Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Pencegahannya

penyebab flek hitam di wajah
ilustrasi penyebab flek hitam di wajah (foto: orami)

Reportasee.com – Penyebab flek hitam di wajah penting Anda ketahui untuk agar memudahkan untuk mengatasi serta cara mencegahnya. Ada beragam penyebab yang menjadi faktor pemicu serta pengaruh yang bisa mengakiabtkan munculnya flek hitam tersebut.

Hiperpigmentasi atau terkenal dengan istilah flek hitam ini merupakan suatu kondisi area kulit tertentu yang menjadi gelap. Flek hitam ini memang menyerupai noda hitam yang terletak di wajah.

Selain berada di area wajah, flek hitam ini juga sering kali muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, seperti leher, punggung, tangan dan kaki.

Kemunculan flek hitam ini sebenarnya tidaklah terlalu membahayakan bagi kesehatan. Meski demikian, bercak-bercak hitam yang ada di wajah pasti akan mengganggu penampilan bagi para wanita.

Setiap wanita tentunya menginginkan kulit yang bersih bersih dan mulus tanpa adanya flek hitam yang mengganggu penampilannya.

Meskipun gangguan flek hitam ini sebenarnya bisa Anda atasi dengan menggunakan make up untuk menutupinya. Namun, tetap saja noda tersebut tetap mengganggu penampilan jika Anda biarkan begitu saja.

Flek hitam sendiri bisa terjadi ketika sel melanosit memproduksi melanin, pigmen sebagai penentu warna kulit yang secara berlebihan. Kondisi ini bisa juga terjadi akibat produksi serta distribusi sel melanosit yang abnormal.

Faktor Penyebab Flek Hitam di Wajah

Pada umumnya, flek hitam bisa muncul pada wajah tanpa peduli apa jenis kulitnya.

Lantas apa sebenarnya penyebab noda hitam yang muncul pada tubuh? Nah, berikut adalah berbagai faktor yang menjadi penyebab timbulnya flek hitam di wajah yang wajib Anda ketahui.

Sinar Ultra Violet

Sinar matahari merupakan salah satu faktor utama penyebab timbulnya noda hitam pada wajah maupun tubuh. Hal ini karena paparan langsung dari sinar Ultra Violet atau UV yang mempengaruhi produksi melanin.

Melanin pada dasarnya merupakan sebuah tabir surya alami yang memiliki fungsi sebagai pelindung kulit dari paparan radiasi sinar UV. Namun, saat tubuh telah terpapar oleh sinar matahari secara berlebihan, maka produksi melanin pun bisa terganggu sehingga mengakibatkan munculnya flek hitam.

Perubahan Hormon

Penyebab flek hitam pada wajah salah satunya karena akibat fluktuasi hormon atau yang kita kenal sebagai melasma atau kloasma. Bercak ini bisa terbentuk dari hormon estrogen serta progesteron. Kedua hormon ini yang akan mendorong produksi melanin secara berlebihan saat kulit terpapar sinar matahari.

Melasma umumnya banyak sekali terjadi pada wanita yang sedang dalam kondisi hamil. Gangguan tersebut juga terkenal dengan sebutan topeng kehamilan.

Meski demikian, kondisi seperti ini juga sering kita jumpai pada wanita yang mengalami menopause atau sedang mengonsumsi pil KB. Wanita yang  sedang menjalani terapi hormon dan menderita disfungsi tiroid juga bisa saja mengalami flek hitam di wajah.

Parfum

Parfum yang memiliki fotosensitizer bisa menjadi penyebab dari timbulnya flek hitam di wajah. Bahan ini bisa menjadikan kulit tubuh Anda lebih peka terhadap paparan sinar matahari.

Sebagai contoh bergamot oil yang banyak dipakai oleh produsen parfum serta cologne internasional.

Flek hitam atau berlock dermatitis ini bisa muncul pada saat kulit terkena parfum dan langsung terpapar sinar matahari.

Maka dari itu, cara pencegahannya, Anda memakai parfum pada baju saja bukan di kulit.

Sebaiknya hindari menggunakan parfum ke area wajah, leher, maupun pada bagian kulit lainnya. Upayakan untuk memilih parfum dengan memiliki kandungan fotosensitizer yang cukup rendah.

Pengaruh Polusi

Bagi Anda yang tinggal di sekitar kawasan perkotaan maka Anda patut waspada. Terutama jika Anda memiliki flek coklat dan kemerahan pada wajah Anda. Hal itu kemungkinan besar karena pengaruh polusi sebagai penyebab utamanya. Noda hitam tentunya bisa berkembang jika sel-sel kulit banyak memproduksi antioksidan serta mengeluarkan melanin berlebihan.

Konsumsi Obat atau Penyakit Tertentu

Penyebab flek hitam pada wajah bisa juga akibat dari penyakit autoimun. Selain itu, bisa juga terjadi pada orang yang mengalami gangguan metabolisme, gastrointestinal, dan kekurangan vitamin.

Noda hitam ini bisa muncul karena efek samping dari kemoterapi maupun konsumsi pada obat-obatan tertentu seperti obat antibiotik, anti malaria, dan anti kejang.

Faktor Usia

Paparan sinar matahari yang terakumulasi akan menimbulkan solaris lentiga yang umumnya akan terjadi pada orang yang telah berusia 40 tahun ke atas. Hal ini karena saat usia seseorang semakin bertambah, maka kemampuan kulit untuk meregenerasi juga semakin berkurang.

Bercak atau flek ini memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang bercaknya berwarna coklat terang hingga berwarna hitam seperti liver. Noda hitam pada kulit tersebut juga sering disebut sebagai liver’s spot.

Hiperpigmentasi Pasca Peradangan

Sesuai dengan namanya, hiperpigmentasi ini bisa muncul setelah terjadi trauma dan adanya peradangan pada kulit. Contohnya seperti kulit yang luka, terbakar, psoriasis, eksim, jerawat, atau setelah melakukan waxing.

Penggunaan berbagai produk kecantikan yang berbahan terlalu keras juga bisa menjadi penyebab dari flek hitam di wajah.

Genetik

Faktor genetik atau keturunan ikut serta mempengaruhi jumlah melanin di kulit. Orang yang berkulit gelap tentunya memiliki melanin alami lebih tinggi, sehingga bisa berisiko mengalami flek hitam lebih banyak dan besar.

Melasma dan PIH cenderung lebih sering terjadi bagi orang yang berkulit gelap ini. Meski demikian, flek hitam jenis freckles ini akan mudah terlihat pada orang yang berkulit terang.

Demikianlah informasi mengenai penyebab flek hitam di wajah Anda sehingga bisa mencegah munculnya noda hitam yang mengganggu penampilan wajah Anda.