32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaMakanan Tinggi Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh

Makanan Tinggi Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh

Makanan tinggi karbohidrat memiliki peranan baik untuk tubuh manusia. Contoh peranan penting makanan berkarbohidrat yaitu sebagai sumber energi utama. Lalu, apa sajakah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi? Simak ulasannya berikut ini.

Kentang

Masyarakat Indonesia biasanya mengkonsumsi kentang sebagai lauk pauk. Namun, Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti nasi karena kentang mengandung karbohidrat tinggi. Oleh karena itu, kentang cocok sekali untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

Kentang juga memiliki kandungan pati resisten yang bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan vitamin C dan kalium. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kekurangan vitamin dan mineral selama diet.

Cara memasak kentang yang baik untuk program diet yaitu dengan direbus dan dikukus. Jangan menggoreng kentang untuk program diet karena akan menambah kandungan lemak pada tubuh.

Beras merah

Seperti kentang, beras merah juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidrat pada beras merah bahkan lebih tinggi dari beras putih.

Tak heran jika banyak program diet yang menyarankan untuk mengganti nasi putih dengan beras merah. Selain membantu dalam menurunkan berat badan, nasi merah juga bermanfaat untuk mengontrol gula merah, sehingga cocok untuk para penderita diabetes.

Roti gandum

Contoh makanan tinggi karbohidrat selanjutnya yaitu roti gandum. Dalam 100 gram roti, roti gamdung mengandung serat atau karbohidrat sebanyak 7 gram, sedangkan roti putih hanya 2,7 gram saja.

Pisang

Siapa sangka, ternyata pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.  Dalam satu pisang dengan ukuran sedang saja terdapat 26,95 gram karbohidrat.

Selain berkarbohidrat tinggi, pisang juga mengandung vitamin dan mineral, seperti kalium, potasium, vitamin C, dan vitamin A. Kandungan potasium pada pisang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Apel

Selain pisang, buah-buahan yang juga mengandung karbohidrat tinggi yaitu Apel. Dalam satu buah apel ukuran sedang, terdapat 25.13 gram karbohidrat. Apel juga mengandung vitamin A, vitamin C, serta kalium.

Buah ini juga cocok sekali untuk dijadikan makanan diet. Apel juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kematian akibat kanker.

Ubi jalar

Ubi jalar sudah dikenal sejak dulu sebagai pengganti nasi. Hal ini karena ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi serta bisa Anda olah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Dalam satu ubi jalar ukuran sedang, terdapat 23,61 gram karbohidrat.

Selain tinggi karbohidrat, ubi jalar juga mengandung vitamin dan mineral, seperti potasium, vitamin A, dan vitamin C. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa karbohidrat dalam ubi jalar bermanfaat sebagai antioksidan dan antitumor.

Baca:  Laptop Gaming 10 Jutaan Dengan Spek Tingkat Dewa

Quinoa

Masyarakat Indonesia mungkin jarang mendengar makanan yang satu ini. Quinoa adalah makanan yang memiliki serat dan karbohidrat yang tinggi, sehingga cocok untuk Anda jadikan makanan pengganti nasi.

Baca:  Resiko Investasi Reksadana yang Wajib Diketahui

Selain memiliki serat dan karbohidrat yang tinggi, quinoa juga mengandung protein yang lebih tinggi daripada jenis biji-bijian lainnya.

Oatmeal

Makanan tinggi karbohidrat selanjutnya yaitu Oatmeal. Oatmeal juga memiliki serat tinggi sehingga membuat Anda bisa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengontrol gula darah.

Makanan sehat satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan pengganti nasi saat diet, karena bisa mengenyangkan dan menyehatkan. Namun, Anda perlu hati-hati ketika menambahkan makanan lain ke dalam oatmeal.

Jangan menambahkan makanan yang mengandung banyak gula dan kalori daripada oatmeal itu sendiri.

Bit

Buah bit adalah sayuran berakar ungu yang bisa Anda makan, baik mentah maupun masak. Buah bit juga salah satu jenis makanan dengan karbohidrat tinggi. Dalam satu cangkir buah bit, terdapat sebanyak 13 gram karbohidrat.

Selain mengandung karbohidrat tinggi, buat bit juga kaya akan kandungan kalium, folat, kalsium, dan vitamin. Dalam buah ini juga ada kandungan nitrat anorganik alami yang baik untuk kesehatan jantung.

Jagung

Jagung juga salah satu makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Dalam setiap 100 gram jagung, terdapat 25 gram karbohidrat. Selain itu, dalam 100 gram jagung juga mengandung protein sebanyak 3,36 gram.

Jagung juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, jagung cocok sekali Anda gunakan sebagai pengganti nasi karena menyehatkan dan mengenyangkan.

Jagung juga sangat mudah Anda temukan di manapun dan kapanpun di Indonesia. Cara termudah dan sehat untuk memasak jagung yaitu dengan cara merebusnya.

Kacang merah

Kacang merah adalah sumber makanan tinggi karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangan. Dalam 100 gram kacang merah 22 gram karbohidrat. Kandungan lemak dalam kacang merah juga rendah, yakni hanya 0,5 gram saja untuk 100 gram kacang merah.

Selain tinggi karbohidrat, kacang merah juga mengandung banyak protein dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Contoh mineral yang terkandung dalam kacang merah yaitu kalium dan zat besi.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer