Tips Menabung Walau Gaji Kecil, Untuk Masa Depan

Reportasee.com – Tips menabung walau gaji kecil siapa saja dapat melaksanakannya. Hal ini sangat penting mengingat dalam kehidupan memerlukan perencanaan dengan matang.

Meskipun gaji Anda tergolong kecil, bukan tidak mungkin untuk menyisihkan sebagian penghasilan tersebut. Selama memiliki niat dan tekad kuat juga strategi matang tentu dengan mudah dapat melakukannya.

Pada dasarnya bukanlah jumlah uang yang menjadi patokan untuk menabung. Anda hanya perlu pintar-pintar dalam mengelola pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan.

Sebab itu anda tidak perlu khawatir akan jumlah gaji. Berapapun nominalnya bisa dengan pasti menyisihkan meskipun kecil.

Berdasarkan ungkapan sedikit demi sedikit lama kelamaan menjadi bukit memang benar adanya. Jika Anda tertarik mengetahui tips menabung walau gaji kecil sudah berada di halaman tepat.

Anda cukup membaca dan mempraktekkannya secara langsung cara di bawah ini dan kemudian akan mendapatkan hasil maksimal kelak.

Beberapa Tips Menabung Walau Gaji Kecil

Sedari dahulu pasti anda sudah sering belajar menyisihkan uang jajan dengan mengikuti program tabungan di sekolah. Nah sekarang saat sudah memiliki penghasilan sendiri tentu saja masih bisa melakukannya.

Walaupun pendapatan anda di bawah 2 juta perbulan sekalipun bisa-bisa saja untuk menabung. Cara pastinya adalah melakukan penghematan sedini mungkin dan tidak mengeluarkan banyak uang jika untuk keperluan yang tidak begitu mendesak.

Selain itu anda bisa mengikuti beberapa tips menabung walau gaji kecil ini jika merasa masih belum maksimal melakukannya.

Membuka Beberapa Jenis Tabungan

Untuk tips menabung walau gaji kecil pertama anda bisa memulainya dengan membuat lebih dari satu rekening tabungan di bank. Tidak perlu banyak-banyak, misalnya saja dua buah.

Satu untuk kebutuhan sehari-hari dan satunya lagi untuk tabungan yang tidak boleh anda ambil kecuali ada keperluan sangat mendesak.

Alangkah baiknya untuk mencari bank yang tidak akan memotong biaya administrasi ataupun bunga di setiap bulannya. Jenisnya pun cukup banyak ada syariah ataupun BUMN milik pemerintah.

Kemudian janganlah ikut pembuatan kartu debit. Hal ini untuk mencegah anda yang akan sering melakukan penarikan sebab mesin ATM kini tersedia sangat banyak.

Tidak memiliki kartu debit juga mencegah Anda berbelanja hal yang tidak perlu saat berada di luar. Sebab seperti yang kita tahu saat ini sangat mudah bertransaksi melalui kartu debit. Untuk itulah lebih baik mencegah hal tersebut dengan tidak membuat kartu debit.

Selain kartu debit, untuk mengikuti tips menabung walau gaji kecil satu ini terdapat trik lainnya. Yaitu jangan pernah membuat fasilitas perbankan di ponsel atau mobile banking, sms banking ataupun internet banking.

Tentu saja memang layanan perbankan di ponsel akan memudahkan pengguna dalam bertransaksi di manapun dan kapanpun. Akan tetapi hal ini mendorong sifat boros anda keluar dan malah cenderung lebih sering berbelanja online.

Jadi dengan tidak adanya kartu atau layanan ini, Anda akan kesulitan menarik uang dan nominal tabungan akan tetap terjaga.

Menabung Berdasarkan Target Pribadi

Tak hanya memiliki beberapa rekening, tips menabung walau gaji kecil lainnya adalah dengan membuat kisaran target pribadi sendiri. Meskipun pendapatan tidak besar, anda bisa menyisihkan sekitar beberapa persen untuk masuk ke tabungan.

Anda tidak harus menyisihkan sebagian jika merasa cukup berat apalagi dengan kebutuhan hidup banyak. Bisa dengan kisaran 30% – 50% sesuai nominal kebutuhan yang harus anda penuhi.

Meskipun kecil, namun jika anda lakukan secara rutin maka hasilnya nanti akan terasa banyak. Misalnya saja jika gaji anda sebesar Rp. 1.500.000 lalu sisihkan 30% untuk menabung.

Berarti sebanyak Rp. 450.000 bisa anda siapkan terlebih dahulu di awal bulan. Jika satu bulan rutin dalam jumlah tersebut, maka dalam satu tahun anda mempunyai uang sebanyak Rp. 5.400.000

Kemudian kalkulasikan menjadi dua tahun, tiga tahun dan seterusnya. Jika anda memiliki beberapa bonus seperti tunjangan, atau lainnya di luar gaji bisa ikut masuk ke dalam nominal tabungan. Deng begitu, hasil yang akan anda dapatkan beberapa waktu kemudian bisa lebih besar lagi.

Tetapi penting untuk mendahulukan kepentingan pribadi seperti tagihan listrik, air, atau lainnya sebelum menerapkan salah satu tips menabung walau gaji kecil ini. Sebab jika belum anda hitung tentang kebutuhan namun menetapkan target terlalu besar nanti yang ada malah timbul hutang.

Tentu saja anda tidak boleh sama sekali mengambil pinjaman dalam bentuk apapun. Selain menambah beban pengeluaran, anda juga akan pusing akan biaya admin dan bunga di setiap bulannya.

Ikut Asuransi Dengan Biaya Terjangkau

Cara lainnya yang menjadi tips menabung walau gaji kecil adalah ikut sertakan diri anda dalam program asuransi. Program ini banyak jenisnya seperti pendidikan, kesehatan, tunjangan hari tua, kematian dan sebagainya.

Asuransi tersebut akan memudahkan anda untuk menyisihkan uang daripada menabung langsung. Sebab anda akan mendapatkan tagihan setiap bulannya dan membuat mau tidak mau untuk membayar tepat waktu.

Dengan kata lain Anda sudah menabung walau dengan cara sedikit berbeda. Namun harap pastikan dahulu lembaga asuransi tersebut sudah terjamin dan memiliki banyak pengguna.

Lantaran tak sedikit kasus asuransi palsu yang membawa kabur uang nasabah. Hal ini membuat mereka tidak bisa menarik hasil setoran tiap bulan dan tabungan tersebut malah raib.

Karena itulah pentingnya untuk memilih terlebih dahulu layanan asuransi sebelum memutuskan untuk menabung di dalamnya.

Keunggulan lainnya dari tips menabung walau gaji kecil dengan asuransi kesehatan misalnya bisa membantu permasalahan mendadak. Sebab kesehatan seseorang tidak bisa kita prediksi.

Dengan memiliki tabungan di sana, maka saat anda jatuh sakit tidak perlu mengkhawatirkan lagi permasalahan biaya. Cukup mengklaim asuransi dan anda bisa menjalani pengobatan dengan aman.

Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Tidak ikut dalam pembuatan kartu kredit juga menjadi salah satu tips menabung walau gaji kecil. Memang kartu kredit ini akan menawarkan anda berbelanja di mana saja walaupun tak memiliki uang sekalipun.

Akan tetapi saat anda menggeseknya, nantinya terdapat tagihan perbulan dari pihak bank. Belum lagi pasti mereka menentukan bunga berdasarkan waktu tertentu. Jika tak segera lunas, maka bunga tersebut akan semakin membengkak dan malah menjadi pengeluaran tidak penting lainnya.

Memang terkadang tawaran dari sales kartu kredit ini sangat menggiurkan. Akan banyak promosi potongan harga saat berbelanja menggunakan kartu kredit ini.

Namun menggunakan kartu kredit bukanlah suatu bentuk penghematan efektif. Lantaran masih banyak program promosi yang bisa anda dapatkan walaupun tidak memakai kartu kredit sekalipun.

Pastinya tips menabung walau gaji kecil dengan tidak membuat kartu kredit cukup mudah untuk anda lakukan. Belanja lah seperlunya dengan uang cash agar lebih meminimalisir pengeluaran.

Beberapa tips menabung walau gaji kecil tersebut bisa anda lakukan sesegera mungkin. Jangan pernah menunda untuk memiliki tabungan agar hasil dapat lebih besar lagi.

Ikuti update informasi seputar berita terbaru dari Reportasee.com di Google News!