32 C
Indonesia
Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaBeritaPenyebab Mual Terus Menerus dan Sulit Berhenti

Penyebab Mual Terus Menerus dan Sulit Berhenti

Rasa mual memang sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi bila rasa mual itu terjadi secara terus menerus, maka akan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk menghilangkan keadaan ini, tentunya harus diketahui penyebab mual terus menerus yang terjadi.

Rasa mual adalah keadaan dimana ada perasaan ingin muntah, akan tetapi tidak terjadi. Biasanya rasa mual ini juga diikuti oleh rasa pusing, keluar keringat dingin, dan juga badan gemetar. Penyebab dari rasa mual yang terus menerus ini ada bermacam-macam, diantaranya seperti di bawah ini.

Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung ini sebenarnya terjadi ketika kadar asam di dalam lambung naik tinggi. Keadaan ini terjadi ketika otot antara perut dan bagian kerongkongan bertemu, yang menyebabkan isi perut atau asam lambung naik ke kerongkongan.

Banyak hal yang menyebabkan kadar asam dalam lambung meningkat. Di antaranya adalah karena faktor makanan. Seperti mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam. Makanan jenis ini bisa meningkatkan kadar asam di dalam lambung.

Saat asam dalam lambung meningkat, maka yang terjadi adalah adanya tekanan atau dorongan ke kerongkongan yang menyebabkan rasa mual. Apabila keadaan ini Anda biarkan, maka yang terjadi adalah timbulnya rasa mual yang berlangsung secara terus menerus.

Konsumsi Obat

Mengkonsumsi obat juga bisa menjadi penyebab mual terus menerus.  Seperti Anda ketahui, obat terbuat dari berbagai macam bahan, dan salah satunya pasti menganndung bahan kimia yang bisa menimbulknan efek samping. Efek samping yang bisa timbul di antaranya adalah rasa mual.

Obat-obatan yang bisa menyebabkan rasa mual, contohnya adalah jenis obat anti depresan, obat anti cemas, obat untuk penyakit kanker, obat anestesi sebelum pelaksanaan operasi, serta jenis obat-obatan antibiotik dan juga jenis insulin.

Mengkonsumsi obat-obatan seperti di atas, memang bisa menyembuhkan atau mengurangi gejala sakit yang Anda alami. Akan tetapi, efek samping yang timbul adalah adanya rasa mual. Bila hal ini terjadi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar Anda mendapat resep obat yang baru.

Konsumsi Alkhohol

Minuman beralkhohol sudah terkenal sebagai minuman yang berbahaya untuk kesehatan. Banyak sekali penyakit yang terjadi akibat minum minuman keras ini. Itu sebabnya, dokter menyarankan untuk menghindari minuman yang mengandung alkhohol ini.

Minuman yang mengandung alkhohol selain bisa merusak organ dalam tubuh, hal paling nyata yang sering terjadi adalah timbulnya rasa mual setelah mengkonsumsinya.  Hal ini akan terjadi bila konsumsi alkhohol dalam jumlah berlebihan, maka rasa mual akan semakin kuat.

Baca:  Sekolah Dari Dua Desa di Ciamis Tidak Bisa Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka, Ini Alasannya

Rasa mual akibat minum alkhohol secara berlebihan ini bisa Anda kurangi dengan cara minum air putih sedikit demi sedikit. Selain itu, rasa mual tersebut juga bisa Anda hilangkan dengan mengunyah makanan makanan ringan yang mudah tercerna, sampai rasa mual berkurang dan hilang.

Baca:  Arti Kue Keranjang dalam Perayaan Tahun Baru Imlek

Olahraga

Olahraga memang baik untuk menjaga kesehatan. Akan tetapi olah raga yang Anda lakukan dengan tidak benar atau tidak tepat, justru akan membahayakan bagi kesehatan. Dan olahraga yang Anda lakukan dengan tidak tepat, bisa jadi penyebab rasa mual terus menerus pada orang tersebut.

Olahraga yang bisa menyebabkan timbulnya rasa mual adalah olah raga yang Anda lakukan segera setelah makan. Kegiatan olahraga sesaat setelah makan, akan menyebabkan terjadinya kontraksi pada otot perut yang mendorong diafragma, sehingga menimbulkan rasa mual.

Untuk itu, sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga sesaat setelah makan. Sebaiknya tunggu sekitar satu hingga dua jam setelah makan untuk melakukan olahraga. Apalagi jika olahraga yang Anda lakukan adalah olah raga berat seperti lari, sepak bola, dan jenis olah raga berat lainnya.

Hamil Muda

Kehamilan juga sering ditandai dengan adanya rasa mual yang terus menerus. Hal ini biasanya terjadi  terutama pada kehamilan di trimester pertama atau hamil muda. Pada masa ini, ibu hamil akan mengalami rasa mual yang sering terjadi pada pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness.

Meskipun rasa mual pada ibu hamil ini disebut morning sickness, akan tetapi rasa mual yang terjadi pada ibu hamil bukan hanya terjadi pada pagi hari saja. Rasa mual bisa terjadi pada siang hari, sore, dan juga malam hari. Keadaan ini akan berkurang dengan semakin bertambahnya usia kehamilan.

Rasa mual pada ibu hamil muda, akan semakin bertambah apabila terpicu oleh bau-bauan yang sedikit ekstrim.  Wanita hamil, biasanya akan sangat sensitif terhadap bau atau aroma tertentu. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, bisa Anda lakukan dengan minum air hangat  manis.

Masih banyak hal lain yang mungkin  menjadi penyebab rasa mual terus menerus.  Rasa mual  bisa Anda kurangi apabila sudah mengetahui  yang menjadi penyebabnya. Apabila keadaan tersebut masih tetap berlanjut, maka jalan satu-satunya adalah berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer