang dalam berkontraksi.

Hampir sama dengan kegiatan membaca, menggunakan gadget juga perlu mengatur jarak pandang. Hal ini agar pengguna gadet tidak mengalami kontraksi berlebih pada otot bagian matanya. Jika hal tersebut terjadi, maka penyakit mata seperti rabun dekat dan rabun jauh sangat mudah menyerang.

Jarak pandang yang ideal untuk penggunaan gadget adalah sekitar 30cm. Anda cukup mengira-ngiranya dengan posisi duduk tegap saat menggunakan gadget dengan tangan yang rilekskan di depan pandangan.

Saat sudah terlalu lama menggunakan gadnet dan mata sudah jenuh, lakukan relaksasi sebentar. Mengalihkan pandangan ke sekitar dengan jarak fokus sekitar 20m dapat membuat mata lebih nyaman dan rileks.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Gadget Agar Nyaman

Selain menjaga jarak pandang, tips menjaga kesehatan mata dari aktivitas di depan gadget adalah mengatur tingkat kecerahan layar. Pencahayaan pada layar gadget sangat berpengaruh pada kenyamann mata penggunanya.

Biasanya, pada smartphone keluaran terbaru telah memiliki fitur penyesuaian cahaya layar secara otomatis. Ini telah sesuai dengan cahaya lingkungan sekitar agar mata dapat menangkap cahaya gadget lebih nyaman.

Pada gadget berjenis PC misalnya, perlu pengaturan pencahayaan secara manual. Pencahayaan sebaiknya Anda sesuaikan agar tidak terlalu redup maupun terlalu terang.

Menggunakan Screen Guard Anti-Radiasi Untuk Gadget

Mengantisipasi ketidaknyamanan menggunkan gadget dengan pencahayaan yang kurang seseuai, dapat Anda lakukan dengan memasang screen guard anti-radiasi pada layar.

Tips menjaga kesehatan mata ini tentu akan membantu menghalangi sinar radiasi yang memancar dari gadget yang mungkin dapat mengganggu.

Paparan sinar dari gadget yang terlalu lama akan membuat otot mata lebih tegang atau berkontraksi secara terus-menerus. Akibatnya, mata cepat lelah dan kesehatan mata mudah menurun.

Memasangkan screen guad jenis anti-radiasi pada gadget akan memberikan perlindungan mata dari radiasi cahaya layar gadget. Sinar biru dari gadget akan tertahan melalui screen guard ini sehingga cahayanya dapat lebih nyaman Anda rasakan.

Mengenakan Kacamata Anti-Radiasi Bila Perlu

Tidak hanya memasang screen guard pada gadget untuk mengantisipasi radiasi dari layar, menggunaan kacamata anti-radiasi juga bisa Anda lakukan. Kacamata anti-radiasi juga akan menghalangi sinar biru dari gadget untuk sampai ke mata.

Seseorang yang menghabiskan waktu kesehariannya dengan bekerja di depan gadget perlu melakukan perlindungan mata yang ekstra agar mata tetap sehat. Penggunaan kacamata anti-radiasi ini salah satunya, merupakan hal yang efektif untuk dilakukan.

Selain itu, kacamata ini sangat mudah Anda temukan. Banyak penyedia layanan optik menyediakan kacamata anti-radiasi. Tentu saja dengan harga yang relatif terjangkau, menggunakan kacamata anti-radasi lebih fleksibel untuk melindungi paparan cahaya gadget maupun cahaya matahari.

Menggunakan Gadget Seperlunya

Tips menjaga kesehatan mata lainnya dari paparan sinar gadget adalah dengan menggunakan gadget seperlunya saja. Seseorang tidak perlu terlalu bermain gadget terlalu lama apalagi jika tidak terlalu Anda butuhkan dalam menunjang pekerjaan.

Menggunakan gadget seperlunya akan membantu menghindarkan mata dari paparan cahaya radiasi. Hal ini lebih efektif untuk membantu penglihatan tetap sehat. Ini karena mata tidak terlalu berkontraksi dan bekerja keras saat sedang tidak menggunakan gadget.

Manage sendiri berapa lama waktu yang sesuai untuk bermain gadget. Terlalu lama bermain gadget akan menimbulkan masalah lain selain masalah kesehatan mata. Pekerjaan menjadi terbengkalai hingga sikap anti sosial dapat timbul ketika bermain gadget menjadi candu.

Mengonsumsi Sumber Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Mata

Menjaga pola hidup yang sehat dari aktvitas gadget perlu Anda imbangi dengan pola makan yang baik. Salah satu upaya pola makan yang baik untuk Anda lakukan dalam menjaga kesehatan mata adalah mengonsumsi sumber vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

Beberapa sumber informasi gizi menyebutkan banyak sumber makanan yang dapat memberikan nutrisi untuk keehatan mata. Salah satunya adalah vitamin A. Sumber makanan yang mengandung vitamin A seperti pepaya, wortel, dan apel dapat Anda konsumsi untuk mejaga kesehatan mata.

Sumber makanan lain yang tidak hanya mengandung vitamin A juga dapat dikonsumsi sebagai pemenuhan gizi harian. Penggunaan gadget berlebih juga perlu Anda imbangi dnegan asupan nutrisi yang banyak agar tubuh tetap sehat.

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Video Mahasiswa KKN UNJA Menghina Desa, Ini Fakta Sebenarnya!

Reportasee.com - Mahasiswa KKN asal Universitas Jambi (UNJA) beberapa waktu lalu sempat...

Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Terpapar Covid-19

Reportasee.com - Bens Leo yang terkenal sebagai pengamat musik sekaligus wartawan meninggal...

Mengetahui Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Reportasee.com - Lambang Pancasila menjadi salah satu informasi penting yang wajib generasi...

Film Rentang Kisah Menjadi Film Terfavorit Penghargaan IMA Awards 2021

Reportasee.com - Film Rentang Kisah merupakan salah satu tayangan populer yang rilis...

Virgil Abloh Direktur Artistik Louis Vuitton Meninggal Dunia Karena Kanker

Reportasee.com - Virgil Abloh meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 28 November...