Obat Kepala Gatal dari Bahan Alami yang Ampuh

Berita Viral

Gatal pada kepala bisa terjadi karena banyak sebab, dan di antaranya adalah kulit kepala terlalu kering, ketombean, dan kutuan. Meskipun menggaruk kepala dapat mengurangi rasa gatal tersebut, ada baiknya Anda carikan obat kepala gatal.

Menggaruk hanya membantu mengurangi rasa gatalnya saja. Rasa gatal tersebut akan kembali dan jika terus Anda garuk bisa jadi kulit Anda mengalami iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya gatal pada kepala segera Anda obati. Berikut beberapa obat alami yang ampuh mengobati gatal di kepala.

Lidah Buaya

Sudah sangat familiar sekali bukan jika lidah buaya dapat Anda gunakan untuk perawatan rambut? Lidah buaya memiliki tekstur lembut dan dingin. Ini sangat bermanfaat untuk menenangkan kulit kepala yang gatal. Dengan lidah buaya, ketombe penyebab rasa gatal perlahan juga akan menghilang.

Selain itu, lidah buaya juga dapat melembapkan rambut dan kulit kepala. Cara menggunakan lidah  buaya tersebut hanya dengan mengoleskan gelnya ke kulit kepala sambil pijat-pijat perlahan. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih.

Gel ini bisa Anda ambil langsung dari tanaman lidah buaya. Jika Anda tidak memilikinya di rumah, bisa membeli produk gel lidah buaya yang tersedia di pasaran.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki rasa sangat khas. Namun, apakah Anda tau jika buah tersebut bisa Anda gunakan untuk obat kepala gatal? Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Asam tersebut berfungsi untuk melembapkan kulit kepala.

Dengan demikian, kulit kepala tidak akan terasa kering. Gunakan alpukat sebagai masker yang Anda oleskan ke rambut. Jika Anda tidak ingin menggunakan buah alpukat asli, bisa ganti dengan minyak alpukat yang Anda beli di toko.

Pisang

Pisang juga merupakan salah satu buah yang memiliki rasa sangat lezat dan disukai banyak orang. Namun tak banyak yang tau bahwa pisang bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering.

Pisang memiliki kandungan anti mikroba yang dapat membersihkan kepala dan melembapkannya. Cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan pisang tersebut. Kemudian, campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Pijat-pijatkan secara pelan dan perlahan ke kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit saja. Setelah itu, Anda bisa membilasnya sampai bersih. Kepala akan terasa lebih segar dan rileks.

Cuka Apel

Rasa gatal yang Anda rasakan di kulit kepala juga bisa teratasi menggunakan asam asetat. Asam asetat bisa Anda dapatkan secara alami dari cuka apel. Anti mikroba yang terkandung di dalamnya mampu mengurangi bahkan menghilangkan jamur atau bakteri yang bersarang di kulit kepala.

Dengan demikian, rasa gatal yang Anda alami perlahan akan mereda dan hilang. Tak hanya itu, sifat inflamasi pada cuka apel pun juga ikut berperan dalam membantu eksfoliasi. Cara menggunakan cuka apel untuk obat gatal kulit kepala adalah dengan mengoleskannya secara langsung.

Namun sebelum itu, campurkan cuka apel dengan air bersih. Diamkan dulu selama 5 menit agar meresap ke kulit kepala. Setelah itu, cuci rambut Anda menggunakan shampo dan bilas sampai bersih.

Catatan penting untuk Anda yang hendak menggunakan cuka apel untuk mengobati gatal di kulit kepala. Jangan menggunakan cuka apel pada kulit kepala yang mengalami iritasi karena dapat menyebabkan rasa terbakar. Jadi, Anda harus berhati-hati jika memiliki kulit kepala sensitif.

Telur

Selain enak, telur juga dapat Anda gunakan sebagai obat kepala gatal. Caranya, Anda campurkan telur dengan yogurt. Kemudian, oleskan ke kulit kepala Anda. Pengolesan bisa Anda barengi dengan pemijatan secara perlahan agar telur dan yogurt tersebut dapat teresap sempurna.

Biarkan dulu selama 10 menit kemudian Anda bisa membilasnya menggunakan air sampai bersih. Yogurt memiliki sifat yang dapat menyejukkan kulit dan melakukan proses eksfoliasi. Sedangkan telur menyimpan banyak protein dan lemak yang membantu menyehatkan kulit kepala.

Dengan demikian, kulit kepala akan terjaga kesehatannya dan terlindungi dari bahaya radikal bebas. Cara mengobati kulit kepala gatal yang sangat alami bukan?

Minyak Zaitun

Obat alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati rasa gatal pada kulit kepala secara alami selanjutnya yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan salah satu bahan yang kerap orang jadikan campuran dalam kosmetik.

Tak heran jika minyak yang satu ini juga direkomendasikan sebagai obat kepala gatal paling ampuh. Minyak zaitun mampu menghilangkan sisik di kulit kepala penyebab rasa gatal tersebut muncul. Kulit kepala pun akan menjadi lebih lembut dan lembap.

Cara menggunakannya adalah dengan memijat-mijatkan minyak zaitun ke bagian pangkal rambut secara merata. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, cuci rambut Anda menggunakan shampo.

Sangat mudah sekali bukan mengaplikasikan obat gatal di kepala secara alami tersebut? Namun, Anda harus telaten dan sabar. Reaksi dari obat-obatan alami tidak secepat obat medis. Meskipun demikian, hasilnya sama-sama menjanjikan. Tapi Anda harus bersabar.

Berita Terbaru