BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

AMSI Jabar Pilih Pimpinan Baru Fokus Kolaborasi dan Literasi Digital

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

Dunia media siber di Jawa Barat bersiap untuk melangkah maju dengan kolaborasi sebagai kuncinya. Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat baru saja memilih pemimpin baru.

Satrya Graha, Pemimpin Redaksi Pikiran-Rakyat.com, dan Subagja Hamara, CEO HarapanRakyat.com, terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris dalam Konferensi AMSI Jawa Barat ke-3 yang diadakan di Hotel Sutan Raja, 16 April 2024.

Para pemimpin yang baru terpilih ini menekankan kolaborasi sebagai kunci sukses. “AMSI Jabar harus memberikan manfaat langsung kepada anggotanya,” ujar Ketua Graha.

Fokusnya adalah pada peningkatan jumlah anggota dan membangun jaringan yang mendukung untuk bisnis media di wilayah tersebut.

Sekretaris, Subagja Hamara, sependapat, menyoroti pentingnya pendataan dan pemetaan lanskap media untuk memperlancar penerimaan anggota dan program pendukung.

Konferensi itu sendiri menjadi bukti semangat kolaborasi. Acara ini dimulai dengan seminar bertema “Hak Penerbit dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat“.

Diskusi tersebut mempertemukan para pakar industri seperti Ketua AMSI Pusat Wahyu Dhyatmika, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat, dan Prof. Dr. Septiawan Santana, pakar jurnalistik dari Universitas Islam Bandung (Unisba).

Untuk mencapai dampak yang lebih luas, konferensi ini juga menyambut baik perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bandung.

Pesan dari kedua belah pihak jelas: kolaborasi antara media siber dan pemerintah sangat penting untuk mendorong literasi digital di kalangan masyarakat Jawa Barat.

Membekali masyarakat dengan kemampuan untuk menilai informasi secara kritis secara online dipandang sebagai pertahanan vital melawan penyebaran hoaks dan misinformasi.

Dengan fokus pada kolaborasi, peningkatan anggota, dan inisiatif literasi digital, AMSI Jawa Barat tampaknya siap memainkan peran penting dalam membentuk masa depan lanskap media di wilayah tersebut.

Dengan mendorong lingkungan media yang lebih kuat dan terinformasi, AMSI Jabar dapat berkontribusi pada masyarakat Jawa Barat yang lebih sadar dan berdaya digital.


Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Lanjutkan Membaca
Back to top button