Penyebab Wajah Kusam Apa Saja? Ini Diantaranya

Siapa bilang jika penampilan yang menarik hanya berlaku untuk perempuan? Laki-laki masa kini juga peduli terhadap look mereka, dari atas sampai bawah, termasuk wajah. Makanya, banyak orang yang mencari tahu penyebab wajah kusam supaya bisa dihindari dan diobati demi penampilan paripurna.

Dalam ulasan di bawah akan dibahas penyebab-penyebab wajah kusam, yang mungkin terjadi pada Anda dan tidak sadari. Mari simak dan pelajari sehingga wajah sehat dan cerah tidak lagi sekadar cita-cita!

Penuaan

Usia semakin bertambah setiap harinya, begitu juga dengan tubuh yang merasakan perubahan akibat penuaan. Salah satu yang terlihat adalah dari wajah yang semula cerah, kemudian berangsur menghitam dan tidak secerah biasanya.

Penuaan tidak selalu datang saat umur memasuki angka tiga, bahkan lebih cepat jika Anda memiliki kebisaan yang buruk seperti kerap stres, tidur tidak teratur, hingga konsumsi makanan yang tidak sehat. Jadi, biasakan untuk tenang, tidur setidaknya 8 jam saat malam, dan hindari konsumsi gula berlebih.

Dehidrasi

Kurangnya cairan tidak hanya menyebabkan kinerja ginjal berkurang, tapi mempengaruhi penampilan. Anda yang jarang minum air putih atau mungkin sedang sakit seperti diare dan muntah akan membuat wajah kusam. berdasarkan laman healthline.com, ada hubungan antara dehidrasi dan kulit yang sehat, lho.

Pastikan bahwa sirkulasi air di dalam tubuh tetap terjaga. Hidrasi kulit juga bisa Anda lakukan dari luar, yaitu dengan rajin mengoleskan serum wajah yang akan membantu mencerahkan. Anda hanya perlu menemukan serum yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan wajah.

Merokok

Sudah bukan rahasia lagi kalau rokok adalah musuh bagi semua organ tubuh, tidak terkecuali kulit. Jika Anda sudah melakukan berbagai perawatan kulit, tapi wajah masih tetap kusam, mungkin penyebabnya adalah kebiasaan merokok yang masih Anda lakukan.

Kandungan dalam rokok menyebabkan produksi kolagen jadi terganggu, hingga menurunkan serat elastis pada kulit. Rokok juga membuat wajah Anda mengalami penuaan dini, jadi jangan heran jika umur Anda yang ternyata belia, kerap dikirqa sudah tua oleh orang tak dikenal.

Menumpuknya sel kulit mati

Penyebab wajah kusam juga bisa datang dari penumpukan sel kulit mati. Wajah yang jarang Anda bersihkan dan mengalami penuaan kan membuat sel kulit mati menjadi menumpuk. Sel kulit mati inilah yang membuat wajah jadi tidak cerah dan kering sehingga menurunkan nilai penampilan Anda.

Supaya tidak ada lagi masalah akibat sel kulit mati yang menumpuk, coba lakukan perawatan wajah seperti pemakaian masker oatmeal, melakukan eksfoliasi, atau yang paling sederhana adalah membasuh wajah dengan air hangat supaya pori-pori terbuka lebar.

Minum Minuman Beralkohol

Sebelumnya sudah disinggung mengenai kebiasaan merokok. Namun tahu kah Anda bahwa bukan rokok saja yang bisa membuat kulit jadi kusam, tapi juga gaya hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi alkohol, apalagi dalam waktu sering, bisa membuat kulit Anda kehilangan cahayanya.

Alkohol membuat kulit jadi dehidrasi sehingga kesulitan memproduksi kolagen yang kulit butuhkan. Minuman alkohol juga membuat Anda susah tidur, ini mendatangkan masalah baru. Misalkan jadi munculnya mata panda dan wajah akan tampak lelah tidak menyegarkan.

Memakai skincare yang tidak sesuai

Menyenangkan sekali saat ini banyak orang yang mulai sadar bahwa kulit yang sehat lebih menyenangkan untuk dimiliki daripada kulit yang glowing. Makanya, produk skincare saat ini tengah laris manis di pasaran sekalipun harganya melangit.

Namun, pemakaian skincare yang tidak cocok pada kulit bukannya akan mendatangkan kesehatan, melainkan sebaliknya. Apalagi jika dalam kandungan skincare ada bahan yang keras, sehingga bisa menyebabkan kulit jadi kusam dan hilangnya kelembapan.

Memiliki kebiasaan tidak menghapus make up

Mungkin Anda kira menghapus make up adalah kegiatan sederhana yang tidak memberikan efek apa pun bagi kulit, jadi hapus ataupun tidak akan sama saja. Padahal, menghapus riasan sebelum tidur sangat penting.

Tidur dengan make up yang masih bersisa di wajah membuat penumpukan kotoran dan tersumbatnya pori-pori. Ini menjadi dalang wajah berubah jadi kusam dan cukup mengganggu penampilan. Jadi, jangan lupa hapus riasan sebelum tidur dan lakukan rutinitas skincare Anda.

Keluar rumah tanpa memakai tabir surya

Tabir surya bukan sekadar krim yang dipakai sebelum keluar dari rumah, tapi juga sebagai pencegahan terhadap penyebab kulit kusam. Sinar UV yang berasal dari matahari sangat ganas karena bisa menghilangkan protein penting pada kulit wajah.

Tanpa adanya perlindungan dari tabir surya, sinar matahari akan langsung mengenai kulit Anda dan membuat jadi gelap dan kusam.

Itu dia hal-hal yang menjadi alasan dan penyebab wajah kusam yang bisa menurunkan nilai penampilan Anda. Jika ingin mendapatkan kulit yang kembali cerah, Anda hanya perlu makan yang sehat, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan memakai skincare yang cocok untuk kulit.