Ini Perbedaan Facial Wash Dengan Facial Scrub

0
35
Facial Wash dan Facial Scrub

Reportasee.com – Saat melakukan perawatan wajah apalagi melakukan bersih di area wajah dengan memahami perbedaan antara facial wash dengan facial scrub. Biasanya facial wash digunakan sebagai pencuci wajah dengan formula yang lebih ringan. Sementara itu, facial scrub dibuat dengan formula yang lebih padat terdapat butiran-butiran yang ada pada facial tersebut.

Namun, terkadang untuk membedakan kedua hal tersebut dalam melakukan perawatan kadang bingung. Apalagi untuk memahami seperti apa kandungan dari kedua formula tersebut sehingga perlu adanya pemahaman yang mendalam. Bagaimana memahami apa itu facial wash, apa itu facial scrub dan perbedaan dari keduanya.

Pengertian Facial Wash

Facial wash ini memang merupakan sabun pencuci wajah yang ada dengan memformulasikan khusus guna membantu wajah lebih lembab, cerah serta sehat. Namun, biasanya pada facial wash hanya bekerja untuk area wajah dengan formula khusus yang dan tertentu saja. Sehingga facial wash tetap memiliki batasan dalam menghasilkan kulit yang lebih cerah.

Selain itu, facial wash juga lebih lembut saat dipakai pada kulit wajah karena bentuknya yang gel dan halus pada kulit. Ada juga yang berbentuk creamy digunakan pada wajah untuk menghasilkan tinggal kehalusan yang lebih berbeda. Namun, baik bentuk gel dan creamy menghasilkan busa yang lembut untuk kulit wajah sehingga menjadi lebih lembab dan lembut.

Selanjutnya facial wash ini juga lebih banyak ditemui, salah satunya facial wash memformulasikan khusus untuk wajah lebih glowing. Yang menghasilkan wajah lebih sehat, bercahaya serta lebih cerah secara menyeluruh. Selain itu perbedaan facial wash dengan facial scrub perlu memahami pengertian facial scrub.

Pengertian Facial Scrub

Apa Itu facial scrub? Tentunya merupakan perawatan wajah dalam membersihkan kulit dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Formula facial scrub terdapat butiran khusus pada sabun cuci muka berupa microbeads. Butiran kecil halus ini bertekstur kasar dan kecil untuk memberikan sensasi lebih bersih dan lebih baik.

Selain itu formula pada facial scrub ini bekerja lebih baik yaitu dengan kemampuan mengangkat kotoran secara merata. Sementara itu, saat menggunakan facial wash untuk dicuci tanpa menimbulkan busa yang ada setelah digunakan ke wajah. Maka dari itu facial wash yang baik saat digunakan lebih terasa butiran kecilnya sehingga wajah terasa lebih halus setelah pemakaian.

Sarankan penggunaan facial scrub frekuensinya tidak bisa sesering facial foam. Maka dari itu, penggunaan facial scrub dibatasi karena jika dilakukan secara terus menerus justru akan mempengaruhi kulit hingga iritasi. Sementara perbedaan keduanya ada pada waktu penggunaan. Paling tidak penggunaan facial scrub hanya seminggu sekali, sedangkan facial wash bisa dilakukan sehari 1-2 kali sehari.

Setelah memahami apa itu facial scrub maka bisa dipahami bagaimana perbedaan yang paling mendasar dari facial wash dan facial scrub. Hal tersebutlah yang bisa diperhatikan agar lebih melihat perbedaan yang ada pada kedua facial, yaitu wash dan scrub.

Perbedaan Facial Wash Dengan Facial Scrub

Perbedaan dari kedua facial yang digunakan untuk perawatan wajah ini memang mendasari pentingnya wajah agar lebih sehat. Beberapa hal ini tentunya berdasarkan perbandingan yang terlihat dominan antara keduanya.

