Penyebab Mulut Terasa Pahit Apa Saja? Simak Disini

Advertisement

Mulut tiba-tiba terasa pahit kadang menimbulkan rasa khawatir berlebihan lantaran dianggap sebagai gejala penyakit tertentu. Padahal tidak selalu demikian. Penyebab mulut terasa pahit bisa saja terjadi karena beberapa hal.

Katakanlah di antarany seperti tertalu sering mengonsumsi obat-obatan, asam lambung, atau masalah gigi dan gusi. Meskipun tidak berbahaya, kondisi tersebut membuat penderita merasa tidak nyaman.

Berkaitan dengan itu, penyebab masalah mulut pahit perlu diketahui agar penanganan lebih lanjut dapat dilakukan dengan tepat. Sebenarnya, gangguan pahit pada mulut tidak selalu gejala dari penyakit berbahaya. Diambil dari beberapa sumber, inilah faktor paling umum yang memicu rasa pahit di area mulut.

Masalah Dysgeusia

Dysgeusia merupakan gangguan pada indra pengecap yang mengubah presepsi rasa. Ketika mengalami gangguan ini, lidah akan terasa asam, pahit, atau aneh seperti menyentuh logam. Kondisi ini dapat hilang dalam beberapa bulan, atau permanen jika tidak segera ditangani.

Gangguan dysgeusia sendiri disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kerusakan saraf pada syaraf yang terhubung dengan lidah bagian depan. Kondisi yang dapat memicu hal ini antara lain operasi telinga, trauma leher, atau bell’s palsy.

Advertisement

Asam Lambung Naik

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah gangguan pencernaan di mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan. Apabila kambuh penderita akan merasa seperti terbakar di area dada ke kerongkongan.

Asam lambung bisa terjadi karena makan terlalu banyak, mengonsumsi makanan pedas berlebihan, atau pengaruh stres. Hal ini akan menyebabkan perut mual dan muntah yang akhirnya menyisakan rasa pahit di area mulut.

Kebersihan Mulut

Perlu Anda ingat bahwa mulut merupakan inkubator yang steril, lembap, dan hangat. Namun, harus Anda ketahui pula jika bukan hanya mikroba baik saja yang dapat tumbuh di dalamnya, mikroorganisme penyebab bau mulut juga dapat bersarang di sana.

Apabila malas menggosok gigi, bakteri dan kuman akan berkumpul di dalam mulut. Lambat laun muncul gangguan seperti plak pada gigi, radang gusi, hingga gigi berlubang. Kondisi ini juga menjadi penyebab mulut terasa pahit.

Mulut Kering

Ada kondisi di mana air liur yang merupakan hasil produksi kelenjar saliva jumlahnya tidak cukup banyak. Akibatnya mulut akan terasa kering. Gangguan ini dapat menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perembuan dan tidak memandang usia.

Advertisement

Kondisi seperti ini dapat karena masalah perawatan medis, seperti terapi kanker atau gangguan autoimun. Selain itu, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan mulut kering yang menimbulkan sensasi pahit.

Burning Mouth Syndrome

Di lansir dari Hello Sehat, Burning Mouth Syndrome dapat menyerang siapa saja, tapi paling sering terjadi pada wanita yang memasuki masa menopouse. Gangguan kesehatan ini juga dapat terjadi akibat kerusakan saraf di bagian mulut, diabetes mellitus, atau terapi kanker.

Sesuai dengan namanya, Burning Mouth Syndrome menyebabkan sensasi panas seperti terbakar di rongga mulut. Penderita gangguan kesehatan ini mengalami penurunan indra pengecap dan mulut terasa pahit.

Pengaruh Hormon pada Ibu Hamil

Mulut terasa pahit sering terjadi pada ibu hamil. Lebih jelasnya penyebabnya adalah hormon esterogen yang mengalami peningkatan atau penurunan tidak seimbang. Biasanya, hal ini juga terjadi pada wanita ketika masa haid.

Morning sickness yang terjadi pada ibu hamil juga menjadi salah satu pemicu rasa tidak nyaman di area mulut. Gejala umumnya adalah mual dan muntah, sisa muntahan inilah yang nantinya mengumpulkan bakteri penyebab mulut terasa pahit.

Kekurangan Vitamin dan Mineral

Seperti kita ketahui, tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan. Vitamin juga sangat penting untul seluruh organ dalam tubuh agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kebutuhan tubuh akan vitamin harus selalu terjaga.

Sedangkan mulut terasa pahit karena kurangnya asupan vitamin B12 dan zinc dalam tubuh. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, baik dari kandungan makanan atau mengonsumsi suplemen pendukung.

Efek Samping Obat-obatan

Mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga menyebabkan mulut terasa pahit, seperti Angiotensin converting enzyme (ACE), antibiotik, obat diuretik, obat kemo, serta suplemen yang mengandung zinc, chromium, atau tembaga.

Mulut pahit yang penyebabnya adalah efek samping dari mengonsumsi obat-obatan biasanya bersifat sementara. Namun, jika rasa tidak jaman di area mulut tidak kunjung hilang dalam waktu lama sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa penyebab mulut terasa pahit, mulai dari gejala penyakit hingga kebersihan mulut,  Apabila kondisi tersebut sudah mempengaruhi pola makan dan menggangu kesehatan segera hubungi dokter agar mendapat penangan dengan tepat.

Dengan menghubungi dokter, Anda pun bisa mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Jika tidak segera ke dokter, bisa jadi penyakit ini makin parah. Apalagi jika ini juga berbarengan dengan gejala lain yang juga kurang baik, maka periksa ke dokter semakin penting.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker