adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBeritaPencegahan Covid-19 saat Lebaran 2021

Pencegahan Covid-19 saat Lebaran 2021

Reportasee.com – Pencegahan Covid-19 penting untuk anda lakukan selama perayaan lebaran berlangsung. Pasalnya muncul kekhawatiran kasus corona meningkat saat masyarakat merayakan hari raya idul Fitri.

Pasalnya momen lebaran selalu identik dengan berkumpulnya banyak orang. Baik sanak saudara, kerabat maupun keluarga lainnya sering kali berkumpul satu sama lain untuk saling bersilaturahmi.

Momen berkumpul di dalam saat inilah bisa memicu penularan penyakit Covid-19. Pasalnya kita tidak tahu apakah anggota keluarga terjamin bebas dari virus tersebut.

Belum lagi bisa saja sebelumnya seseorang dari anggota keluarga berkumpul dalam kumpulan berbeda. Apalagi tak jarang muncul penyakit corona tanpa gejala dari seseorang. Inilah yang sangat rentan terjadi dan bisa saja benar-benar kejadian di masyarakat.

Karena itulah anda patut mengetahui Covid-19 pencegahan selama momen perayaan lebaran berlangsung. Dengan begitu, keluarga tetap sehat tanpa tertular wabah satu ini.

Pentingnya Mengetahui Tentang Pencegahan Covid-19

Pemerintah selalu menggalakkan mengenai pencegahan Covid-19 supaya angka penularan virus tersebut menurun. Pasalnya sudah banyak masyarakat yang terkena virus tersebut. Bahkan tak jarang kematian bisa saja terkena mereka.

Karena itulah pemerintah selalu menganjurkan masyarakat selalu menjalankan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan dan lainnya.

Akan tetapi momen lebaran yang terjadi satu tahun sekali memungkinkan penyebaran virus bisa berlangsung.

Karena itulah berikut beberapa bentuk pencegahan Covid-19 untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Tak Berkerumun Saat Malam Takbir

Upaya pencegahan Covid-19 yang pertama adalah tidak berkerumun maupun bergerombol. Malam takbiran identik dengan semaraknya pukulan beduk dan kumandang takbir. Memang mengumandangkan takbir di luar rumah boleh-boleh saja.

Akan tetapi anda juga perlu memperhatikan jarak antara satu orang dan lainnya. Tak hanya itu hindarkan diri anda dari gerombolan banyak orang. Jangan lupa untuk selalu memakai masker di manapun anda berada

Meskipun tidak ada pelarangan mengenai semarak takbir di luar ruangan, alangkah baiknya anda menjalankan pencegahan Covid-19. Bentuknya adalah mengumandangkan takbir dari rumah saja. Selain akan mengamankan diri anda dari penyakit, ada manfaat lain dalam menjalankannya.

Yaitu kumandang takbir, tahlil juga tahmid menjadi lebih hikmat. Selain itu, di setiap masjid pasti ada pengurus dengan tugas menggemakan takbir lewat pengeras suara. Sehingga anda masih bisa mendengarnya walaupun dari rumah saja.

Menjaga Jarak Kala Sholat Ied

Langkah pencegahan Covid-19 selanjnutnya adalah menjaga jarak. Sekalipun anda tengah sholat Ied, menjaga jarak tetap harus Jemaah lakukan. Memang sholat ied sebaiknya berlangsung secara berjamaah.

Tak jarang pelaksanaannya berlangsung di tempat terbuka. Misalnya saja masjid, mushola, maupun tanah lapang. Sebelum sholat ada baiknya anda berwudhu di rumah terlebih dahulu sehingga mencegah dari kerumunan. Tidak lupa masker selalu anda pakai.

Kemudian bawalah sajadah dari rumah sendiri. Jaga jarak tetap berlangsung minimal 1,5 m dengan umat islam lain. Mulai dari perjalana rumah, masuk area masjid sampai saf sholat.

Melakukan Pembayaran Zakat Secara Online

Cara Pencegahan Covid-19 selanjutnya bisa berbentuk pembayaran zakat. Perlu anda ketahui, setiap umat muslim wajib membayar zakat berupa fitrah di bulan Ramadhan. Zakat tersebut harus anda tunaikan dari awal puasa dan selambatnya sebelum shalat ied.

Biasanya pembayaran zakat umat islam lakukan dengan mendatangi masjid ataupun mushola yang menyelenggarakan. Kemudian bertemu dengan penerima dan berjabat tangan sebagai tanda penerimaan. Tetapi karena penyakit satu ini, anda wajib menggantinya demi pelaksanaan pencegahan Covid-19.

Caranya adalah dengan melakukan pembayaran zakat fitrah secara online lewat fitur transfer bank. Saat ini sudah sangat banyak lembaga resmi penerimaan zakat untuk umat islam. Sehingga anda tidak perlu merasa kesusahan dalam praktiknya.

Bahkan cara ini bisa sebagai pencegahan Covid-19. Pasalnya anda tidak akan bertemu dengan orang lain apalagi dalam jumlah banyak untuk melaksanakan kewajiban berzakat. Anda tidak perlu khawatir penerima zakat ini.

Pasalnya lembaga resmi akan menyalurkan zakat kepada orang yang berhak. Sudah banyak bukti terkait penerimaan zakat ini. Bahkan pemerintah sudah melegalkan langkah pembayaran berlangsung secara daring.

Bersilaturahmi Secara online

Guna menghindari kerumunan dalam bentuk pencegahan Covid-19, anda bisa memanfaatkan fitur internet. Momen lebaran memang identik dengan silaturahmi kepada banyak keluarga. Untuk melakukan pencegahan ada baiknya semua itu berlangsung secara daring.

Sudah ada banyak layanan online untuk menunjang kegiatan tersebut. Misalnya saja video call maupun saling bertukar pesan. Meskipun tidak bertemu langsung, ajang silaturahmi masih tetap terjaga. Tak hanya itu melakukan panggilan jarak jauh sebagai pencegahan membawa manfaat lain.

Anda dan sekeluarga bisa terhindar dari virus berbahaya. Selain itu anda juga dapat melakukan panggilan video dengan banyak orang sekaligus. Berkembangnya teknologi membuat fitur ini semakin memudahkan semua masyarakat.

Walaupun tak saling bersalaman dan bertatap muka langsung, kegiatan memaafkan ini akan tetap terasa khidmat. Selama niat kita bermaafan dengan tulus, pahalanya tetap serupa kala bertemu asli.

Mengirim Parsel Lebaran Dalam Keluarga

Tidak mudik ke kampung halaman menjadi salah satu bentuk pencegahan Covid-19. Akan tetapi bukan berarti anda hanya diam diri saja di rumah. Pasalnya sebagian besar orang saling membawa parsel lebaran ke rumah para tetua.

Di tengah pandemi seperti sekarang anda masih bisa melakukan tradisi tersebut. Berkat keberadaan kurir ekspres yang bisa sampai dalam waktu satu hari menjadi solusi terjitu. Bahkan anda bisa mengirim jauh-jauh hari jika keluarga berada di kampung nan jauh.

Keberadaan market place di internet juga bisa anda manfaatkan untuk mengirim parcel. Akan tetapi perhatikanlah benda tersebut bukanlah pecah belah ataupun mudah rusak. Sehingga meskipun membutuhkan waktu berhari-hari, parcel lebaran yang anda kirim ke kampung tetap utuh tanpa cacat.

Tak Berbelanja ke Toko Guna Memiliki Baju Baru

Bukan hanya berbentuk tradisi berkumpul, masih ada lagi bentuk pencegahan Covid-19. Lebaran identik dengan semua benda yang bersifat baru. Mulai dari pakaian, alas kaki maupun benda lainnya. Guna mencegah penularan penyakit ada baiknya anda tidak bepergian untuk berbelanja.

Sama halnya dengan pemberian parcel secara online, teknologi ini bisa anda manfaatkan untuk berbelanja. Pasalnya di dunia market place tersedia bermacam barang dengan banyak variasi. Hal ini juga termasuk pakaian, alas kaki dan sebagainya.

Berbelanja di toko online bisa menjadi sebuah pencegahan Covid-19. Dengan begitu anda tidak perlu lagi ke tempat umum untuk berbelanja. Apalagi seringkali saat menjelang lebaran, beberapa toko barang tersebut menjadi serbuan banyak orang.

Fenomena inilah bisa menimbulkan sebuah bentuk penularan baru. Karena itulah anda wajib menghindarinya dengan memanfaatkan teknologi. Jangan sampai hanya untuk baju baru, anda berkerumun dan rentan terkena penyakit.

Banyaknya bentuk pencegahan Covid-19 bisa anda lakukan sesegera mungkin. Perayaan lebaran identik dengan kebahagiaan dan keceriaan. Sehingga jangan sampai anda tertular penyakit karena tidak mengikuti pencegahan tersebut.

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Memilih Laptop Gaming Terbaik, Begini Tipsnya!

Reportasee.com - Laptop gaming terbaik menjadi jenis laptop yang paling banyak dicari....

Punya Penyakit Anemia? Coba Obat Penambah Darah Ini!

Reportasee.com - Jika anda punya penyakit anemia atau kurang darah, cobalah...

Saham Tesla Inc. Sentuh 1 Triliun Dollar Untuk Pertama Kali

Reportasee.com - Saham Tesla Inc. beberapa waktu lalu berhasil mencapai angka yang...

7 Produk Xiaomi Paling Diminati di Indonesia

Reportasee.com - 7 Produk Xiaomi yang paling diminati di Indonesia. Penduduk Indonesia...

Minecraft, Permainan Terlaris Asal Swedia

Reportasee.com – Minecraft, pastinya permainan berbasis teknologi ini sudah tak lagi asing...