Teknologi Virtual Reality

0
58
Teknologi Virtual Reality
Foto: Unsplash

Reportasee.com – Dahulu kita memanfaatkan layar atau televisi untuk bermain game menggunakan nintendo atau playstation. Teknologi Virtual Reality hadir untuk membuat kamu merasakan semakin seru dalam bermain game.

Teknologi ini memang sudah mendapatkan pasar di Indonesia. Virtual Reality di manfaatkan untuk belajar dan bermain game.

Teknologi ini juga cocok di gunakan untuk pendidikan anak usia dini untuk mengenal berbagai jenis makanan, wisata, binatang hingga pembelajaran. Karena bentuk dari VR ini memiliki animasi 3 Dimensi.

Teknologi Virtual Reality

Definisi Virtual Reality

Dalam bahasa Indonesia, VR di kenal dengan istilah realitas maya. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan dunia maya yang di simulasikan oleh komputer. Sehingga, pengguna yang mencobanya akan merasa di lingkungan tersebut.

Baca:  Lea Secret Number Berulang Tahun di Bulan Agustus

Awalnya, VR di ciptakan seperti peta bioskop aspen, yang di ciptakan oleh MIT pada tahun 1977. Programnya merupakan sebuah simulasi kasar tentang kota Aspen di Colorado.

Penggunanya dapat merasakan mengembara dalam salah satu ketiga musim. Yaitu musim panas, musim dingin dan polygon.

Istilah Virtual Reality di perkenalkan oleh Jaron Lanier pada tahun 1980. Sarung tangan dan google (kacamata) juga sudah termasuk untuk pengguna yang ingin merasakan sensasi pengalaman VR.

Bisa di bilang, VR seperti proses penghapusan dunia nyata yang ada di sekeliling manusia, kemudian pengguna akan merasakan tergiring masuk ke dalam dunia virtual yang sama sekali tidak bersentuhan dengan dunia nyata,

Cara Kerja Virtual Reality

Untuk cara kerjanya di mulai dari  pengguna melihat suatu dunia semu yang sebenarnya hal tersebut adalah gambar-gambar dinamis yang di simulasikan oleh komputer.

Baca:  Aplikasi Kompres Video Android Paling Recommended

VR di dukung dengan alat yang berbentuk seperti kacamata dan pengguna bisa berinteraksi dengan dunia tersebut dan mendapatkan umpan balik yang seolah-olah hal tersebut nyata baik secara fisik ataupun fiksi.

Kekurangan dan Kelebihan Virtual Reality

Untuk kekuranganya pengguna akan mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi ketika mereka berinteraksi dengan dunia virtual bukan pada dunia sungguhan.

Akhirnya, hal tersebut bisa menyebabkan meningkatnya pengangguran, dan lebih sedikit orang yang di butuhkan dalam merancang proyek.

Untuk kelebihanya sangat banyak sekali untuk mempermudah pekerjaan yang tadinya sulit menjadi mudah. Misalnya merancang bangunan seperti gedung, denah rumah hingga perhotelan.

Baca:  Investasi Saham Online untuk Pemula

Dapat juga di gunakan dalam Latihan yang rumit seperti penerbangan pesawat yang dapat kita lakukan dengan simulator.

Dalam game bisa di jadikan pelarian untuk orang yang sudah penat dengan masalah di duni nyata, misalnya seperti the sims, fable dan second life.

Produk Virtual Reality

Banyak sekali produk-produk VR yang sudah beredar di pasaran saat ini. Contohnya seperti Cardboard yang di buat oleh google. VRSE yang dapat membawamu ke berbagai tempat dan event yang menarik dan Cardboard Camera yang dapat mengambil gambar dengan sudut 360 derajat.

Penelurusan Terkait

Contoh Virtual Reality
Harga Virtual Reality
Pengertian Virtual Reality
Contoh Aplikasi Virtual Reality
Contoh Penggunaan Teknologi Virtual Reality
Sejarah Virtual Reality
Artikel Tentang Virtual Reality