Apa itu Eksfoliasi? Simak Penjelasannya di sini

Mungkin Anda pernah mendengar eksfoliasi. Lalu, apa itu eksfoliasi? Setiap hari tubuh kita akan menghasilkan jutaan sel kulit mati. Sel kulit mati akan menumpuk dan bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada kulit. Nah, proses ini akan membantu mengatasi hal ini.

Pengertian Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses mengangkat sel kulit mati dari lapisan kulit di bagian atas sehingga menampakkan kulit sehat yang ada di bawahnya. Proses ini merupakan salah satu cara untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah.

Manfaat Eksfoliasi

Setelah mengetahui apa itu eksfoliasi, lantas apa saja manfaat melakukan ini? Berikut ini terdapat jawaban tentang manfaat melakukannya pada kulit.

Mencerahkan Wajah

Menurut American Academy of Dermatology, manfaat proses ini yakni bisa membuat kulit Anda terlihat lebih cerah daripada sebelum melakukannya. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit membuat kulit terlihat kusam dan warna yang tidak rata

Dengan melakukan perawatan ini secara teratur, hal tersebut bisa membantu mencerahkan dan dapat meratakan warna kulit sehingga tidak terlihat belang.

Membantu Regenerasi Sel

Kulit biasanya akan mengalami regenerasi sel dengan alami setiap 28-30 hari. Bila Anda melakukan eksfoliasi dengan rutin dan teratur, Anda bisa membantu kulit melakukan proses regenerasi dengan lebih cepat, sehingga kulit wajah Anda terlihat cerah dan sehat.

Mencegah Jerawat

Yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah adalah wajah yang tidak Anda bersihkan secara maksimal. Dengan melakukan eksfoliasi dengan rutin, hal tersebut dapat membersihkan kotoran-kotoran wajah yang masih menempel sehingga mencegah jerawat.

Membersihkan Pori-pori Tersumbat

Kotoran wajah yang menyumbat pori-pori kulit akan membuatnya tampak besar dan menjadi salah satu penyebab adanya whiteheads, blackheads, maupun jerawat. Bila Anda rutin melakukan eksfoliasi, pori-pori akan terlihat lebih kecil dan bisa terbebas dari masalah kulit.

Jenis Eksfoliasi

Bila Anda sudah mengerti definisinya secara jelas beserta manfaatnya, proses ini dalam pengaplikasiannya terbagi menjadi dua cara. Yaitu secara fisik dengan scrubbing atau sikat untuk mengangkat sel mati. Sementara yang kedua menggunakan bahan kimia dengan mengoleskan asam pada kulit.

Eksfoliasi Kimia

Eksfoliasi kimia atau chemical peeling ini menggunakan bahan kimia untuk memperbaiki tekstur kulit dengan mengangkat lapisan kulit atas. Perawatan ini berguna untuk peremajaan kulit, yakni mengatasi kerutan, tekstur kulit tidak rata, dan lain-lainnya

Chemical peeling biasanya dilakukan oleh tenaga ahli seperti dokter spesialis kulit. Metode ini aman untuk kulit . namun bila sembarangan penerapannya (tanpa saran dokter) akan berisiko menimbulkan efek samping berupa kerusakan pada kulit wajah.

Eksfoliasi Scrub

Terdapat banyak produk yang menawarkan scrub untuk proses ini. Umumnya scrub tersebut terbuat dari bahan-bahan alami, contohnya seperti gula, oatmeal, kopi, dan lain-lainnya.

Scrubb sangat berguna untuk mencegah pori-pori wajah tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Namun, scrubb tidak bisa menghilangkan jerawat. Penggunaan scrub pada wajah berjerawat justru cenderung memicu risiko peradangan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Eksfoliasi

Setelah mengetahui apa itu eksfoliasi serta manfaatnya, Anda juga harus mengetahui tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukannya. Supaya proses mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah yang Anda lakukan dapat memberikan manfaat.

Kenali Tipe Kulit Anda

Tipe kulit seseorang ikut menentukan perawatan seperti apa yang harus Anda jalani supaya proses ini aman. Jadi kenali dahulu tipe kulit Anda bila ingin melakukan perawatan. Bila Anda kesulitan mengenali, Anda bisa mencoba berkonsultasi pada dokter spesialis kulit.

Pilih Produk Perawatan Tepat

Setelah sudah mengenali tipe kulit, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih produk perawatan wajah yang sesuai. Anda bisa menentukan produk apa yang cocok dengan jenis kulit Anda, seperti asam glikolat, AHA dan BHA, scrub, dan lain-lainnya.

Pilihlah Metode yang Sesuai

Kulit yang berjerawat, kering, maupun sensitive cocok untuk memilih perawatan wajah dengan kain lap dan eksfoliasi kimia secara ringan. Semnetara untuk kulit berminya bisa memilih produk perawatan kimia yang kadar asam salisatnya lebih kuat serta bantuan scrub.

Cara Melakukan Eksfoliasi

Berikut ini beberapa cara melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah tanpa harus pergi ke klinik. Pastinya tips berikut ini aman dan tidak memicu iritasi pada wajah.

Pilih Bahan Sesuai Jenis Kulit

Anda harus mengetahui dahulu jenis kulit yang Anda miliki sehingga hal tersebut memudahkan untuk memilih bahan.

Lakukan dengan Gerakan Lembut

Bila menggunakan eksfolian wajah berupa scrub atau bahan kimia, ambil secukupnya. Lalu lakukan ini dengan gerakan perlahan dan memutar. Bila menggunakan lap maupun sikat, lakukan dengan lembut, lakukan selama 30 detik dan basuh.

Terapkan Ini Secara Berkala

Untuk tipe wajah normal sampai kering, eksfoliasi wajah bisa dilakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk kulit kombinasi dan berminyak, proses ini dapat dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Itulah penjelasan singkat mengenai eksfoliasi. Mungkin selama ini Anda telah biasa melakukannya tanpa mengetahui istilahnya. Untuk selanjutnya sebaiknya Anda perlu memperhatikan yang dilakukan tersebut agar tak menimbulkan dampak buruk