32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaManfaat Temulawak untuk Kesehatan Apa Saja? Ini Dia

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Apa Saja? Ini Dia

Temulawak telah dikenal oleh masyarakat sebagai obat tradisional secara turun temurun. Beberapa obat baik herbal maupun bukan juga mengandung temulawak. Memang jenis rempah yang satu ini  sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan.

Meningkatkan Nafsu Makan

Mungkin Anda menemui banyak jenis vitamin penambah nafsu makan anak yang memiliki kandungan temulawak. Memang temulawak memiliki kandungan senyawa kurkuma yang bisa mengosongkan lambung, sehingga akan mudah merasa lapar. Karena inilah nafsu makan meningkat.

Nafsu makan anak memang sering kali kacau. Sebagai orang tua, pasti Anda akan merasa khawatir karena anak masih dalam masa pertumbuhan, yang mana sangat membutuhkan asupan nutrisi dan gizi dari makanannya.

Untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, sebagai cara alami Anda bisa merebus temulawak dicampur dengan asam jawa dan gula merah. Meskipun sebenarnya temulawak pahit, tapi dengan perpaduan asam jawa dan gula merah membuat rasanya manis asam yang disukai anak.

Meredakan Peradangan

Selain untuk meningkatkan nafsu makan, temulawak juga bisa bermanfaat untuk meredakan peradangan. Kandungan minyak esensial dan kurkumina dalam temulawak memiliki sifat antiinflamasi. Ini berguna untuk meredakan peradangan.

Peradangan yang dapat diredakan dengan temulawak ini, misalnya perdangan pada sendi. Senyawa antiinflamasi ini dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang menimbulkan peradangan. Ini membuat temulawak bisa menjadi obat trasidional yang tepat bagi penderita ostheoarthiritis.

Cara mengonsumsinya yaitu harus dibakar terlebih dahulu. Kemudian kupas temulawak dan cuci sampai bersih. Baru direbus dengan air dan bisa diminum jika sudah dingin.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk sistem pencernaan. Karena temulawak bisa merangsang organ hati untuk memproduksi cairan empedu, sehingga ini dapat melancarkan proses pencernaan makanan.

Manfaat lain temulawak untuk pencernaan yaitu untuk mengatasi peradangan usus. Senyawa yang ada pada temulawak, dapat membantu penyembuhan peradangan tersebut. Selain itu, rempah ini juga bisa Anda andalkan untuk mengatasi perut kembung akibat masuk angin.

Meningkatkan Fungsi Hati

Kurkumin yang terkandung pada temulawak juga baik bagi hati, sebab senyawa ini dapat mencegah lemak timbul pada sel-sel hati. Batang bagian bawah temulawak juga bisa Anda konsumsi untuk menghambat berkembangnya penyakit hepatitis.

Mengobati Maag

Manfaat temulawak berikutnya yaitu sebagai obat maag. Penyakit yang masih terkait sistem pencernaan ini tergolong serius dan banyak orang yang mengalami. Temulawak mengandung monoterpen, kukurmin, serta sekuiterpen yang dapat meredakan sakit maag.

Untuk mengobati maag, cara pengolahan temulawak bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda cukup mengirisnya tipis-tipis kemudian merebusnya dengan air sampai mendidih. Anda bisa meminum racikan ini secara teratur agar penyakit maag hilang.

Baca:  Pusat Budaya Ciamis di Kawasan Obwis Ciung Wanara Karangkamulyan

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Rempah pahit ini juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya temulawak memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi ramuan temulawak yang telah dihaluskan dan diambil sarinya untuk ditambah madu dan air.

Baca:  Menu Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa Selama Bulan Ramadhan

Anda juga bisa mengonsumsi temulawak dengan mencampur dan merebusnya bersama kunyit. Mengonsumsi ramuan alami ini bisa Anda lakukan setiap hari untuk menjada stamina dan daya tahan tubuh. Jadi, Anda tak perlu konsumsi berbagai suplemen dan obat-obatan untuk tetap sehat dan berstamina.

Menurunkan Kolestrol

Manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya yaitu bisa menurunkan kolestrol. Kandungan kurkuma pada temulawak juga berguna untuk menurunkan kadar kolestrol. Tingginya kadar kolestrol sangat berbahaya bagi tubuh, karena bisa memicu penyakit jantung, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Sebelum munculnya penyakit-penyakit tersebut, sebaiknya Anda segera menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Anda bisa mengandalkan temulawak sebagai ramuan tradisional yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Mengatasi Jerawat

Munculnya jerawat baik di wajah maupun bagian tubuh lainnya jelas sangat mengganggu. Selain tak enak dipandang juga menimbulkan rasa sakit. Jerawat sendiri bisa muncul karena berbagai faktor, seperti polusi, kebiasaan membersihkan wajah atau tubuh yang salah, dan juga pengaruh hormon.

Untuk mengatasi jerawat, temulawak bisa Anda manfaatkan. Kandungan antiinflamasi dapat meredakan peradangan akibat jerawat dan membantu agar jerawat cepat kering. Anda bisa memanfaatkan temulawak sebagai masker untuk mengatasi jerawat pada wajah.

Menggunakan masker wajah dari bahan temulawak juga bermanfaat untuk  mencerahkan wajah. Kandungan zat dan senyawa pada temulawak bisa membantu melepas sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Penggunaan secara rutin bisa membuat wajah Anda sehat dan cerah.

Mengurangi Lemak

Temulawak mampu mempengaruhi metabolisme lemak atau lipid yang bertugas dalam menguraikan asam lemak menjadi energi pada tubuh. Makin banyaknya penguraian asam lemak membuat tubuh makin berenergi.

Banyaknya asam lemak yang terurai juga membuat lipatan lemak berkurang dan membentuk tubuh langsing. Jadi, tak heran jika temulawak juga banyak dimanfaatkan untuk diet atau melangsungkan badan dengan bahan alami.

Demikian sedikit rangkuman manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh. Sebanarnya masih banyak lagi khasiat dari rempah-rempah asli nusantara ini. Sehingga tak ada salahnya Anda mulai mengonsumsinya secara rutin, minimal untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer