32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaWindows 11 Akan Segera Hadir Dalam Waktu Dekat

Windows 11 Akan Segera Hadir Dalam Waktu Dekat

Reportasee.com – Windows 11 menjadi sistem operasi yang paling ditunggu oleh penggemar Windows. Hal tersebut karena sistem operasi besutan Microsoft ini akan meluncurkan beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Untuk para pengguna Windows dengan versi lama tidak perlu berkecil hati, karena Microsoft akan mengizinkan semua pengguna versi 7, 8.1, dan 10 untuk mengupgrade ke versi 11 dengan gratis.

Sebelum Windows 11 hadir, Microsoft juga pernah melakukan hal serupa pada awal peluncuran versi 10, supaya pengguna bisa segera beralih ke versi yang lebih baru.

Bagi pengembang dengan keberadaan Windows 11 ini merupakan suatu berita baik, terutama untuk menjangkau lebih banyak pengguna melalui layanan Microsoft Store.

Berharap Membawa Lebih Banyak Perubahan

Dengan hadirnya Windows 11, pihak Microsoft berharap bisa membawa lebih banyak perubahan besar pada etalase digital Microsoft.

Berdasarkan data dari Microsoft, saat ini lebih dari 1,3 miliar pengguna masih menjalankan sistem operasi versi 10. Menurut data dari Statista pada bulan Maret 2021 bahwa pada versi 7,8 dan 8.1 masih mempunyai pangsa pasar dengan gabungan sebesar 20,7%.

Meskipun dukungan untuk versi 7 sudah berakhir pada bulan Januari tahun lalu, tapi masih banyak perusahaan yang masih menggunakan OS tersebut.

Meskipun masih banyak yang menyebutnya dengan Windows 11, namun pihak dari Microsoft hanya memberi label dengan nama ‘Windows Generasi Selanjutnya’. Hal tersebut memang agak mengganjal, pasalnya Microsoft pernah mengungkapkan bahwa versi 10 merupakan nama terakhir dari sistem operasi mereka.

Fitur Terbaru yang Hadir

Dalam bocoran yang sudah beredar di Internet, terlihat beberapa tampilan dan berbagai hal baru yang hadir pada sistem operasi tersebut. Apa saja?

  • Posisi icon taskbar muncul di tengah, yang membuat tampilanya mirip dengan macOS. Namun, posisinya bisa dikembalikan pada bagian kiri layar.
  • Tidak ada live title untuk aplikasi yang ada di menu Start.
  • Mempunyai logo baru, yaitu empat buah persegi yang mempunyai ukuran yang sama, bukan trapesium (bentuknya persegi namun dengan perspektif yang miring). Mirip dengan logo pada tampilan versi 8 pada tahun 2012.
  • Semua logo terlihat sudah di desain ulang dengan gradasi warna yang lebih banyak dan memiliki tampilan agak 3D.
  • Windows akan menghadirkan tampilan dengan lebih banyak sudut yang membulat.
  • Ada beberpa opsi untuk tombol maximize. Yaitu grid of four, grid of three dan side by side.
  • Banyak Wallpaper baru.
  • Kembalinya lagu yang mucul ketika PC baru hidup dan masuk ke Windows.
Baca:  Penyebab Kantung Mata Hitam yang Membuat Tidak PD

Selain fitur-fitur tersebut, kabarnya Microsoft juga akan memperbarui Store. Hal ini akan memungkinkan developer untuk bisa memasukkan aplikasi Windows apapun. Namun, hal ini belum muncul pada bocoran yang hadir ke publik. Rencananya, Microsoft juga sudah membagikan undangan untuk event khusus pada tanggal 24 juni mendatang untuk memperkenalkan generasi selanjutnya.

Baca:  Melacak Lokasi Nomor HP, Gunakan Website Ini Secara Gratis

Pertama Kali Beredar Pada Forum Baidu

Wajah baru versi 11 ini pertama kali beredar melalui dua screenshot yang hadir pada forum Baidu. Tak lama kemudian, jurnalis The Verge Tom Warren berhasil menemukan lebih banyak informasi mengenai Windows 11.

Berdasarkan screenshot dan video yang ditemukan oleh Warren, tampilan menu Start Windows 11 dan antar mukanya terlihat mirip seperti pada versi 10X. Microsoft memang sempat mengembangkan sistem operasi tersebut untuk perangkat dua layar, namun hal itu batal dan fokus untuk pengembangan versi 11.

Salah satu perubahan terbesarnya yaitu pada susunan taskbar-nya di mana tombol Start dan beberapa ikon berpindah ke bagian tengah. Meskipun, bisa berpindah ke sebelah kiri layar.

Pada menu Start juga mendapat perombakan dan menjadi lebih sederhana. Pengguna juga dapat melihat pinned apps, file yang baru saja dibuka dan memungkinkan untuk mengontrol dan mematikan perangkat.

Di taskbar juga ada ikon baru sebagai widgets. Sebelumnya juga sudah beredah rumor, bahwa Microsoft akan menghadirkan kembali widgets ke sistem operasi tersebut dan beberapa di antaranya sudah hadir.

Mereka juga akan meningkatkan pengalaman Xbox pada versi 11. Aplikasi tersebut baru sekarang terintegrasi dengan versi 11, mereka menawarkan akses cepat ke game Xbox Game Pass, bagian sosial jaringan Xbox, dan toko Xbox.

Setelah bocor pada minggu lalu, Microsoft juga tengah melaporkan permintaan ke Google untuk menghapus tautan yang berisi unduhan untuk versi 11. Permintaan tersebut mempunyai subjek keluhan untuk penghapusan Digital Millennium Copyright Act (DMCA) yang menandakan perusahaan ingin menghapuskan tautan yang berisi unduhan versi 11.

Dalam keluhan tersebut, tertulis mereka ingin menghapus build 21996.1. Link unduhan tersebut terungkap beredar pada situs teknologi India yaitu Beebom.com.

Tak hanya itu saja, akun google drive yang menghosting link download juga menjadi sasaran mereka. Selain itu masih ada beberapa situs lagi yang mereka matikan link unduhanya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer