22.6 C
New York
Jumat, Juni 18, 2021
BerandaBeritaFasilitas Kampung Kuta di Ciamis Akan Diperbaiki

Fasilitas Kampung Kuta di Ciamis Akan Diperbaiki

Reportasee.com – Fasilitas bagi wisatawan Kampung Kuta yang berada di Desa Karanpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis akan diperbaiki.

Anggaran dalam perbaikan pembangunan beberapa fasilitas di kampung adat tersebut taksir mencapai Rp 35 miliar.

Kepala Desa Karanpaningal, Henhen Suhendar mengungkapkan, detailed engineering design (DED) untuk perbaikan Kampung Kuta sudah ada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Ciamis.

“Perbaikan fasilitas ke Kampung Kuta Ciamis DED sudah tersusun atas keinginan bersama. Antara pemerintah dan maayarakat,” ungkapnya, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, kedepannya fasilitas Kampung Kuta menjadi lebih komplit dan bersih. Namun, pembangunan tetap sesuaikan dengan adat setempat.

“Fasilitas untuk wisata akan lebih lengkap. Kalau kemarin-kemarin kan mau mencari toilet juga susah. Jadi pembangunan ini lebih kepada kelengkapan fasilitas,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, H. Wasdi Ijudin membenarkan terkait perbaikan fasilitas untuk wisatawan di Kampung Kuta.

Namun, kata dia, dana pembangunan tidak mungkin dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Ciamis.

“Saya berharap anggaran perbaikan fasilitas Kampung Kuta inidari Pemerintah Provinsi atau Pusat,” bebernya.

Wasdi menambahkan, untuk DED sendiri saat ini sudah terbuat. DED juga sudah sesuai dengan adat dan budaya Kampung Kuta dan tidak akan merusaknya.

“Kita sudah buat DED, dan itu sesuaikan dengan kondisi adatnya jadi tidak akan merusak budaya Kampung Kuta,” pungkasnya.

Editor : Ramdani

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular