32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaMakanan Sehat untuk Ibu Hamil dengan Nutrisi Tinggi

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dengan Nutrisi Tinggi

Untuk mencukupi kebutuhan sang buah hati dalam kandungan, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dalam hal ini, ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa mulai dikonsumsi secara rutin sejak hamil muda.

Dengan mengkonsumsi daftar makanan yang tepat sesuai kebutuhan gizi janin, pertumbuhan janin akan lebih baik. Hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi perkembangannya setelah lahir. Lalu, apa saja daftar makanan yang dimaksud? Untuk selengkapnya, simak di bawah ini!

Bayam

Perlu Anda ketahui bahwa bayam memiliki kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil, khususnya bagi anak dalam kanduangannya. Kandungan tersebut tidak lain adakah asam folfat.

Kandungan ini akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, dan mencegah terjadinya cacat lahir. Asam folfat ternyata juga bisa membantu pencegahan terhadap terjadinya kelahiran premature yang kadang menimbulkan masalah pada bayi.

Pisang

Pisang merupakan makanan yang sangat mudah Anda jumpai di mana pun, dan di musim apa pun. Jika Anda suka buah ini, maka itu adalah kabar baik untuk kehamilan, karena pisang pun dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pisang merupakan makanan yang recommended untuk di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama. Alasannya karena pisang bisa membantu untuk mengurangi rasa mual dengan kanduangn vitamin B6 nya. Mengkonsumsi pisang juga akan membantu melancarkan cairan dalam tubuh.

Brokoli

Anda suka brokoli? Jika iya dan Anda sedang hamil, segera konsumsi sayuran menarik yang satu ini. Brokoli juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena nutrisi di dalamnya sangat lengkap. Tentu saja ini baik untuk ibu maupun bayi yang berada dalam kandungan.

Kandungan vitamin dalam brokoli juga bagus, terutama vitamin C nya. Vitamin C tersebut bisa membantu penyerapan zat besi pada ibu hamil. Hal ini juga bisa membantu menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Kacang-kacangan

Ada makanan lain yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yakni kacang-kacangan. Jenis kacang yang bisa Anda konsumsi sendiri sangat banyak, mulai dari kacang polong, kacang tanah, hingga kacang kedelai.

Kacang-kacangan ini akan memberikan banyak nutrisi terhadap ibu dan bayi. Selain itu, kandungan dalam kacang juga sangat bagus dan lengkap.

Saat hamil, khususnya di trimester pertama, usahakan Anda banyak mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut. Pilih saja mana yang sekiranya paling Anda suka.

Daging

Daging juga merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi. Hal ini membuatnya menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang mungkin banyak orang menyukainya.

Baca:  Cara Agar Jaringan 4G Full, Ponsel Makin Melejit Kencang!

Anda bisa mengolahnya dengan baik sesuai selera dan banyak-banyak mengkonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan gizi pada janin. Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, yakni memilih daging yang rendah lemak atau tanpa lemak.

Baca:  Treatment untuk Wajah Kusam dengan Mudah Agar Cantik Alami

Ikan Salmon

Title ikan salmon yang baik Anda konsumsi saat hamil dan menyusui tentu sudah bukan rahasia lagi. Ikan ini akan memberikan banyak manfaat terhadap sang buah hati dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Karena itulah, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya sesering mungkin saat sedang hamil dan menyusui.

Lalu, sebenarnya kenapa ikan salmon ini sangat penting? Ikan ini memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Ini adalah gizi yang sangat dibutuhkan oleh sang buah hati untuk mendukung perkembangan otaknya.

Selain itu, ada juga kandungan vitamin D dalam ikan salmon yang tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan. Hanya saja, Anda harus memastikan bahwa ikan salmon yang Anda konsumsi sudah matang. Hindai mengkonsumsi ikan salmon mentah ketika hamil karena itu akan berbahaya pada janin Anda.  

Susu

Tentu saja Anda juga harus mengkonsumsi susu yang cukup selama hamil. Ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan protein dan kalsium dalam tubuh. Saat ini pun sudah banyak produk susu ibu hamil yang bisa Anda beli dan konsumsi secara rutin.

Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat mudah Anda dapatkan dan tidak begitu mahal harganya. Karena itu, Anda bisa sering-sering mengkonsumsinya saat hamil. Kandungan dalam telur sendiri bisa dikatakan sangat lengkap. Mayoritas orang pun menyukai menu makanan yang satu ini.

Dengan berbagai kelebihan dari bahan makanan tersebut, ada salah satu yang cukup penting bagi perkembangan sang buah hati, yakni kolin. Kandungan ini bisa membantu mendorong perkembangan otak sang buah hati. Karena itulah mengkonsumsi telur sangat disarankan saat hamil.

Hanya saja, sebagaimana ikan salmon, Anda perlu memastikan bahwa telur yang Anda konsumsi sudah matang dengan benar. Hindari juga mengkonsumsi telur setengah matang. Alasannya karena hal tersebut bisa berbahaya bagi ibu dan janin.

Selain beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang sudah di sebutkan di atas, ada lagi yang tidak kalah penting, yakni air putih. Dalam hal ini, Anda sangat di sarankan untuk meminum air putih yang cukup. Hal ini untuk memastikan bahwaa keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer