32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi Mual yang Paling Efektif

Cara Mengatasi Mual yang Paling Efektif

Pernahkah Anda merasakan mual sehingga sangat menganggu aktifitas? Mual merupakan keadaan di mana perut terasa tidak nyaman dan ingin muntah. Jika Anda berada dalam keadaan semacam itu, pasti ingin segera mengatasinya bukan? Berikut ini beberapa cara mengatasi mual yang bisa Anda coba.

Kompres Leher Bagian Belakang Menggunakan Air Dingin

Jika Anda tengah mengalami mual, coba kompres leher bagian belakang menggunakan air dingin. Mual dapat mengakibatkan suhu tubuh meningkat. Oleh karena itu, dengan mengompres leher menggunakan air dingin dapat menurunkan suhu tubuh Anda.

Pengompresan air dingin di bagian leher tidak perlu lama-lama. Hanya beberapa menit saja, sampai mual mereda dan perut terasa lebih tenang.

Jangan Menekuk Perut

Perasaan mual dapat terjadi karena banyak hal. Nah, untuk mengatasinya lebih baik Anda hindari duduk dengan menekuk perut. Menekuk perut dapat menyebabkan keadaan mual semakin parah. Hal tersebut karena perut mendapatkan tekanan lebih besar.

Jika keadaan tersebut Anda biarkan, rasa mual tidak mereda akan tetapi terasa semakin mual. Lebih baik Anda berbaring dan jangan terlalu banyak gerak.

Beri Tekanan pada Pergelangan Tangan

Pernahkah Anda mendengar terapi akupresur? Akupresur merupakan salah satu jenis pengobatan dengan menekan area tertentu untuk meredakan penyakitnya. Cara tersebut bisa Anda coba ketika mengalami mual. Titik tekan ketika merasa mual ada pada pergelangan tangan.

Jika Anda merasa mual, coba tekan pergelangan tangan Anda di bagian dalam. Tekan secara memutar beberapa menit saja atau sampai rasa mual mereda. Cara mengatasi mual tersebut sangat mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah.

Silahkan Duduk di Dekat Jendela atau Depan Kipas

Percaya atau tidak, gejala mual dapat mereda ketika Anda duduk di dekat jendela atau di depan kipas. Orang mual biasanya karena mencium bau yang terlalu memuakkan. Ketika Anda duduk di dekat jendela atau kipas, bau tersebut pasti akan menghilang.

Rasa mual yang Anda rasakan pun juga akan terasa lebih reda. Itulah mengapa, seringkali orang yang mudah mabuk saat naik kendaraan harus berada di bagian depan atau samping jendela. Di tempat itu udara segar dari luar masuk, sehingga mereka tidak akan merasa mual.

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Masalah yang sering muncul ketika seseorang merasa mual adalah mengalami dehidrasi. Orang yang sedang mual pasti sulit menerima makanan atau minuman. Namun, tubuh Anda harus tetap memperoleh cairan agar rasa mual tidak semakin parah.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketika mual Anda tetap berusaha untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Jika minum air putih tidak bisa, Anda bisa alihkan ke minuman manis. Contohnya seperti teh hangat tanpa kafein.

Baca:  Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Cibuntu Kuningan

Minumlah Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu minuman yang asalnya dari bunga. Rasanya yang manis dan khas dapat melemaskan otot-otot. Selain itu, teh ini juga sangat baik untuk mengobati rasa mual.

Baca:  Tim Bola Voli Ciamis Lolos BK Porprov Jabar

Teh chamomile mengandung zat yang dapat membantu meredakan rasa cemas karena mual. Namun, jika mual yang Anda rasakan ini sebabnya karena hamil, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Pasalnya, bagi ibu hamil teh chamomile ini mengandung resiko.

Minumlah Teh Jahe

Salah satu cara mengobati mual yang satu ini sepertinya sudah sangat familiar di telinga Anda, yaitu minum teh jahe. Jahe memang kerap kali dijadikan obat mengatasi mual dengan cara dimakan langsung atau diseduh dengan air panas.

Namun, menyeduh jahe dengan teh dan air panas bisa Anda coba jika tidak suka mengunyahnya secara langsung. Efek hangat yang timbul dari jahe dan air hangat akan membuat perut terasa lebih enak. Selain itu, aroma khas dari teh juga akan membuat tubuh terasa lebih rileks.

Tidak dapat dipungkiri juga jika meminum teh jahe bisa menjadi cara mengatasi mual paling ampuh. Selain rasanya yang begitu nikmat, ternyata manfaatnya juga sangat banyak.

Minumlah Obat Mual

Jika mual yang Anda alami sudah sangat parah, sebaiknya segera minum obat pereda mual. Obat mual biasanya banyak terdapat di toko dan apotek, sehingga sangat mudah untuk Anda dapatkan. Beberapa obat yang bisa meredakan rasa mual di antaranya adalah Emetrol, Dramamine, Gravol dan Nauzene.

Akan tetapi, jika rasa mual yang Anda alami muncul ketika Anda tengah hamil, jangan sembarangan minum obat mual. Sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Jangan sampai obat mual yang Anda minum sembarangan tersebut malah berbahaya bagi kehamilan.

Jangan Minum Minuman yang Berkarbonasi

Perut kembung dan refluks asam merupakan salah satu penyebab mual. Oleh karena itu, hindari minuman berkarbonasi jika Anda tengah merasa mual. Minuman tersebut dapat menyebabkan perut kembung dan refluks asam. Jadi, jika Anda konsumsi saat mual, pasti mualnya akan lebih parah.

Dari banyaknya cara mengatasi mual di atas, tetap sesuaikan dengan kondisi Anda. Jika dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas rasa mual tidak kunjung reda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer