32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaSamsung Galaxy S20 FE 4G, Berikut Spesifikasinya

Samsung Galaxy S20 FE 4G, Berikut Spesifikasinya

Reportasee.com – Samsung Galaxy S20 FE 4G atau dengan nama “Fan Edition” kini hadir berbekal prosesor Exynos 990, layar 120Hz, serta susunan tiga kamera. Sementara pada memorinya yakni RAM 6GB dan penyimpanan internal hingga 128GB.

Samsung Galaxy S20 FE menjadi anggota terbaru dari keluarga samsung S20 yang kini hadir dengan beberapa perubahan pada spesifikasinya untuk memenuhi titik harga lebih rendah, namun tetap mempertahankan kualitas agar masih memenuhi cetak biru pada seri S.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE 4G

Memori

Samsung Galaxy S20 FE 4G ini mengusung chipset Exynos 990 serta CPU Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) dan juga GPU Mali-G77 MP11.

Untuk kapasitas RAM sebesar 6 GB, sedangkan pada memori penyimpanan yaitu sebesar 128GB/256GB storage, microSDXC. Jika melihat dari daya tahan penggunaan, HP Samsung ini berbekal baterai yang berkapasitas 4500mAh jenis Li-Po.

Konektivitas

Pada sektor konektivitasnya, HP ini telah mendunkung teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE yang tentunya andal dalam melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (CA).

Tak hanya itu, ada pula konektifitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot, Wi-Fi Direct, GPS (Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO), bluetooth (5.0, A2DP, LE), USB Type-C 1.0 reversible connector, serta USB On-The-Go.

Selain itu, HP ini mendukung fitur Fingerprint (under display, ultrasonic), proximity, accelerometer, gyro, compass, Bixby natural language commands and dictation.

Kamera

Pada kamera telefotonya, HP ini lengkap dengan kamera tele 8 MP dengan panjang fokus setara 76 mm. Jika mengukur dari kamera utama 26 mm, maka zoom 2,9x hampir 3x. Kamera ini juga memiliki lensa aperture f/2.4.

Di bagian depan, HP ini mendapat sensor 32MP Quad Bayer untuk foto selfie. Sensor tersebut memiliki aperture f/2.2 yang sama setara dengan panjang fokus 25 mm.

Desain

Samsung Galaxy S20 FE memiliki tampilan desain khas Samsung yakni berkat punch-hole pada layar serta konfigurasi kamera pada bagian belakangnya. Pada edisi FE sebenarnya tidak cukup memberikan kesan seperti keluarga S-series, karena HP ini lebih banyak cenderung ke seri A.

Sebagai contoh, edisi FE ini terdapat bezel yang lebih tebal di sekelilingnya. Untuk bingkai di sekitar layar ini tidak tebal, namun desain tersebut jauh dari kesan flagship seperti pada keluarga S20 series lainnya.

Ciri khas smartphone flagship pada dunia Samsung terletak pada layarnya yang melengkung.

Meskipun mereka menurunkan efek lengkungan layar ini pada produk terakhirnya, namun S20 ini masih terdapat tepi miring beberapa milimeter pada bagian sisinya. Hal ini tentu berbeda dengan edisi FE yang justru memiliki tepian yang sepenuhnya berbentuk datar.

Punch-hole yang kecil memungkinkan sebagai fitur membanggakan untuk edisi Samsung FE ini. Ukurannya yang lebih kecil daripada punch-hole milik Note20.

Baca:  Gejala dan Pertolongan Pertama Saat AlamiPanic Attack

Keunggulan yang paling mencolok dari edisi FE ini yaitu terletak pada bahan material di bagian belakangnya.

Jika HP seri S20 dan S20+ menggunakan bahan kaca, pada panel belakang dari S20 FE ini terbuat dari bahan plastik. HP ini menggunakan lapisan satin sehingga cukup licin saat digenggam.

Baca:  Usaha Jasa Paling Menguntungkan Masa Pandemi 2021

Meskipun memang tidak nampak berkilauan, namun bahan tersebut tentu saja jauh lebih baik ketimbang panel kaca yang mengkilap yang cenderung rentan kotor akibat bekas sidik jari.

Samsung Galaxy S20 FE ini masih lengkap dengan IP68 sama seperti halnya pada smartphone flagship lainnya.

Layar

HP Samsung ini telah lengkap dengan layar Super AMOLED 6,5 inci dan tak ada nama “Dynamic” pada layar ini. Meski demikian, Samsung masih tetap mempertahankan refresh rate 120Hz untuk edisi ini.

Layar HP ini memiliki resolusi FullHD, atau 1080 x 2400 piksel pada rasio aspek 20:9 dengan kerapatan piksel 393ppi. Maka dari itu, tampilan yang dihasilkan Samsung FE ini termasuk berkualitas tinggi.

Dalam hal kecerahan, seri FE sama bagusnya dengan seri S20 lainnya. Terdapat penggeser yang bisa dioperasikan secara manual, tingkat kecerahan yang terukur menunjuk angka 404nits, serta tampilan adaptif yang baik saat berada di dalam lingkungan yang cerah.

Terdapat 2 mode yang dapat diterapkan pada HP ini yakni Natural dan Vivid. Pada mode Natural menyesuaikan untuk konten sRGB, sementara Mode Vivid ini mode yang mampu mencakup warna yang lebih luas. Tersedia pula slider RGB tambahan jika pengguna ingin mengubah reproduksi warna tersebut menjadi lebih jauh lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Kelebihan :

  • HP ini telah lengkap dengan rating IP68, yang berarti telah menerima perlindungan terhadap debu dan air.
  • Pada layar S20 FE ini menginspirasi bagi smartphone lainnya, karena layarnya Super AMOLED dengan laju refresh 120Hz sangatlah mulus.
  • Kapasitas pada baterai HP ini 4.500 mAh, meski bukan yang terbesar di kelasnya, tetapi kapasitas ini telah menempatkan S20 FE sebagai tipe smartphone kelas atas.
  • Performa ketiga kamera S20 FE ini secara keseluruhan terbilang sangat bagus.

Kekurangan :

  • Kapasitas baterainya memang cukup besar, namun hanya berbekal adaptor pengisi daya 15W yang lambat.
  • Menggunakan bahan material plastik pada bagian belakang dan terlihat bagus, akan tetapi hal itu jauh dari kesan premium.
  • Tidak terdapat fitur AutoFocus pada bagian kamera selfienya, padahal fitur tersebut cukup penting bagi tipe smartphone kelas atas. Selain itu, mode potret pada bagian kamera depannya kurang bisa diandalkan.
  • Untuk perekaman video 4K pada S20 FE ini tergolong standar atau biasa saja.
Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer