7 Jurusan Kuliah IT yang Wajib Kamu Tahu!

Jurusan Kuliah IT

Reportasee.com – Tidak terasa tahun ajaran baru untuk tingkat SMA/SMK akan segera berakhir, tentunya Siswa/i yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi akan memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya.

Sebagian Siswa/i tentunya akan memilih jurusan IT ketika mendaftar di perguruan tinggi.

Tapi tahukah kamu? Kuliah jurusan IT sangat banyak jurusannya dan bisa saja kamu kurang tepat dalam memilih jurusan tersebut.

Jurusan Kuliah IT

Pada kesempatan ini Reportasee sudah merangkum 7 jurusan kuliah IT yang wajib kamu tahu. Berikut pembahasannya;

1. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika mempelajari terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi di bidang komputer yang menggunakan prinsip dan logika.

Apabila kamu tertarik dengan jurusan ini kamu akan mempelajari pemrograman, analisis, mengembangkan perangkat lunak dan belajar seputar Teknologi Komputer dan Jaringan.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di berbagai bidang perusahaan seperti Programmer, Software Developer, Web Designer, System Analyst, IT Consultant, Database Engineer, Network Administrator dan masih banyak lagi peluang di bidang IT yang bisa kamu dapatkan.

Waktu kerja seorang professional dalam jurusan Teknik Informatika ini juga bisa fleksibel artinya bekerja di bidang ini bisa bekerja cukup dari rumah saja, sangat cocok jika bekerja dalam keadaan pandemi. Beberapa Kampus terbaik Jurusan Teknik Informatika : ITB, UNY, UNPAD dan ITENAS.

2. Teknik Komputer

Berbeda dengan Teknik Informatika, di Teknik Komputer kamu akan mempelajari hal dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Teknik Komputer seperti mengkombinasikan antara jurusan ilmu komputer dengan Teknik elektro.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di bidang Embedded System Engineer, Programmer, Database Administrator, Computer Analyst dan Network Administrator.

3. Sistem Informasi

Jika Teknik Komputer merupakan gabungan jurusan ilmu komputer dan Teknik Elektro, maka jurusan ini merupakan gabungan dari jurusan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen.

Di dalam jurusan ini kamu akan belajar merancang sistem informasi berdasarkan kebutuhan perusahaan. Selain belajar seputar pemrograman, kamu juga belajar mengenai proses bisnis di suatu perusahaan.

Prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa memilih karir seperti Application Engineer, IT Consultant, Data Scientist, Programmer, Dosen, Staff Ahli Sistem Informasi, Digital Marketing dan Technopreneur.

4. Sistem Komputer

Jurusan Sistem Komputer sebenarnya hampir sama dengan jurusan Teknik Komputer. Jurusan ini juga mengkombinasikan antara ilmu komputer dengan teknik elektro.

Hanya saja jurusan ini lebih fokus pada hardware. Kamu juga akan mempelajari robotic, embedded system, networking dan beberapa hal yang ada hubunganya dengan Internet of Things (IoT).

Prospek kerja pada jurusan ini hampir sama dengan jurusan lain seperti programmer, network engineer, embedded system engineer, system analyst, IT Consultant, dan Intelligent System developer.

5. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer hampir serupa dengan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Jurusan Ilmu Komputer identik dengan computer programming dan sistem komputasi.

Profesi karir lulusan jurusan ilmu komputer bisa menjadi mobile app developer, web developer, game developer dan desktop app programmer.

6. Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka menggambar ataupun mempunyai ketertarikan dalam dunia digital kreatif.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa memilih jenjang karir dalam bidang Illustrator, Web Designer, Graphic Designer, Designer grafis game dan animator.

7. Teknik Elektro

Jika kamu memiliki minat dalam bidang elektronik dan kelistrikan kamu cocok memilih jurusan Teknik elektro.

Prospek pekerjaan di teknik elektro juga menjanjikan, kamu bisa memilih karir yang bisa kamu geluti untuk kedepannya.

Diantaranya product manager, teknisi robot, dosen, teknisi dan operator pabrik dan perencana produk otomotif. ***

Editor : Agun Wiguna