22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaCara Mencegah Milia pada Wajah Agar Tetap Cantik

Cara Mencegah Milia pada Wajah Agar Tetap Cantik

Reportasee.com – Cara mencegah milia pada wajah agar tetap cantik. Milia dikenal tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri tanpa harus Anda obati.

Namun, terkadang keberadaannya cukup mengganggu dan tak kunjung hilang, sehingga Anda perlu untuk tahu cara mencegah milia pada wajah, sehingga wajah kembali mulus.

Milia merupakan sebuah benjolan berwarna putih dengan ukuran kecil yang biasa tumbuh pada bagian wajah. Kadang milia muncul pada bayi yang baru lahir, namun akan hilang sendirinya. Sedangkan pada orang dewasa bisa muncul karena berbagai penyebab. Berikut cara mencegahnya.

Cara Mencegah Milia pada Wajah

Gunakan Produk Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Saat ini telah banyak beredar produk perawatan wajah dan skincare yang berguna untuk menutrisi serta merawat kulit. Tentunya Anda para perempuan setiap harinya memakai produk-produk tersebut. Namun, apakah produk yang Anda gunakan telah sesuai dengan jenis kulit Anda?

Begitu penting mengenali jenis kulit agar tahu produk perawatan wajah yang sesuai. Dengan begitu perawatan yang Anda lakukan bisa menghasilkan manfaat baik untuk wajah, bukan justru membuatnya rusak.

Salah satu penyebab munculnya milia pada wajah yaitu kesalahan dalam merawat wajah, termasuk pemilihan produk perawatan yang tidak tepat. Anda harus mengenali jenis kulit wajah, apakah itu normal, berminyak, kering, sensitif, atau yang lainnya.

Dengan mengenali jenis kulit, maka Anda bisa membeli produk perawatan yang sesuai. Misalnya kulit wajah Anda berminyak, maka harus membeli produk perawatan khusus untuk wajah berminyak. Menggunakan produk yang tepat bisa menjadi salah satu langkah guna mencegah munculnya milia.

Bersihkan Wajah Secara Rutin

Cara mencegah milia berikutnya yaitu dengan menjaga kebersihan kulit. Saat beraktivitas di luar, pastinya kulit wajah akan terpapar sinar matahari, terkena debu dan kotoran yang membuat wajah kotor, berminyak, dan kusam.

Adanya debu dan kotoran yang menumpuk pada kulit wajah bisa mengakibatkan timbulnya jerawat ataupun milia. Ini karena kotoran tersebut menutup pori-pori wajah dan membuat keratin terperangkap. Terperangkapnya keratin bisa mengakibatkan milia.

Oleh karena itu, seusai melakukan aktivitas di luar rumah jangan lupa segera membersihkan wajah. Dalam membersihkan wajah pun harus Anda lakukan secara benar. Jangan langsung menggunakan sabun cuci muka. Anda harus membersihkannya dengan cairan pembersih wajah dulu.

Hal tersebut perlu Anda lakukan, pasalnya sabun cuci muka tak cukup bisa membersihkan semua kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Dan jangan lupa pula untuk membersihkan wajah sebelum tidur agar pori-pori terbuka saat Anda tidur.

Tak Menggunakan Handuk Badan untuk Wajah

Hal yang perlu Anda hindari guna mencegah munculnya milia yaitu tak menggunakan handuk badan untuk mengusap wajah. Ini karena handuk untuk badan pastinya telah terkena kotoran atau bakteri dari badan, sehingga bukan malah membersihkan, tapi justru mengotori wajah.

Baca:  Cara Membersihkan Kuas Make Up dengan Beberapa Bahan Sederhana

Guna mencegah perpindahan bakteri dari badan ke wajah, maka Anda perlu menggunakan handuk khusus untuk wajah. Atau lebih baik menggunakan tisu karena sekali pakai. Dengan begitu, Anda dapat mencegah bersarangnya bakteri atau kotoran.

Baca:  Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Pencegahannya

Menggunakan Tabir Surya Ketika Keluar Rumah

Milia juga bisa muncul karena paparan sinar matahari yang terlalu panas, yang mana ini akan membuat kulit terbakar. Keadaan tersebut akan membuat kulit melepuh dan menutup pori-pori, sehingga keratin akan terperangkap dalam kulit dan timbul milia.

Menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF 30 ke atas bisa Anda lakukan agar kulit tak terbakar sekaligus sebagai cara mencegah milia.

Pastikan Anda menggunakan sunscreen saat keluar rumah, terlebih saat cuaca sedang panas. Bahkan jika sinar matahari terlalu terik gunakan tabir surya.

Sunscreen dan tabir surya sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah kulit terbakar, menjaga warna kulit agar tetap merata (tidak belang), serta mencegah penuaan dini.

Saat ini telah banyak ada produk sunscreen, baik dari SPF 30 sampai 70, dan ada pula sunblock dengan SPF 80. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Tak Menggunakan Produk dengan Kandungan Kortikosteroid

Cara selanjutnya yaitu menghindari produk dengan kandungan kortikosteroid. Kandungan kortikosteroid berfungsi untuk menambah hormon steroid dalam tubuh jika diperlukan. Selain itu juga bisa meredakan peradangan dan digunakan pada kosmetik untuk memutihkan.

Ketika menggunakan kosmetik yang mengandung kortikosteroid dalam jangka panjang akan mengakibatkan lapisan kulit terkikis dan makin tipis. Selain itu juga bisa mengakibatkan peradangan, kulit memerah, kulit jadi sensitif, serta bisa pula menimbulkan milia.

Konsumsi Suplemen Vitamin E, B2, dan B3

Cara berikutnya yaitu dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E, B2, dan B3. Ketiga vitamin tersebut sangat baik untuk merawat kulit wajah.

Vitamin E sangat bermanfaat bagi kulit wajah, karena dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit mudah melakukan regenerasi.

Ini bisa menghilangkan kusam dan keriput. Kegunaan vitamin B2 yaitu untuk mencegah peradangan jerawat dan menjaga kelembutan kulit wajah.

Sedangkan kegunaan vitamin B3 untuk wajah yaitu untuk mencerahkan kulit dan mencegah pertumbuhan melanin. Melanin merupakan zat yang menyebabkan kulit gelap.

Itulah beberapa cara mencegah milia pada wajah yang bisa Anda lakukan. Agar milia tidak tumbuh pada wajah, tentunya Anda perlu melakukan cara-cara tersebut secara rutin dan jangka panjang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular