Obat Luka Bakar Yang Efektif Dan Bisa Diandalkan

Luka bakar merupakan suatu cidera kulit yang biasanya terjadi akibat paparan benda yang panas. Namun, luka bakar biasanya juga bisa disebabkan karena terkontaminasi bahan kimia hingga sengatan listrik. Maka dari itu obat luka bakar sangat dibutuhkan untuk meredakannya.

Biasanya luka bakar ini kerap terjadi ketika kita sedang melakukan pekerjaan rumah seperti halnya saat memasak. Meskipun terlihat sepele, jika Anda biarkan terlalu lama luka tersebut akan semakin perih. Untuk itu, simak beberapa rekomendasi obatnya berikut ini.

Lidah Buaya

Anda pasti sudah sering mendengar manfaat dari tanaman yang satu ini bukan? Tidak hanya berfungsi sebagai pelembab kulit dalam kecantikan saja, tanaman lidah buaya ini juga bermanfaat untuk meredakan kulit yang terbakar karena mengandung antibakteri.

Bahkan, banyak sekali riset yang sudah membuktikan bahwa tanaman lidah buaya ini memang ampuh untuk menyembuhkan luka bakar. Maka dari itu, tidak salah lagi jika banyak orang yang menggunakan obat tradisional ini untuk mengatasi luka bakar.

Cara pemakaian yang paling efektif ketika menggunakan lidah buaya alami ini sebagai obat yaitu dengan cara mengoleskan gel yang ada di dalamnya secara langsung pada kulit yang terluka. Tapi, jika Anda menggunakan salep lidah buaya maka pilih yang tinggi kandungannya.

Madu

Selain lidah buaya, madu juga dipercaya dapat mengurangi luka bakar yang terjadi pada kulit karena mempunyai berbagai macam kandungan. Antara lain yaitu anti radang, anti jamur, dan antibakteri. Dengan begitu, tidak salah jika banyak orang yang memanfaatkannya.

Salah satu riset dari para ahli pun juga menunjukkan bahwa madu ini memang mempunyai kandungan manfaat yang sangat banyak, termasuk dalam hal mengobati luka bakar ringan dan juga mempunyai proses penyembuhan yang relatif cepat.

Air Sejuk

Apabila Anda tidak mempunyai dua jenis obat alami di atas, maka tak ada salahnya untuk menggunakan air yang sejuk. Ini bukan air yang didinginkan maupun dibekukan dalam lemari es, melainkan air yang mengalir dari kran atau sumber lain.

Caranya pun sangat simpel, yaitu Anda cukup membasuh kulit yang terkena luka bakar selama kurang lebih 10 sampai dengan 20 menit. Dengan begitu, rasa perih yang masih menjalar tersebut nantinya akan mulai berkurang secara perlahan dan kembali pulih.

Adapun cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan handuk kecil yang telah dikompres air dingin pada kulit yang terbakar selama 5 sampai 15 menit saja. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan es batu yang sudah Anda bungkus dengan kain.    

Teh

Tahukah Anda bahwa ternyata teh tidak hanya bisa Anda konsumsi saja? Teeh sendiri ternyata mampu mengatasi luka bakar yang ringan, terutama satu kantong teh hitam yang dingin akan meredakan rasa sakit tersebut. Ini karena adanya tanin dalam kandungan teh hitam.

Tanin pada teh hitam tersebut bisa menurunkan luka bakar hingga meredakannya secara efektif. Caranya pun cukup mudah, yaitu Anda cukup meletakkan kantong teh hitam yang telah dicelup dalam air, kemudian dinginkan lalu balut dengan perban.

Susu

Kebanyakan orang pun juga menganggap bahwa susu merupakan salah satu obat yang dapat mengurangi rasa nyeri pada luka bakar. Prosesnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu mangkok susu dingin ke dalam mangkuk.

Jika sudah, oleskan susu cair tersebut ke area kulit yang terkena luka bakar. Dengan begitu, susu tersebut akan menyejukkan kulit yang sedang meradang akibat luka bakar. Di sisi lain, tak jarang bahwa susu juga sering digunakan untuk perawatan sehabis terluka.

Salep Silver Sulfadiazine

Sebagai pengganti obat luka bakar yang alami, Anda juga bisa menggunakan salep silver sulfadiazine ini. Salep ini sangat ampuh untuk meredakan nyeri akibat tersiram air panas, minyak, hingga terkena setrika panas. Bahkan, Anda pun hanya tinggal mengoleskannya saja.

Kandungan bahan yang ada di dalamnya pun mampu mencegah iritasi dan juga infeksi yang nantinya dapat menyebar di sekitar kulit yang sakit. Selain itu, salep ini juga sangat berguna untuk mengatasi luka bakar yang sudah berada dalam kondisi yang cukup berat. 

Salep Bacitracin

Jika kulit Anda terkena luka bakar yang lumayan parah, maka segera gunakan salep bacitracin ini untuk menghentikan rasa sakitnya. Sebab, salep ini mempunyai antibiotik yang berfungsi untuk menangkal infeksi pada kulit yang terluka tersebut akibat adanya bakteri.

Salep Mafenide Acetate

Rekomendasi obat luka bakar yang bisa Anda gunakan terakhir yaitu salep mafenide acetate. Di mana salep ini mampu mengurangi risiko terjadinya penyebaran bakteri yang ada di sekitar kulit yang terbakar yang mampu menganggu proses pengaliran darah.

Menariknya lagi, salep mafenide acetate ini tidak hanya mampu mengatasi luka bakar yang ringan maupun sedang saja. Melainkan obat yang satu ini sering penggunaannya untuk mengobati kulit yang terinfeksi karena terkena luka bakar yang sangat parah.