Langkah Awal untuk Memulai Penggunaan Skincare

Masih banyak masyarakat yang belum memakai skincare secara rutin setiap hari, bahkan beberapa sama sekali belum mengetahui apapun mengenai skincare. Maka banyak yang masih belum memahami cara pemilihan skincare yang baik dan malah mengikuti trend yang ada saja.

Sebelum mengetahui langkah selanjutnya, pastikan anda mengetahui apa itu skincare

Skincare (perawatan kulit) merupakan serangkaian kegiatan yang berguna untuk mendapatkan kulit yang sehat, memperbaiki kerusakan pada kulit, dan mempercantik diri. Skincare meliputi pemberian nutrisi pada kulit, membersihkan kulit dari kotoran, sampai mencegah terjadinya kerusakan pada kulit.

Penggunaan skincare harus terus menerus dan tidak boleh berhenti- berhenti karena akan mengganggu keseimbangan kondisi kulit. Kulit anda perlu beradaptasi dengan adanya penggunaan skincare, sehingga sebaiknya penggunaan skincare anda lakukan secara rutin.

Berikut adalah langkah – langkah awal untuk dapat menggunakan skincare:

Mengetahui jenis kulit.

Penting untuk anda mengetahui jenis kulit agar tidak salah langkah dalam pemilihan skincare. Berikut adalah beberapa jenis kulit manusia:

  • Jika setelah membersihkan wajah atau menggunakan makeup, kemudian dalam beberapa jam atau bahkan menit kulit anda sudah berminyak dan mengilap maka kemungkinan anda memiliki wajah yang berminyak.
  • Apabila pada siang hari anda merasa kulit anda berminyak tetapi hanya pada bagian dahi dan hidung (T-Zone) maka wajah anda termasuk kulit kombinasi.
  • Ketika anda acap kali merasa kulit anda seperti tertarik dan kasar, kemungkinan besar kulit anda adalah tipe kulit kering.
  • Jika anda tidak merasa kulit anda kering ataupun berminyak pada pertengahan hari maka kulit anda termasuk kedalam kulit normal.

Mengetahui permasalahan kulit

Permasalahan kulit yang ini meliputi adanya jerawat, wajah kusam, adanya flek hitam, ataupun masalah penuaan. Hal – hal ini harus anda pertimbangkan dalam memilih produk skincare nantinya. Produk yang anda pilih harus memiliki solusi terhadap permasalahan kulit anda.

Menetapkan budget

Selanjutnya anda harus memikirkan perihal budget. Berapa dana yang mau anda keluarkan untuk produk skincare, yang pasti skincare tidak perlu mahal tetapi cocok dengan kulit anda.

Membeli yang anda butuhkan terlebih dahulu

Tahapan skincare anda tidak perlu langsung lengkap, yang penting anda harus komitmen dalam menjalankannya setiap hari. Jangan sampai anda lalai dalam menggunakan skincare karena bisa berpengaruh pada hasil di wajah anda. Berikut adalah basic skincare yang perlu anda ketahui:

  • Cleanser (cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, atau micellar water)
  • Facial wash
  • Moisturizer
  • Sunscreen

Menghindari bahan – bahan kimia yang kuat

Sebagai pemula sebaiknya jangan langsung menggunakan bahan – bahan seperti AHA, BHA, retinol, salicylic acid, dan vitamin C. Kulit anda yang tidak terbiasa memakai bahan kimia apapun mungkin akan kaget jika langsung menggunakan bahan – bahan kimia aktif seperti ini.

Memperhatikan reaksi kulit setelah menggunakan produk

Beberapa skincare tidak akan langsung memperlihatkan efek kepada kulit maka anda harus menunggu dulu hingga beberapa waktu. tetapi ada juga beberapa skincare yang efeknya langsung terlihat. Efek yang terjadi bisa buruk ataupun baik, contohnya saja beberapa skincare akan terlebih dahulu mengeluarkan kotoran pada kulit anda sehingga mungkin menimbulkan jerawat yang cukup banyak tetapi setelah beberapa minggu jerawat akan hilang dan kulit anda akan lebih cerah. Waktu yang standar untuk melihat reaksi kulit terhadap skincare adalah dua bulan.

