32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaChatbot, Robot Virtual Untuk Bisnis Digital

Chatbot, Robot Virtual Untuk Bisnis Digital

Reportasee.com – Mempunyai fitur live chat pada website merupakan salah satu cara efektif yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, bagaimana jadinya apabila kamu mendapatkan pertanyaan yang sama dalam satu waktu? Merepotkan bukan? Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan chatbot.

Selain dengan chatbot, sebenarnya masalah tersebut dapat diatasi dengan merekrut pegawai sebagai customer service. Namun, opsi ini juga sebenarnya kurang tepat untuk kamu yang masih memulai bisnis dan belum sanggup untuk menggaji banyak karyawan.

Meskipun chatbot belum bisa sepenuhnya menggantikan peran manusia. Namun, teknologi ini mampu mengatasi dan memudahkan dalam merespon pelanggan di sementara waktu.

Berikut merupakan beberapa ulasan mengenai chatbot dan pentingnya untuk bisnis digital.

Pengertian Chatbot

Chatbot merupakan sebuah program berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Program ini mampu mensimulasikan obrolan layaknya manusia. Orang lain juga biasa menyebut chatbot dengan asisten digital yang dapat memudahkan dan memproses permintaan pengguna, dan memberikan respon yang relevan dan cepat.

Itulah mengapa ada istilah “bot” yang memeang merupakan singkatan dari “robot internet”. Selain itu, bot juga mampu menirukan percakapan manusia dalm bentuk teks atau suara yang pengaplikasianya melalui website dan aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Facebook dan lain-lain.

Dengan menggunakan teknologi ini, kamu dapat menghemat biaya operasional dan dapat menunjang value bisnis kamu, khususnya bagi kepuasan para pelanggan.

Mengapa Teknologi ini Penting untuk Bisnis?

Dengan menggunakan chatbot kamu dapat memudahkan operasional bisnis dan menghemat biaya customer service. Chatbot juga dapat memberikan berbagai jawaban dari setiap pertanyaan yang ditanyakan pelanggan secara cepat dan tepat.

Dengan menambahkan chatbot pada website, akan meningkatkan pelanggan yang mengunjunginya. Sehingga, pelanggan akan merasa kalau kamu benar-benar peduli dengan mereka.

Menurut data dari Forbes, sekitar 80% pebisnis di dunia sedang memulai merencanakan untuk menggunakan chatbot sebagai pengganti customer service untuk meningkatkan customer experience.

Berikut merupakan manfaat-manfaat teknologi chatbot yang bisa kamu dapatkan untuk perkembangan bisnis.

Menghemat Waktu Pelanggan

Menurut laporan chatbot, sekitar 21% pelanggan yang melihat teknologi ini sebagai cara termudah untuk menghubungi suatu bisnis. Data tersebut menunjukan bahwa chatbot dapat memudahkan konsumen mendapatkan jawaban yang ingin mereka tanyakan dengan cepat.

Tersedia dalam 24 Jam

Sekitar 68% pelanggan akan kabur ke bisnis milik competitor apabila kamu tidak bisa melayani mereka dengan cepat. Untuk itu, dengan chatbot bisa selalu sedia kapan saja untuk melayani pelanggan tanpa batasan waktu.

Baca:  Investasi Properti Yang Menguntungkan Ini Bisa Dicoba

Meningkatkan Kualitas Customer Experience

Dengan menggunakn bot, kamu bisa membangun percakapan yang proaktif, melalui bantuan dan rekomendasi yang bot berikan, sehingga pelanggan akan merasa terbantu. Hal tersebut menjadi alasan kenapa bot digunakan untuk meningkatkan kualitas customer experience.

Menghemat Biaya Pelayanan

Seperti bahasan sebelumnya, chatbot sangat efektif dan efisien untuk bisnis yang ingin menghemat keuangan. Sehingga kamu tidak perlu mempekerjakan karyawan ataupun agen pendukung yang bisa memberikan layanan ke pelanggan.

Baca:  Klarifikasi Kaesang Pangarep yang Ditunggu-tunggu!

Menurut riset dari Forrester Consulting menyatakan bahwa sebuah perusahaan yang menyediakan layanan teknologi chatbot pada bisnisnya, mereka bisa menekan biaya customer service sebesar 30%.

Meningkatkan Jumlah Penjualan

Teknologi ini tidak hanya memberikan kepuasan pada pelayanan bisnis yang kamu miliki. Namun, berpengaruh juga terhadap reputasi. Jika bisnis kamu memiliki reputasi yang baik, maka kesempatan untuk menambah jumlah penjualan akan selalu meningkat.

Hasil riset yang sama dari Forrester Consulting, mereka menjelaskan selain menghemat biaya customer service, teknologi ini juga berpotensi mendapatkan investasi sebesar 305%.

Hal tersebut karena hasil efektivitas dari teknologi bot sendiri, kemudian meningkatkan kualitas customer experience.

Pendukung Lead Generation

Lead generation adalah salah satu langkah bisnis untuk menghasilkan konversi dari setiap pengguna yang mengunjungi website bisnis kamu.

Kamu bisa memanfaatkan bot untuk mengumpulkan data-data penting mengenai pengunjung web seperti nama, alamat, kontak, email dan memetakan pelanggan berdasarkan produk yang mereka suka dan tidak suka.

Dari pengumupulan data tersebut, kamu dapat mengetahui pelangan yang akan menjadi pembeli atau the real buyer.  Kamu bisa menggunakan strategi pendekatan customer seperti menawarkan diskon, mengirimkan newslatter, voucher dan memperkenalkan produk terbaru.

Banyak Jenis Chatbot Dari Berbagai Platform Yang Dapat Kamu Gunakan

Jika kamu ingin memanfaatkan bot untuk kebutuhan bisnis, kamu bisa menggunakan chatbot builder yang menawarkan fitur-fitur terbaik. Kamu dapat menggunakan Chatbot, Octane AI, Engati, Mobile Monkey, Botsify, Vutura Chatbot Indonesia dan Kata.ai

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat memahami bagaimana pentingnya bot untuk perkembangan bisnis. Disamping menghemat biaya customer service, teknologi ini juga bisa menjadi pendukung terbaik untuk meningkatkan customer experience.

Dengan memberikan jawaban secara cepat dari pertanyaan-pertanyaan yang pelanggan berikan. Pelanggan akan merasa bahwa mereka sangat diperhatikan dan peduli atas kebutuhanya.

Selain itu, teknologi bot juga dapat menjadi salah satu cara untuk tetap mepertahankan konsumen agar tetap bertahan di bisnis kita.   

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer