Cara Menghindari Iritasi Wajah saat Memakai Masker

Array

Reportasee.com – Cara Menghindari Iritasi Wajah saat Memakai Masker. Di tengah pandemi Covid-19, memakai masker saat keluar rumah harus anda lakukan untuk mencegah penularan.

Namun, penggunaan masker secara continue dapat menyebabkan masalah pada wajah. Salah satunya adalah menyebabkan iritasi wajah. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini.

Cara Menghindari Iritasi Wajah

Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Untuk menghindari iritasi wajah saat menggunakan masker, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu.

Pastikan wajah bersih, tidak ada kotoran dan debu. Hal ini agar kotoran atau debu tidak menempel dan menimbulkan masalah di wajah.

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara selanjutnya untuk menghindari iritasi wajah adalah dengan memncukupi kebutuhan air harian pada tubuh.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik. maka dari itu, Anda harus memperhatikan kebutuhan air pada tubuh.

Pada umumnya, orang memenuhi kebutuhan air dengan minum sebanyak 8 gelas atau dua liter perhari.

Namun, Anda tidak harus terpaku dengan hal tersebut. karena kebutuhan air setiap orang bisa berbeda-beda.

Gunakan Pelembab Wajah

Menggunakan plembab bisa menjadi cara menghindari iritasi wajah saat menggunakan masker. Hal ini sebagaimana saran dari Preofessor Ousey setelah wajah bersih.

Menggunakan pelembab sebelum menggunakan masker akan menjaga kelembaban kulit wajah agar tidak kering.

Penggunaan pelembab bisa anda lakukan minimal 30 menit sebelum menggunakan masker.

Rutin Mengganti atau Membersihkan Masker

Mengganti dan membersihkan masker penting anda lakukan untuk menghindari iritasi saat memakai masker. Ganti secara rutin penggunaan masker.

Apalagi jika Anda mengidap penyakit tertentu. Jangan gunakan satu masker selama berhari-hari dan sudah terkena kotoran atau keringat.

Untuk membersihkan masker dengan benar, Anda harus mengetahui jenis masker yang Anda gunakan.

Masker bedah atau tenaga medis hanya bisa anda pakai satu kali. Sehingga Anda harus mengganti dengan masker baru setelah menggunakannya.

Sementara itu, masker kain atau sejenisnya bisa anda bersihkan dengan cara mencucinya sebelum menggunakannya kembali.

Menjaga Kebersihan Tangan

Selain menjaga kebersihan wajah dan masker, Anda juga perlu untuk memperhatikan kebersihan tangan. Bagian tubuh yang satu ini sering melakukan kontak pada banyak benda.

Gunakan hand sanitizer atau mencuci tangan sebelum melepas masker. Selain itu, jangan terlalu sering menyentuh masker atau wajah saat beraktivitas. 

Mengganti Masker Setiap 2 Jam

Jika Anda bekerja sebagai tenaga medis, maka cara menghindari iritasi wajah yang harus anda perhatikan adalah membuka masker selama 2 jam sekali.

Hal ini perlu anda lakukan agar wajah tidak terlalu tertekan akibat penggunaan masker yang kencang. Dengan begitu, iritasi akibat penggunaan masker yang kontinu tidak terjadi.

Membuka masker setiap ada kesempatan dapat membantu kulit wajah melepaskan tekanan.

Namun, Anda harus memperhatikan kebersihan tangan sebelum membukanya. Pastikan tangan bersih dan buka masker di tempat yang steril. ***

Latest articles

Fakta Unik Pulau Ular di Brazil yang Menyeramkan

Reportasee.com - Fakta unik pulau ular di Brazil. Ular merupakan salah satu jenis reptile yang memiliki cukup banyak haters di seluruh dunia.

Struktur Tubuh Ular dalam Ilmu Sains

Reportasee.com - Mengetahui struktur tubuh ular tak ada salahnya agar Anda bisa mendapatkan tambahan pengetahuan. Hewan ini memang sering...

Jenis Ular Berbisa yang Mematikan

Reportasee.com - Jenis Ular Berbisa yang Mematikan. Berita mengenai manusia meninggal karena ular sudah banyak terjadi di dunia. Biasanya korban sedang berada...

Ular Terbesar di Dunia, Ini Daftarnya!

Reportasee.com - Ular terbesar di dunia, ini daftarnya! Ular salah satu hewan melata serta bisanya dapat mematikan siapa saja yang terkena gigitannya.

Related articles

Enable Notifications    Ok No thanks