Tahapan – tahapan skincare yang cocok untuk pemula adalah sebagai berikut :

Cleanser

Cleanser adalah langkah awal agar wajah kita bisa terbebas dari kotoran – kotoran. Tahap ini dapat anda sebut dengan double cleansing, dimana anda menggunakan cleansing oil, cleansing balm, cleansing cream, ataupun micellar water untuk menghilangkan makeup dan kotoran yang menempel pada wajah anda.

Facial Wash

Setelah menggunakan cleanser, lalu pakailah facial wash untuk mencuci wajah anda agar terbebas dari kotoran – kotoran yang masih menempel dipermukaan wajah anda.

Toner

Produk skincare ini memiliki beberapa jenis berdasarkan manfaatnya, ada toner untuk membersihkan wajah agar lebih bersih dan cerah setelah menggunakan facial wash dan adapun yang untuk menutrisi wajah anda supaya lebih cerah dan glowing. Toner untuk memebersihkan wajah biasanya dapat menyeimbangkan pH kulit wajah anda dan membersihkan kotoran yang masih menepel di permukaan kulit sedangkan toner yang untuk menutrisi wajah akan menghidrasi kulit anda menjadi lebih sehat dan glowing.

Serum

Serum sendiri akan memberikan manfaat sesuai kebutuhan anda, sehingga pemilihan serum harus sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan kulit anda. Ada banyak jenis serum, seperti serum untuk mengatasi kekusaman, untuk mengatasi jerawat, untuk membuat kulit menjadi glowing, dan masih banyak jenis serum lainnya. Maka harus disesuaikan dengan kondisi kulit anda.

Moisturizer

Moisturizer adalah tahapan skincare yang tergolong penting karena tanpa pelembap kulit tidak akan terhidrasi dengan baik. Jika kulit tidak terhidrasi dengan baik maka akan mengakibatkan kekeringan dan berbagai macam masalah kulit lainnya. Jangan lupa bahwa pemilihan moisturizer harus sesuai dengan jenis kulit anda. Jika anda memiliki kulit yang kering, maka moisturizer yang cocok teksturnya harus yang creamy. Sedangkan jika kulit anda berminyak, gunakanlah moisturizer dengan bahan dasar air/gel supaya lebih ringan diwajah anda.

Sunscreen

Produk ini merupakan langkah terakhir dalam pemakaian skincare saat anda akan keluar rumah dan tegolong penting. Sunscreen akan melindung wajah anda dari sinar matahari yang bisa membuat kulit anda kusam dan rusak. Terlebih lagi jika anda sering berada diluar ruangan pada siang hari, sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit, makan penggunaan sunscreen ini adalah wajib untuk anda.

Selain penggunaan skincare dari luar anda pun perlu memperhatikan makanan yang anda makan setiap hari dari segi gizi dan nutrisinya.

Berikut adalah beberapa daftar makanan yang baik untuk kesehatan kulit:

  • Ubi jalar. Selain rasanya yang enak, ubi jalar juga mengandung beta karoten yang berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
  • Tomat. Kandungan likopen dalam tomat mampu melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Ikan. Mengandung asam lemak omega-3 didalamnya dan mampu menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan tebal.
  • Alpukat. Buah yang satu ini mengandung vit A, vit C, lemak sehat, serta serat yang dapat menutrisi kulit agar lebih sehat.
  • Brokoli. Nutrisi yang terkandung dalam sayuran ini sangat baik untuk dapat menjaga kulit agar terbebas dari bahaya radikal bebas. Kandungannya yaitu seperti vit C, lutein, dan zinc.

Sehingga jika anda ingin mendapatkan kulit yang sehat, flawless, glowing seperti yang anda dambakan mulailah penggunaan skincare anda dari sekarang.  Jangan lupa juga untuk selalu menjaga nutrisi yang masuk kedalam tubuh anda agar tetap sehat dan bugar.

Semoga berhasil!!