1. Memahami Berbagai Macam Jenis Kulit

Sebelum menggunakan kedua jenis facial baik wash atau scrub maka dibutuhkan pemahaman seperti apa jenis kulit. Facial tersebut dipilih setelah memahami jenis kulit apa, normal, berminyak, sensitif atau kering. Karena jika salah menggunakan sabun pembersih wajah tentu akan berpengaruh pada kulit wajah, jika tidak cocok akan iritasi.

Sementara itu beragam jenis kulit juga bisa mempengaruhi kebutuhan dari facial itu sendiri. Kenapa? Karena pada facial wash bekerja sewajarnya untuk membersihkan wajah sesering mungkin. Sementara itu, kinerja facial scrub lebih keras karena fungsinya guna menghilangkan noda dan mengangkat sel kulit mati dari pori-pori.

2. Merawat Kulit Wajah Dengan Baik

Perawatan kedua facial antara wash dengan scrub memang tentunya agar kulit wajah lebih baik. Seperti facial wash yang bisa digunakan sesering mungkin untuk menghasilkan kulit wajah secara bersih setiap hari. Dan saat menggunakan facial scrub untuk mencegah jerawat yang muncul dan sel kulit mati terangkat semua.

Kulit wajah yang kusam, tidak bercahaya juga bisa mengatasi dengan perawatan alami untuk kulit mati dan sel yang menghambat pori-pori. Sehingga komedo ataupun jerawat bisa diatasi sedini mungkin dan wajah tetap sehat, cerah serta bercahaya. Jadi, tinggal menempatkan cara penggunaan dengan tepat antara keduanya maka akan menghasilkan wajah terawat.

3. Mempunyai Formula Khusus

Setiap facial ini memang memiliki karakter formula masing-masing yang lebih baik. Biasanya untuk formula dari facial wash lebih lembut dan hanya bekerja untuk membersihkan wajah agar terlihat cerah dan lembab. Sementara itu formula khusus dari facial scrub lebih tajam. Bahkan facial scrub mampu memberikan hasil lebih baik dengan menghilangkan sel kulit mati pada pori-pori.

Formula khusus membuat kedua facial juga menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan akan jenis kulit. Biasanya untuk scrub akan digunakan pada wajah yang berjerawat. Karena mengandung butiran kecil yang mampu membuat kulit wajah lebih bisa mengangkat kotoran dan menghilangkan jerawat.

4. Digunakan Dengan Cara yang Berbeda

Penggunaan tentu berbeda, karena frekuensi seringnya memakai facial wash yaitu bisa digunakan sesering mungkin. Sementara facial scrub digunakan hanya seminggu sekali saja. Karena jika facial scrub digunakan tanpa aturan pakai justru akan membuat kulit menjadi iritasi.

Pada facial wash yang bisa menggunakannya setiap hari ini tentu tidak memberikan efek drastis pada kulit membandingkan dengan facial scrub. Jangan khawatir bagaimana cara menggunakannya, karena dari segi tampilan saja sudah berbeda. Tinggal meletakkan pada tangan dan gosokkan ke wajah secara merata sambil di pijat.

5. Dari Teksturnya

Hal yang paling mencolok dari perbedaan facial wash dengan facial scrub yaitu tekstur dan bahan pembuatnya. Jika facial wash ada berbentuk gel dan creamy, maka facial scrub akan terlihat butiran kasar jika dioleskan ke wajah. Tekstur ini sangat khas terlihat dan hal tersebutlah yang membuat facial wash serta facial scrub sangat berbeda.

Dari segi menghasilkan busa pada wajah, biasanya facial wash lebih banyak busa untuk melembutkan wajah serta wajah jadi bersih. Sementara itu, facial scrub yang memiliki butir-butir halus dan terasa lebih kasar. Saat melakukan pembersihan di wajah menggunakan facial scrub, hanya digunakan beberapa kali saja dalam seminggu.

Inilah beberapa hal mendasari perbedaan adanya facial wash dengan facial scrub. Maka dengan melihat perbedaan tersebut, bisa dipahami bahwa setiap facial memiliki peran dan efek yang berbeda saat menggunakan pada wajah. Sehingga wajah jadi lebih cerah, lembab, bercahaya dan bebas jerawat dengan menggunakan kedua facial tersebut.