32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaFlits TMS, Aplikasi Pengelolaan Bisnis Ekspedisi Truk

Flits TMS, Aplikasi Pengelolaan Bisnis Ekspedisi Truk

Reportasee.com – Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, usaha jasa pengiriman barang semakin melonjak naik sampai 85%. Dengan tingginya minat jasa ekspedisi tersebut, membuka sejumlah peluang baru untuk penyediaan jasa pengiriman barang secara lebih luas. Apalagi di era yang serba teknologi seperti ini, pebisnis sangat diuntungkan dengan kehadiran software canggih yang dapat mengontrol dan mengelola bisnis dari jarak jauh. Salah satu software tersebut adalah Flits TMS.

Dalam jasa ekspedisi, penyiapan truk dalam pengiriman barang ke tempat tujuan menjadi salah satu hal yang wajib. Apabila kamu cermat menyimak peluang usaha yang ada di depan mata, maka memanfaatkan software adalah salah satu hal yang cerdas untuk mengelola bisnis ekspedisi. Salah satunya adalah dengan mengatur dan megontrol pergerakan truk untuk ekspedisi.

Pengertian TMS

TMS merupakan singkatan dari Transportation Management System atau sistem manajemen transportasi, terlepasa dari merek atau produk tertentu.

Perusahaan transportasi sendiri masih terbagi banyak macamnya, dimulai dari pembagian umum yaitu, laut, udara dan darat. Dengan demikian, cakupan TMS itu sangat luas dengan fitur yang berbeda-beda dari satu produk ke produk yang lainya. Secara garis besarnya, TMS biasanya menyangkut empat proses yaitu pencatatan dan perencanaan order, follow up penugasan, penugasan tranportasi, monitoring dan invoicing.

TMS membantu mengatur berbagai logistik perusahaan dengan cara mempermudah proses penjualan, tracking lokasi kendaraan sampai ke accounting. Berikut merupakan kelebihan dari sistem manajemen transportasi.

1. Khusus untuk perusahaan transportasi

Karena khusus untuk perusahaan transportasi saja, maka laporan dan operasional di dalam TMS dimaksimalkan untuk kemudahan berbagai bisnis transportasi tersebut.

2. Efisiensi dari digitalisasi

Digitalisasi memmpunyai banyak keuntungan, contohnya seperti memudahkan monitoring, meingkatkan efisiensi tenaga kerja dan mengurangi kesalahan.

3. Meningkatkan performa dan revenue perusahaan

Salah satu bagian dari perusahaan adalah dengan memanfaatkan efisiensi dan kemudahan monitoring dengan baik. Contohnya, KPI (Key performance Indicator) perusahaan dan kebijakan strategis dapat dibuat dengan berdasarkan semua data dan laporan yang berasal dari TMS. Hal ini akan meningkatkan performa, yang bisa berdampak langsung dengan revenue perusahaan.

Sebagian perusahaan logistik di Indonesia masih menggunakan cara manual, padahal dengan memanfaatkan teknologi akan semakin mudah. Apalagi dengan keadaan yang masih dalam pandemi yang mengharuskan semuanya online.

Mengapa harus demikian? Barrier digitalisasi terbesar adalah dari faktor harga. Pada sektor trucking atau transportasi darat contohnya, mayoritas atau lebih dari 50% transportasi di Indonesia, 90% masih terdiri dari beberapa perusahaan UMKM, sedangkan dengan harga software TMS global seperti SAP dan Oracle bisa mencapai miliaran.

Baca:  Memperbaiki HP Kena Air Ternyata Tidak Begitu Sulit

Gap inilah yang bisa diisi oleh produk lokal seperti Flit TMS, yang dapat memudahkan dan membantu efisiensi perusahaan pengangkutan UMKM di Indonesia.

Kenalan dengan Flits TMS

Flits TMS (Truck Management Softwre) merupakan sebuah aplikasi berbasis cloud yang dapat mengoperasikan segala kebutuhan perusahaan ekspedisi truk dalam satu platform yang terintegrasi mencakup penjualan, customer portal, tracking lokasi kendaraan, pembelian, assign pekerjaan ke supir, manajemen uang jalan supir, perawatan kendaraan sampai ke akuntansi. Karyawan tidak pelu lagi melakukan pencatatan dalam bentuk kertas maupun excel.  Hanya dengan satu aplikasi ini semua pencatatan operasional ekspedisi truk telah tercatat dengan rapi dan otomatis.

Baca:  Motor Retro Modern, Inilah Pilihan Tepat Untukmu

Bahkan kamu juga bisa memantau lokasi pergerakan truk sudah sampai mana. Selain itu, kamu juga bisa terhubung langsung ke driver untuk memberi pekerjaan pengiriman dari perusahaan kamu. Hal ini akan memudahkan pekerjaan admin untuk bisa langsung terhubung dengan driver serta bisa memberikan laporan secara langsung kepada pihak atasan.

Aplikasi Flits Driver

Selain penggunaan untuk administrasi kantor, Flits TMS juga tersedia dalam aplikasi khusus untuk driver atau supir truk yang mendapat Amanah untuk mengantar barang ke lokasi tujuan. Driver bisa menerima order pengiriman barang dari admin Flits kantor melalui aplikasi android supir. Ketika pengambilan barang, driver bisa mengupload surat jalan sebagai bukti yang tercatat.

Jika selesai melakukan pengiriman barang, driver bisa mngupload tanda terima surat jalan dengan online. Bukti ini bisa memberi pengecekan otomatis bahwa barang telah sampai ke tujuan dengan selamat. Sehingga driver dari pihak perusahaan bisa melihat histori dari semua pengiriman yang telah dilakukan.

Kelebihan Menggunakan Flits TMS untuk Bisnis Ekspedisi

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan Flits TMS untuk mempermudah pengelolaan bisnis ekspedisi truk:

  1. Integrated: mencakup seluruh kebutuhan perusahaan ekspedisi truk dalam satu platform yang sudah terintegrasi.
  2. Lokalisasi: khusus untuk perusahaan ekspedisi truk di Indonesia
  3. Modern: mempunyai aplikasi android khusus driver, berbasis cloud sehingga untuk aksesnya bisa kapan saja
  4. Khusus UMKM: Flits khusus untuk perusahaan skala UMKM dengan harga yang terjangkau. Dengan berlangganan kamu tidak memerlukan investasi yang besar di depan.

Itulah beberapa kelbihan apabila kamu menggunakan layanan Flits TMS. Jangan ragu untuk menggunakan Flits TMS sebagai aplikasi ekspedisi truk anda. Apabila kamu tertarik, kamu bisa mencari informasinya melalui flits.id

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer