32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaFungsi HP Dalam Kehidupan yang Jarang Disadari

Fungsi HP Dalam Kehidupan yang Jarang Disadari

Hampir semua orang kini sudah memiliki HP sehingga bisa disebut sebagai salah satu kebutuhan primer. Dengan adanya ponsel Anda bisa dengan mudah mengerjakan sesuatu. Tetapi apakah fungsi hp dalam kehidupan hanya untuk berkomunikasi saja? Simak informasinya selanjutnya di bawah ini.

Membantu Dalam Keadaan Darurat

Fungsi adanya ponsel yang pertama adalah dapat membantu Anda ketika berada di situasi darurat. Contohnya adalah ketika Anda melihat adanya kebakaran, bisa langsung menghubungi pemadam atau ambulance dan sebagainya. Anda juga bisa menyimpan nomor-nomor darurat di ponsel tersebut.

Dengan bantuan ponsel Anda tidak perlu lagi untuk pergi ke rumah sakit. Selain itu, ponsel juga bisa melindungi Anda jika ada yang menguntit dengan menggunakan kamera sebagai bukti nyata dan langsung diserahkan kepada pihak berwajib.

Untuk Memudahkan Proses Pengoprasian Aplikasi

Fungsi HP berikutnya yang sering tidak Anda sadari adalah dapat membantu proses pengoprasian aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play Store atau App Store untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Di mana aplikasi ini biasanya hanya dapat Anda gunakan di laptop.

Aplikasi yang dimaksud adalah Microsoft Word, Excel, Youtube, Alarm, Kalkulator hingga untuk mengedit foto dan video. Selain itu aplikasi-aplikasi tersebut juga bisa Anda dapatkan secara gratis dan tentunya bisa langsung Anda gunakan dengan menggunakan ponsel.

Mencari Hiburan

Fungsi hp dalam kehidupan yang berikutnya adalah sebagai sarana mencari hiburan. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa hp memudahkan proses pengoprasian aplikasi, jadi Anda bisa mendengarkan lagu, bermain game, menonton film atau video lewat ponsel.

Selain itu Anda juga bisa menonton video atau membaca cerita lucu di media sosial seperti Instagram, Facebook, Line dan sebagainya hanya dengan menggunakan ponsel. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengakses berbagai macam informasi dalam atau luar negeri melalui ponsel.

Media Penyimpanan

Fungsi lain dari ponsel adalah sebagai media penyimpanan. Anda bisa menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, video, foto dan rekaman pada ponsel. Selain itu, jika Anda ingin mengirim file tersebut, di dalam ponsel juga sudah tersedia fitur khusus untuk hal tersebut.

Anda juga bisa mencatat informasi pribadi lewat aplikasi notes yang biasanya sudah terinstal sendiri ketika membeli ponsel baru. Adanya fitur untuk menyimpan berbagai jenis file ini tentunya akan memudahkan pekerjaan Anda dan bisa Anda akses di mana pun serta kapanpun saja.

Baca:  Jauhi Penuaan Dini dengan Masker Alami

Memudahkan Mendapatkan Informasi Berbasis Audio

Ponsel juga memiliki fitur canggih yaitu text to speech. Fitur ini biasanya digunakan oleh orang yang malas membaca informasi jadi ingin mendengar audionya saja.

Caranya mudah, Anda tinggal masuk ke menu pengaturan lalu cari aksesibilitas dan nyalakan fitur text to speech. Dengan fitur ini Anda tidak akan ketinggalan informasi walaupun hanya mendengarnya dari suaranya saja.

Baca:  Takluk dari Fulham, Liverpool Torehkan 4 Rekor Buruk di Anfield

Membantu Menemukan Ponsel Ketika Hilang

Fungsi hp dalam kehidupan yang terkadang orang tidak sadari adalah dapat membantunya mencari ponsel hilang. Jadi, Anda harus membuat antisipasi terlebih dahulu dengan cara bukalah menu pengaturan lalu masuk ke security, device dan administrator.

Setelah itu, Anda bisa memberi tanda centang pada menu Android Device Manager. Dengan bantuan fitur remote control ini Anda bisa memblokir dan menemukan ponsel serta tidak akan kehilangan data.

Menyimpan Data Pribadi Ketika Hendak Meminjamkan Telepon ke Orang Lain

Fungsi berikutnya adalah membantu Anda dalam menjaga data rahasia atau pribadi ketika hendak meminjamkan ponsel ke orang lain dan fitur ini dinamakan sebagai guest mode. Caranya adalah Anda hanya menggesek layar ponsel ke bagian bawah dengan jari.

Setelah itu akan muncul ikon pengguna dan pilihlah menu tersebut, biasanya ini terletak di bagian kanan atas ponsel. Kemudian Anda tinggal menambahkan menu guest atau tamu dan pilihlah beberapa tindakan untuk orang yang ingin menggunakan ponsel tersebut.

Berbagi Hotspot

Fungsi hp dalam kehidupan sehari-hari yang terkadang tidak pengguna sadari adalah bisa mereka gunakan untuk berbagi hotspot. Caranya tentu sangat mudah, pertama Anda bisa masuk ke menu pengaturan lalu nyalakan fitur bernama Hotspot Pribadi atau Portable WLAN.

Setelah itu, Anda bisa berbagi hotspot dengan orang lain, akan tetapi alangkah baiknya jika menggunakan kata sandi yang agak susah agar bisa Anda gunakan dengan bijak dan melindungi data internet supaya tidak terkuras habis.

Memudahkan Menyebarkan Berbagai Informasi

Ponsel sudah semakin dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih salah satunya adalah untuk berbagi informasi kepada publik dalam hitungan detik. Misalnya Anda mempunyai sebuah bisnis dan untuk mengembangkan usaha tersebut bisa dengan membuat iklan di sosial media.

Selain itu Anda juga bisa membuka toko online agar produk tersebut semakin dikenal orang. Adanya hal ini dapat memudahkan Anda untuk melakukan promosi tanpa harus keluar rumah.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer